22 Jan 2023

Tips Merawat Mesin Cuci 1 Tabung

Tips merawat mesin cuci 1 tabung agar tahan lama

Mesin cuci 1 tabung sangat membantu proses membersihkan dan mengeringkan pakaian. Apalagi di musim hujan. Soalnya kerasa sendiri lho. Dulu sebelum ada mesin cuci, bawaannya males aja buat nyuci pas musim hujan. Karena susah kering.

Mengingat mesin cuci ini penting dalam mempermudah salah satu pekerjaan rumah tangga. Tentu saja kita perlu merawatnya dengan baik supaya tahan lama dan berfungsi sebagai mana mestinya. Jadi, bagaimana cara merawat mesin cuci 1 tabung agar tidak mudah rusak? Yuk cari tahu di sini.

Tips Merawat Mesin Cuci 1 Tabung Supaya Tidak Mudah Rusak

Disadari atau tidak, barang elektronik itu, mau secanggih apa pun, kalau kitanya kurang hati-hati ya bisa mudah rusak. Nah, untuk merawat mesin cuci yang tabungnya hanya satu sebenarnya tidak sulit gengs. Berikut langkah-langkahnya.

1. Jangan Disimpan di Tempat yang Lembap

Supaya tidak mudah rusak, jangan meletakkan mesin cuci top loading di tempat yang lembap. Tempat yang lembap, apalagi tertutup dan minim pencahayaan biasanya mudah berjamur dan suhunya dingin. Hal tersebut bisa mempengaruhi suhu dari mesin cuci kamu. Jadi simpanlah di tempat yang terang (tapi enggak langsung kena sinar matahari juga sih) dan kering supaya mesin cuci lebih tahan lama.

2. Sesuaikan Kapasitas dan Jenis Pakaian Saat Proses Mencuci

Jangan mentang-mentang cucian udah segunung eh langsung dimasukkin mesin cuci dalam sekali beroperasi ya gengs. Itu bisa bikin mesin cuci cepat rusak lho. Pastikan ketika mencuci, kamu menyesuaikan jumlah pakaian atau beratnya sesuai kapasitas maksimal mesin cuci yang dimiliki.

Overkapasitas tak hanya memicu mesin cuci top loading cepat rusak saja. Lebih dari itu, pakaian yang kamu cuci juga bersihnya jadi enggak maksimal. Oh ya, akan lebih baik jika kamu juga memilah membersihkan baju sesuai jenis pakaian atau bahan kainnya. Dengan begitu kinerja mesin cuci jadi lebih maksimal dan lebig awet.

3. Jangan Menyimpan Cucian Kotor Terlalu Lama dalam Mesin Cuci

Ada beberapa individu yang senang menyimpan pakaian kotor langsung ke dalam mesin cuci namun tidak langsung membersihkannya. Nah, kebiasaan seperti ini bisa merusak mesin cuci lho gengs. Mau itu pakaian basah ataupun kering. Jangan menyimpannya terlalu lama dalam mesin cuci karena baunya akan menyebar dan menempel ke cucian kamu nantinya.

4. Jangan Mematikan Timer Mesin Cuci Secara Paksa

Untuk mesin cuci top loading biasanya sudah dilengkapi timer otomatis. Oleh karena itu, ketika mesin timer mesin cuci sedang bekerja, jangan pernah mematikannya secara paksa ya gengs. Sebab bisa mempengaruhi sistemnya dan mudah rusak. Kalau rusak jadinya enggak bisa nyuci secara otomatis lagi kan ambyar. 

5. Buka Penutup Mesin Cuci Ketika Selesai Digunakan

Karena mesin cuci 1 tabung itu serba otomatis, jadi jangan lupa untuk membuka penutup mesin cuci ketika selesai digunakan. Ini bermanfaat untuk memastikan kalau mesin cuci sudah berhenti bekerja secara maksimal.

6. Cabut Sambungan Listriknya Ketika Tidak Digunakan

Adakalanya beberapa orang sering membiarkan sambungan listrik barang elektronik tetap terhubung sepanjang waktu layaknya magic com atau kulkas. Padahal untuk beberapa perangkat elektronik, hal ini bisa menyebabkan korsleting dan voltase tidak stabil saat listrik padam. Untuk itu, pastikan selalu mencabut colokan ke listrik kalau mesin cuci tidak digunakan ya gengs ya.

7. Lindungi dan Rawat Bagian Vital Mesin Cuci

Berhubung mesin cuci top loading itu udah serba otomatis dan digital untuk tombol-tombol di bagian atasnya. Jadi jangan lupa untuk dibersihkan secara berkala dan dilindungi ketika tidak sedang beroperasi. Bisa ditutupi menggunakan kardus atau kain.

Nah, mudah banget kan gengs untuk merawat mesin cuci supaya awet.

Polytron zeromatic laguna series merupakan mesin cuci satu tabung otomatis

Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading yang Elegan dan Tahan Lama

Untuk kamu yang masih menggunakan mesin cuci 2 tabung atau masih membersihkan pakaian secara manual. Lalu ingin beralih ke mesin cuci 1 tabung. Aku mau merekomendasikan mesin cuci top loading yang kece banget.

Mesin cuci 1 tabung dikenal sebagai mesin cuci yang praktis dan hemat listrik. Selain itu, untuk mesin cuci 1 tabung Zeromatic Laguna Series dari Polytron tentunya punya keunggulan lain untuk dibawa pulang. Berikut keunggulannya:

1. Terdapat Fitur Aroma Boost

Terdapat aroma boost yang bisa mengatur pengeluaran softener (pewangi pakaian) secara efisien hanya pada proses pembilasan. Dengan begitu mesin cuci akan menghasilkan cucian yang jauh lebih wangi dan lembut selayaknya menggunakan parfum. Tjakep banget kan.

2. Fitur Turbo Mix untuk Pakaian Lebih Bersih

Ada fitur turbo mix yang akan membuat pakaian kamu jauh lebih bersih secara menyeluruh. Ini karena teknologi baling-baling turbo mix yang ada pada mesin cuci Zeromatic Laguna Series. Teknologi tersebut dapat memastikan pencampuran detergen bubuk atau cair tercampur sempurna dengan air tanpa residu.

Mesin cuci 1 tabung merek Polytron

Tidak adanya residu pada saat pencampuran deterjen bubuk maupun cair dengan air.  Dengan begitu dapat dipastikan mesin cuci zeromatic laguna ini bisa menghasilkan cucian yang jauh lebih bersih dan menyeluruh dengan teknologi baling-baling turbo mix yang dikendalikan oleh air.

3. Ada Fitur Laguna Drum

Apa itu Laguna Drum? Laguna Drum adalah fitur perendaman khusus mengangkat kotoran membandel yang menghasilkan hasil cucian lebih bersih maksimal.

4. Ada Fitur Laguna Wave

Laguna Wave merupakan teknologi yang memaksimalkan daya spin dari mesin cuci, sehingga menimbulkan efek seperti mengucek baju secara manual atau seperti mengucek pakai tangan.

5. Multi Program Washing 

Mesin cuci 1 tabung Zeromatic Laguna Series ini turut dilengkapi dengan berbagai macam program mencuci yang dapat disesuaikan untuk berbagai jenis bahan pakaian. Misalnya pakaiam halus (pakaian bayi), berbahan jeans, hingga kain hijab (ada hijab mode).

Keunggulan mesin cuci top loading zeromatic laguna

6. Easy to Access atau Mudah Digunakan

Proses mencuci dan mengeringkan pakaian menjadi mudah dengan desain tombol yang lengkap.

7. Ambient Light 

Zeromatic Laguna Series dilengkapi dengan lampu penerang di dalam tabung untuk mempermudah proses pemantauan hasil mencuci.

8. Soft Closing Tempered Glass Door 

Mesin cuci satu tabung dari Polytron ini juga dilengkapi dengan tempered glass door yang mewah serta soft demper. Dengan begitu pintunya tidak akan terbanting.

Merawat mesin cuci top loading supaya tahan lama tidaklah sulit. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas. Nah untuk kamu yang mau punya mesin cuci canggih 1 tabung, yuk beli produk Mesin cuci 1 tabung zeromatic laguna melalui website resmi polytron.co.id atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan kamu.

12 comments

  1. Ketambahan 1 poin lagi tuh cara merawat mesin cuci biar nggak cepat rusak:
    8. jangan sampai dipakai oleh papinya anak-anak, itu tangannya suka merusak apapun, wakakakkaak.

    Bete saya, mesin cuci atau apapun, rusak dalam sekejap, dulu mesin cuci saya 1 tabung, rusak gegara papinya anak-anak, akhirnya ganti 2 tabung biar nyucinya ga ngerusak baju pas pengeringannya.

    Eh sekarang mulai rusak lagi dong.
    Padahal semua poin di atas sudah saya lakukan :D

    ReplyDelete
  2. Wah, pas banget nih artikelnya. Baru kemarin diskusi sama istri tentang cara merawat mesin cuci biar awet... Izin share ya kak...
    Btw, apa pun jenis barang elektronik, kalao merknya polytron, udah deh gak perlu diragukan kualitas dan keawetannya. Aku sudah membuktikan sendiri

    ReplyDelete
  3. semua langkah di atas sudah kami lakukan dan alhamdulillah mesin cucinya memang jadi lebih awet. alhamdulillah!

    ReplyDelete
  4. Wah kelakuan saya tuh: nyimpen baju kotor di mesin cuci
    \Soalnya supaya kelihatan ringkes, gak banyak barang di luar
    Ternyata gak boleh ya?
    Hihihi....siap, saya mau mengubah kebiasaan jelek!^^

    ReplyDelete
  5. Info dan tips nya dalam merawat serta menggunakan mesin cuci sangat bermanfaat nih ka
    Sebagai salah satu perlengkapan elektronik, keberadaan mesin cuci cukup membantu pekerjaan di rumah. Oleh karenanya agar tetap awet harus dorawat sebaik mungkin dan pilih juga yg punya kualitas baik

    ReplyDelete
  6. Kebetulan di rumah saya pakai mesin cuci 1 tabung, Mbak. Dan menurut saya lebih praktis. tinggal tekan tombol start, maka proses mencuci, membilas, mengeringkan selesai. Tapi memang, harus dijaga juga, karena semuanya otomatis. Namun sejauh pemakaian normal, mesin cuci akan awet.

    ReplyDelete
  7. Nice info Kaka.. kebetulan ini lagi pilih-pilih mesin cuci buat ganti yang d rumah.. dan emang lagi mikir buat ganti yang satu tabung

    ReplyDelete
  8. Kebetulan banget. Saya lagi mau ganti mesin cuci nih. Yang sekarang, versi 1 tabung, sudah mulai gak stabil. Mau diperbaiki juga makan biaya yang lumayan tinggi. Jadi mendingan ganti baru aja dah. Ntar browsing lebih lanjut deh Zeromatic Laguna series ini. Siapa tahu harganya pas di kantong.

    ReplyDelete
  9. Duh duh kesentil nih aku suka mendadak pause kinerja mesin untuk ganti pola mencuci, dan suka lama diemin cucian yang selesai gak langsung dipindahin ke bak jemur, apalagi kalo pas anter jempit anak sekolah, suka lupa. Makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  10. Waahhh, makasih Mba, kayak diingatkan nih saya yang termasuk sering lupa nyabut sambungan listrik setelah selesai nyuci :-( Ternyata bisa ngaruh ke mesin cuci ya..
    Anyway, mesin cuci 1 tabung Zeromatic Laguna Series itu terlihat cantik dan elegan gitu yaa, bisa masuk list kalau suatu hari nanti harus ganti mesin cuci..

    ReplyDelete
  11. Wah iya kudu lihat daya tampungnya juga ya, biar gak berlebihan. Jadi jangan karena memikirkan "Biarin banyak, kan sekalian" yang ada malah si mesin cuci jadi gak panjang umurnya

    ReplyDelete
  12. Nah, saya setuju dengan point yg menyatakan tidak boleh menaruh pakaian kotor terlalu lama di mesin cuci, selain akan bau, lama2 akan merusak mesin cuci tersebut. Keberadaan mesin cuci ini sangat membantu sekali, apalagi bisa mengeringkan juga.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon