14 Feb 2023

Cara Merawat Kulkas 2 Pintu Agar Tidak Mudah Rusak

Cara merawat kulkas 2 pintu supaya tahan lama

Apa yang menyebabkan kulkas cepat rusak? Ada banyak faktor, contohnya jarang membersihkan kulkas dan menggunakannya tidak sesuai aturan yang tertera di buku panduan. Iya plis, itu buku panduan buat dipelajari dan diikuti biar barang yang kamu beli berfungsi maksimal dan tahan lama. Apalagi kalau kamu belinya kulkas 2 pintu.

Nah, supaya kulkas aka lemari es 2 pintu di rumah kamu enggak mudah rusak, berikut aku bisikkan beberapa tips merawat kulkasnya ya gengs ya!

Cara Merawat Kulkas 2 Pintu Supaya Tahan Lama

Kulkas dua pintu menjadi solusi untuk kita-kita yang perlu ruang untuk menyimpan makanan dan minuman dalam jumlah banyak supaya lebih tahan lama. Meski begitu, enggak boleh asal simpan ya gengs supaya kulkasnya tahan lama. Di bawah ini ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan saat menggunakan kulkas.

1. Jangan Memasukkan Makanan atau Minuman Panas

Biar kata kulkas punya fungsi buat mendinginkan dan membekukan makanan, bukan berarti makanan atau minuman panas langsung kamu masukan begitu saja ke dalamnya. Big no ya gengs ya!

Memasukkan makanan maupun minuman yang masih panas ke dalam lemari es bisa membuat kulkas bekerja keras dan kinerja pendinginnya terganggu. Enggak cuma itu, kamu juga bisa mengurangi gizi makanan ketika memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas.

2. Tidak Overkapasitas

Ya sih bener, lemari pendingin 2 pintu memang mempunyai penampungan untuk menyimpan lebih banyak makanan, minuman, dan bahan makanan. Akan tetapi kamu juga enggak bisa asal memasukkan semuanya ya. Jangan sampai melebihi kapasitas yang dianjurkan dalam buku panduan.

3. Tutup Pintu Kulkas dengan Rapat

Adakalanya beberapa orang hanya menutup pintu kulkas sekenanya alias enggak memastikan pintu lemari esnya sudah tertutup dengan rapat atau belum. Menutup pintu kulkas rapat-rapat inu penting lho supaya daya listrik di rumah enggak boros. Soalnya kalau pintu kulkas agak terbuka sedikit saja, itu bisa bikin penggunaan daya listriknya meningkat.

Tips supaya kulkas tahan lama

4. Membersihkan Kulkas Menggunakan Air Hangat

Menjaga kebersihan kulkas juga menjadi salah satu untuk membuatnya lebih panjang umur. Jadi, bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar? Setelah mematikan kulkas, dilanjut mengeluarkan seluruh makanan dan minuman dari dalam lemari es. Kemudian melepas sekat-sekat di dalamnya. Kamu bisa membersihkan setiap kotoran, debu, dan lainnya pada kulkas menggunakan air hangat dan kain yang lembut. 

Kenapa air hangat? Supaya kuman dan noda membandel di rak-rak kulkas bisa lebih mudah terangkat gengs. Selain bagian dalam, bagian luar seperti gagang pintu kulkas pun jangan lupa dibersihkan, ya!

5. Bersihkan Penampungan Freezer dan Kumparan Kondensor Kulkas

Terkadang penampungan freezer dan kondensor kulkas luput dari perhatian untuk dibersihkan. Padahal penting banget lho gengs. Jadi, kalau kamu perhatikan. Di penampungan bagian bawah freezer itu suka muncul bunga-bunga es yang makin lama makin menumpuk. Kalau dibiarkan tanpa kamu bersihkan, tumpukan bunga es bisa menghambat kinerja kulkas 2 pintu dan membuatnya cepat rusak lho. Jadi pastikan dibersihkan minimal seminggu sekali ya.

Enggak cuma bagian bawah penampungan freezer aja. Bagian kumparan kondensor kulkas juga sering terlewatkan saat pembersihan kulkas. Padahal kinerjanya penting banget lho, fungsinya melepaskan panas dari refigerator ke termperatur atmosfer, sehingga suhu kulkas jadi dingin.

Posisi kumparan ini biasanya berada di belakang kulkas (berupa logam hitam berkawat). Ada juga yang posisinya di bagian bawah (depan/belakang). Nah debu-debunya itu harus dibersihkan setiap 6 bulan sekali.

6. Jangan Menempatkan Kulkas Berdempetan dengan Barang Elektronik Lain

Siapa nih yang nyimpen kulkasnya dempetan sama alat elektronik lainnya? Jangan ya gengs. Kompor udah pasti bahaya, tapi barang-barang kayak dispenser, magic com, dan lainnya juga enggak boleh dempetan sama kulkas. Kasih jarak aman pokoknya.

7. Jangan Menggunakan Kulkas Saat Listrik Mati

Sumber daya listrik mati memang enggak terduga ya gengs. Mending kalau kamu punya genset di rumah, listrik bisa tetap menyala karena ada cadangan. Nah kalau enggak punya, maka jangan sekali-kali membuka kulkas saat listrik sedang mati.

Kenapa? Supaya freezee kulkas bisa mempertahankan suhu dingin selama listrik mati. Jadi makanan juga tetap terjaga kualitasnya. Suhu dingin freezer kulkas bisa bertahan sampai 4 jam lho meski listriknya mati.

Rekomendasi kulkas 2 pintu polytron belleza jumbo series

Polytron Belleza Jumbo Series, Rekomendasi Kulkas 2 Pintu yang Siap Memenuhi Kebutuhan Penyimpan Makananmu

By the way, kalau kamu lagi nyari kulkas dua pintu, cobain deh pakai Polytron Belleza Jumbo Series. Kenapa? Karena Kulkas 2 Pintu dari Polytron ini punya fitur-fitur yang keren banget, seperti:

1. Jumbo Capasity

Kulkas 2 pintu Belleza Jumbo Series ini dilengkapi dengan rak yang lebarnya hingga 58cm. Lebih luas ya kan, cocok untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang tentunya butuh space jumbo untuk mengisi stok makanan sekeluarga. Soalnya setiap orang biasanya punya pilihan makanan dan minuman favorit yang beda-beda. Nah kalau pakai kulkas Polytron Belleza Jumbo Series, kamu jadi no worries. Raknya juga bisa dipindah sesuai kebutuhan.

2. Luxurious Curved Edge Design

Ini yang aku juga suka dari lemari es 2 pintunya Polytron yang satu ini. Yup, Kulkas Belleza Jumbo Series dengan borderless curved edge yang terbuat dari Tempered Glass Door bikin kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo Series tahan dari benturan keras dan tentunya anti karat.

3. Smart Inverter

Enggak dimungkiri dong kalau kulkas butuh daya listrik yang lumayan. Tapi, kamu enggak perlu takut tagihan listrik membengkak kalau pakai lemari es 2 pintu Polytron Belleza Jumbo Series ini. Kenapa? Karena udah pakai teknologi smart inverter untuk kompresornya. Dijamin lebih hemat energi hingga 30%.

Keunggulan dan Fitur kulkas 2 pintu polytron

4. Deodorizer

Selain punya desain yang cantik dan tahan benturan. Kulkas Polytron yang satu ini dijamin anti bau dan kesegarannya tetap terjaga. Soalnya udah dilengkapi dengan teknologi Deodorizer yang bisa dicuci dan dipakai kembali. Pokoknya kamu bebas dari bau enggak sedap kalau pakai Kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo Series.

5. Removable Ice Compartment

Kalau kamu butuh freezer yang lebih luas, kulkas ini bagian kompartment es batunya bisa dipindahkan lho. Jadi, kamu punya extra space untuk mengisi bagian freezer. 

Memiliki kulkas bukan berarti kamu bisa sembarangan memasukan makanan dan minuman ke dalamnya ya gengs. Supaya kulkas enggak mudah rusak, kamu bisa merawatnya dengan melakukan tips merawat lemari es di atas. Nah kalau kamu lagi butuh kulkas, yuk miliki produk Kulkas 2 pintu Polytron Belleza Jumbo melalui website resmi polytron.co.id atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan kamu.

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon