20 Feb 2023

5 Kompetensi Bekerja Secara Global yang Penting untuk Memasuki Dunia Kerja dan Cara Mempersiapkannya

Pentingnya memiliki kompetensi bekerja secara global

Globalisasi atau hadirnya era revolusi 4.0 hingga society 5.0 membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat lho gaes. Kamu harus punya kompetensi global yang mumpuni untuk menghadapi dunia kerja. Iya please, kerasa banget sama saya yang udah lulus bertahun-tahun dan kurang upgrade, sekalinya dapet panggilan wawancara kadang-kadang jadi ciut sama lulusan-lulusan baru.

By the way, berbicara soal kompetensi bekerja di era globalisasi. Kalian udah tahu belum apa yang disebut kompetensi global? Secara sederhana, kompetensi global adalah kemampuan untuk bekerja dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dan budaya. Tentunya dengan skala internasional dong. Jadi, apa saja kompetensi yang harus disiapkan untuk menghadapi dunia kerja saat ini dan di masa mendatang? Yuk kita bahas di sini.

5 Kompetensi Bekerja yang Perlu Dipersiapkan di Era Globalisasi Teknologi

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat membuat beberapa jenis pekerjaan terancam punah dan digantikan oleh robot atau teknologi artificial intelligence (AI). Nah di sinilah pentingnya kamu untuk tak sekadar punya kompetensi bekerja secara hard skill, tapi juga diimbangi dengan soft skill dengan skala global. Berikut beberapa kemampuan yang perlu kamu persiapkan sebelum memasuki dunia kerja abad ini.

1. Kemampuan Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Asing 

Yup, tidak sekadar kemampuan berkomunikasi secara efektif saja yang harus kamu persiapkan sebelum memasuki dunia kerja. Selain efektif, kamu juga perlu menguasai komunikasi menggunakan bahasa asing. Minimal bahasa internasional yang diakui dunia aka bahasa Inggris.

Memiliki kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang baik dan efektif akan memudahkan kamu untuk bersosialiasi dan berkomunikasi terkait masalah pekerjaan bersama rekan kerja yang berbeda negara. Selain itu bisa kamu gunakan saat ditugaskan untuk bernegosiasi dengan klien dari negara lain.

2. Memiliki Kesadaran Terkait Keberagaman Sosial dan Lingkungan

Salah satu aspek kompetensi global yang perlu kamu miliki adalah memiliki kesadaran terkait keberagaman sosial dan peduli akan lingkungan. Ini berkaitan dengan etika atau attitude saat berinteraksi dengan lingkungan sosial. Misalnya saja menghargai keberagaman suku, ras, agama, warna kulit, budaya, dan lainnya. Sebab, di dunia global, kamu pasti akan bertemu individu dari berbagai macam negara dengan latar belakang yang berbeda. Intinya kamu harus bergaul tanpa membeda-bedakan.

Manfaat memiliki pendidikan internasional

3. Selalu Upgrade Kemampuan Diri

Untuk bisa bertahan di era global, kompetensi bekerja sesuai bidang kamu aja enggak cukup lho. Harus diimbangi dengan kemampuan terkait dunia digital. Misalnya saja, kemampuan komunikasi digital, public speaking, dan lainnya. Pokoknya kamu tidak boleh berpuas diri hanya dengan memiliki satu kompetensi secara hard skill saja.

4. Memiliki Kemampuan Problem Solving dan Agile Mindset

Kompetensi bekerja tingkat global juga harus diimbangi dengan kemampuan problem solving dan agile mindset. Apalagi kalau kamu adalah pemimpin atau calon pemimpin di masa depan. Memiliki kemampuan problem solving yang baik akan membantu kamu untuk bisa berpikir sistematis. Kemudian mampu menganalisis permasalahan dengan baik dan akhirnya menemukan jalan keluar yang terbaik.

Selain problem solving, ada juga yang disebut agile mindset. Apa itu agile mindset? Agile mindset adalah cara berpikir atau kebiasaan seseorang untuk bertindak secara cepat. Eh cepat di sini bukan asal grasa grusu lho ya. Agile mindset akan membantu kamu untuk mengidentifikasi masalah atau peluang, menghadapi tantangan, berkolaborasi, adaftif terhadap perubahan serta siklus kerja, dan bisa menghormati semua orang.

5. Memilih Pendidikan Internasional

Eh apa nih, maksudnya harus kuliah ke luar negeri gitu? Eits, tidak begitu juga kok. Di dalam negeri aka Indonesia, kamu juga bisa kok mendapatkan pendidikan internasional. Pendidikan internasional ini terkait penggunaan kurikulum internasional dalam proses belajar.  

Memilih melanjutkan pendidikan di universitas yang menerapkan kurikulum internasional akan turut memfasilitasi kamu untuk berkembang dan berdaptasi dengan lingkungan global. Karena dari mulai materi pembelajaran, cara belajar, fasilitas, bahasa pengantar, dan lainnya sudah disesuikan dengan standar internasional. Di Indonesia, pendidikan internasional ini bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di Sampoerna University.

Sampoerna University universitas swasta kelas dunia

Mempersiapkan Kompetensi Global Sebelum Memasuki Dunia Kerja Bersama Sampoerna University

Sampoerna University memiliki misi untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa supaya bisa mendapatkan pendidikan internasional dengan biaya yang lebih terjangkau. Sebagai salah satu universitas swasta di Indonesia, Sampoerna University selalu berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada sistem pendidikan di Indonesia. Misalnya melalui berbagai fasilitas, kurikulum, dan fakultas dengan standar pendidikan Amerika Serikat.

Inovasi Sampoerna University untuk Membekali Mahasiswanya dalam Memiliki Kompetensi Global

  • Menerapkan metode pembelajaran yang komprehensif sehingga mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dan holistik terhadap setiap materi pembelajaran. Selain tugas individu, mahasiswa juga dibekali dengan diskusi kelompok, praktikum, dan presentasi.
  • Media pembelajaran dilengkapi teknologi terkini, mulai dari ruang kelas yang dilengkapi perangkat multimedia dan internet, sampai portal pembelajaran online yang interaktif.
  • Pengembangan kurikulum internasional untuk memastikan mahasiswa memiliki pemahaman global dan kemampuan berkompetensi secara global. Pokoknya kamu bakal siap jadi calon pemimpin masa depan.
  • Dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas.
  • Pengembangan kemampuan mahasiswa dari segi soft skill dan leadership, sehingga nantinya kamu bisa berkomunikasi dengan baik dan siap menjadi pemimpin.
  • Kerja sama dengan universitas luar negeri dari Amerika Serikat yang memungkinkan kamu untuk punya dua gelar saat lulus kuliah. Gelar Sarjana terakreditasi dari Sampoena University, dan gelar Sarjana AS terakreditasi dari The University of Arizona, Amerika Serikat.
Fakultas dan program studi dengan kurikulum internasional di Sampoerna University


Kesimpulan

Untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, kamu perlu membekali diri dengan kompetensi global. Tak hanya secara hard skill tapi juga soft skill. Selain itu, kompetensi bekerja secara global juga bisa kamu raih dengan melanjutkan pendidikan di Sampoerna University.

Di Sampoerna University kamu bisa berkuliah menggunakan kurikulum internasional Amerika Serikat namun dengan biaya pendidikan yang lebih hemat 75% karena tidak perlu ke luar negeri. Selain itu, sebanyak 94% lulusan Sampoerna University diterima bekerja setelah 3 bulan lulus lho di perusahaan nasional dan multinasional.

20 comments

  1. Agile mindset itu penting memang. Selain harus bisa solving problem dengan cepat dan bijak, itu juga bikin staff merasa dikasih kepercayaan Krn mereka bisa memutuskan sesuatu tanpa harus menunggu atasannya. Tentunya keputusan yg masih dalam ranah mereka Yaa. Aku ngerasain bangt dulu saat masih kerja mba.

    Akhirnya Indonesia ada kampus yang bener2 berafiliasi dengan kampus luar, memakai kurikulum sana tanpa harus ke LN.

    Aku ngerasain kuliah sistem begitu saat di Malaysia. Kampusku affiliate dengan universitas di UK, Nottingham Trent university. Jadi kurikulum yg dipakai standard UK, dan ijazah yg aku dapat juga LGS dari UK.

    Kelebihannya, tentu di bahasa, dan metode mereka yang mentingin banget diskusi dan problem solving, bukan cuma baca materi doang. Dan itu berguna saat kerja sih. Benefit lain pastinya dari segi biaya. Living cost di UK dan Malaysia pastinya jauh lebih murah Malaysia. Jadi bisa menghemat banyak.

    Tapi kalo di Indonesia udah ada sistem kuliah seperti itu, pastinya jauh lebih murah lagi di sini.👍 Apalagi Sampoerna udah terkenal dengan reputasi perusahaannya, dan bukan company kecil juga.

    ReplyDelete
  2. Sampoerna University dah paling total sih nerapin kurikulum internasional plus kerjasama sama America. Penerapan kurikulum internasional memang penting untuk pembentukan karakter

    ReplyDelete
  3. Keren banget ya kurikulumnya Sampoerna University. Ibaratnya kuliah di dalamm negeri tapi rasa luar negeri karena sistem pengajarannya jauh lebih bagus dan modern.

    ReplyDelete
  4. setuju sekali untuk punya berbagai kompetensi siap kerja namun juga punya kesadaran akan keberagaman sosial agar ia bisa luwes dalam pergaulan di dunia kerja

    ReplyDelete
  5. Kompetensi kerja memang wajib dikuasai dalam persiapan memasuki dunia yan semakin tahun semakin ketat ya, Mbak. Dan ujung akarnya memang dengan penguasaan bahasa inggris. Jadi saat tahap berikutnya, termasuk kuliah dengan bahasa ingggris sebagai bahasa pengantar, akan bisa mengikuti kurikulum internasional.

    ReplyDelete
  6. Problem solving ini memang harus dimiliki sih kemampuan tersebut, agar saat terjun ke dunia kerja sudah lebih siap mental dan keterampilan buat menghadapinya. Makanya harus terus digali

    ReplyDelete
  7. Wah, ternyata banyak juga kompetensi yang dibutuhkan generasi z untuk berkarier di tingkat global? Tadinya kirain cuma bahasa asing, ternyata problem solving dan agile mindset juga penting banget.
    Kebayang, ya, kalau anaknya pinter, tapi ngambekan? Pinter, tapi baperan? Nah, upgrade softskill kayak gitu penting diperbaiki, salah satunya lewat kurikulum internasional di Sampoerna University.

    ReplyDelete
  8. Kapan lagi bisa punya punya dua gelar saat lulus kuliah ya mbak? Keren banget emang Sampoerna University ini. Apalagi lulusannya sebagian besar bisa langsung dapat kerjaan dalam kurun waktu singkat.

    ReplyDelete
  9. Bagus sekali ya program di Sampoerna University ini. Dari kurikulumnya dan fasilitas yang oke banget

    ReplyDelete
  10. Kompetensi bahasa asing ini yg penting dan perlu dipunyai generasi masa kini. Kompetensi lainnya juga perlu sih

    ReplyDelete
  11. Agar tetap memiliki kompetensi global, kudu banget perkuat dengan skills yang mumpuni dan bisa dimulai dari memilih sekolah dengan kurikulum internasional yang lulusannya telah diakui banyak perusahaan ternama baik skala nasional ataupun internasional.

    ReplyDelete
  12. Bagi lulusan saat ini, sangat dibutuhkan memiliki kompetensi kerja di era global seperti ini ya mbak
    agar bisa bersaing menghadapi tantangan dunia kerja saat ini

    ReplyDelete
  13. Aku juga nyari2 sekolah kalau bisa yang ada kurikulum internasionalnya gini, biar nanti ke Sampoerna University ngga kesulitan adaptasi hehe..Ngga heran kalau 94% lulusannya mudah mendapatkan kerja yaa dimana2.

    ReplyDelete
  14. Penasaran sama sampoerna university. Secanggih apa sih. Kelihatan rekomended banget buat jadi kampus percontohan

    ReplyDelete
  15. Paling setuju soal kemampuan bahasa asing jadi yg utama sebagai kompetensi global, sebab dengan menguasai bahasa inggris khususnya kita berpeluang untuk masuk di dunia kerja global

    ReplyDelete
  16. salah satu dampak dari hadirnya teknologi era revolusi 4.0 adalah menghilangnya beberapa profesi yang diganti dengan teknologi artifisial. jadi saingan dunia kerja tidak hanya sesama calon tenaga kerja atau sesama pekerja tapi juga "mesin teknologi". jadi mau gak mau ya harus banget upgrade skill. noted banget loh terkait hal ini sebagai reminder buat aku sebagai orangtua. anak - anak ku kelak akan kerja dalam revolusi yang entah angka keberapa tapi yang pasti bakalan lebih canggih dari sekarang. menyiapkan pendidikan udah jadi keharusan dan Sampoerna University jadi pilihan yang terbaik

    ReplyDelete
  17. pas bgt baca kaya gini pas lg emang mau ningkatin kompetensi dan ambil kuliah lagi S2, biar gak kalah sama orang2 luar negeri

    ReplyDelete
  18. Betul sekali persaingan di dunia pekerjaan saat ini sangatlah ketat sehingga dibutuhkan SDM yang unggul apalagi eranya sudah globalisasi sangat penting menguasai bahasa asing juga. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  19. Cakep nih Sampoerna University punya Fakultas Pendidikan juga. Semoga jurusannya nambah lagi ya, bukan cuma Matematika dan Bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  20. menguasai teknologi dan bahasa asing nih udah jadi bekal dan value kita di dunia kerja era sekarang ya. dengan berkembangnya zaman kita juga harus bisa beradaptasi dengan kompetensi global

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon