4 Mar 2023

4 Cara Melamar Kerja Secara Online

Cara melamar kerja online menggunakan bantuan internet cepat

Siapa yang lagi nyari kerja? Udah tahu cara melamar kerja secara online belum nih? Lebih praktis lho di era digital sekarang, kamu enggak perlu buang-buang uang lagi buat fotokopi dokumen persyaratan atau kirim lewat kantor pos. Semua dokumen tinggal scan dan dikirim lewat bantuan internet cepat.

Tapi ya gengs, meski lebih praktis dan lebih mudah, ada tahapan-tahapan yang harus kamu perhatikan saat melamar pekerjaan secara online. Baik itu dari segi tata bahasa, pengiriman, sampai ke proses wawancaranya. Biar lebih jelas, aku coba rinci pakai poin-poun di artikel kali ini ya, yuk disimak cara melamar kerja dan wawancara online berikut.

4 Cara Melamar Kerja dan Wawancara Secara Online

Di tahun 2013 lalu, saat saya baru lulus D3, melamar pekerjaan secara online belum sebooming sekarang. Pilihannya kalau enggak ngisi Google Form, ya kirim email ke alamat email HRD dan submit di halaman khusus yang ada di beberapa website perusahaan besar. Terus sistem wawancaranya tetap tatap muka.

Beda banget sejak teknologi makin maju dan internet mulai merata ke seluruh negeri. Ditambah lagi ada pandemi Covid, melamar kerja online jadi makin banyak pilihannya. Udah ah basa basinya, yuk simak tips melamar kerja di era digital berikut:

1. Siapkan Berkas Lamaran Kerja Secara Umum

Yuhu, sebelum melamar kerja atau mencari info lowongan kerja secara online, lebih baik siapkan dulu dokumen lamarannya gengs. Kayak format surat lamaran kerja, CV, portofolio, scan ijazah, transkrip nilai, dan lainnya. Jika perlu siapkan 2 jenis CV, CV yang kreatif dan CV yang ATS Friendly.

2. Pastikan Kamu Pakai Koneksi Internet Stabil

Saat kamu mau melamar pekerjaan secara online, pastikan kamu pakai koneksi internet yang stabil. Better yang ngebut. Ini supaya proses mencari lowongan kerja, apply lowongan, sampai upload segala persyaratan jadi sat set gitu dan dokumen yang diunggah enggak corrupt gitu gengs.

Apalagi kalau kamu mendapatkan panggilan wawancara online. Jangan sampai saat proses wawancara koneksi internet malah gak stabil. Karena biasanya wawancara online lewat zoom yang perlu koneksi internet stabil. Kalau enggak, nanti tampilan wajah kamu jadi kayak gambar rusak dan suara mirip robot lho.

Wawancara online jadi lancar berkat internet IndiHome dari Telkom Indonesia

Nah, buat kamu yang mau koneksi internetnya cepat dan stabil, kamu bisa menggunakan penyedia layanan internet yang menawarkan jaringan internet fiber optik kayak punyanya IndiHome dari Telkom Indonesia. Selain menyediakan internet cepat, layanan pelanggan IndiHome sekarang makin kece lho. Kamu bisa menyelesaikan segala keperluan terkait layanan internet lewat aplikasi myIndiHome.

3. Pilih Platform Tepercaya untuk melamar pekerjaan

Supaya tidak tertipu loker bodong aka palsu dengan segala tipu dayanya. Untuk itu kamu perlu melamar kerja di platform terpercaya. Misalnya kaya aplikasi penyedia kerja bernama Atma. Di sini kamu enggak hanya bisa melamar kerja, tapi juga bisa gabung grup yang enggak pelit ilmu seputar dunia kerja dan modus penipuan berkedok lowongan kerja. 

Penipuan lowongan kerja ini bisa bikin rugi lho gengs buat kamu yang awam. Soalnya suka sejumlah uang gitu. Nah kalau nemu modus penipuan di platform atau situs pencari kerja terverifikasi, jangan lupa laporkan ke admin supaya ditindak segera. Info ini aku dapatkan dari baca artikel di media teknologi, Pricebook.

Selain itu, kamu juga bisa melamar kerja melalui website perusahaannya langsung. Coba deh googling. Banyak perusahaan yang menyediakan halaman khusus loker sekaligus bisa submit lamaran sesuai posisi lowongan yang tersedia.

laporkan penipuan lowongan kerja sesuai tips dari media teknologi

By the way, kalau kamu mengirim lamaran melalui email, pastikan dokumen yang dikirim sesuai persyaratan, subject diisi sesuai instruksi, terus lampiran dokumen tidak lebih dari 1MB, kirim di hari dan jam kerja. Better hari senin jam 8 pagi. Terus jangan lupa badan emailnya diisi niat kamu mengirim email itu apa. Pastikan tata bahasanya yang baku.

4. Buat Landing Page atau Profil LinkedIn

Supaya HRD perusahaan semakin tertarik dan yakin dengan kamu, cobalah membuat profil du LinkedIn. Isi data diri selengkap mungkin. Kemudian berikan foto profil yang menarik namun bukan foto selfie. Nah, kalau kamu pekerja kreatif seperti desainer grafis, content writer, dan lainnya. Bisa juga lho buat landing page dan website khusus yang merangkum hasil pekerjaan atau karya kamu.

Nah, seneng banget kan melamar kerja di era digital. Selama dukungan internet mumpuni, proses mencari dan melamar kerja jadi lebih mudah dan hemat. 

12 comments

  1. IndiHome memang mendukung banget jaman sekarang, cari kerja lebih mudaj, bisa hemat tenaga dan waktu juga. Tinggal kreasi kita buat milih perusahaan yang sesuai dengan kemampuan kita. Sukses terus buat IndiHome

    ReplyDelete
  2. landing page ini bisa jadi nilai tambah banget sih, apalagi buat yang melamar bidang IT/desan dan yang berkaitan

    ReplyDelete
  3. Linkedln sangat membantu juga ya dalam mencari pekerjaan, tinggal kita kreatif membuat profil yang menarik, insyaAllah bisa menjadi salah satu ikhtiar dalam usaha job hunting

    ReplyDelete
  4. bikin landing page portfolio ternyata penting juga yaa kak, jadi personal branding banget tuh jadinya

    ReplyDelete
  5. Bagusin LinkedIn termaasuk aktif posting yg berkaitan dengan profesi yg diinginkan ini penting bgt. Tp jujur kalo LinkedIn aku banyak takutnya mau posting karena lbh profesional hehe

    ReplyDelete
  6. bener juga ya sekarang Landing page dan linkedin ini juga penting untuk menarik minat rekruter dan bisa digunakan sebagai halaman branding diri kita

    ReplyDelete
  7. Ngga kebayang sih dulu gimana kalo ngga ada internet, job fair sekarang pun bisa online lho yaa jadi kebutuhan internet ini udah kayak kebutuhan primer, untung banget ada IndiHome yang jangkauannya luas

    ReplyDelete
  8. Udah ga jaman bawa map nenteng tas besar bawa portofolio ya? Canggih memang sekarang ini. Semua serba mudah

    ReplyDelete
  9. bikin akun di LinkedIn bisa banget berpeluang dirilik oleh perusahaan. jadi sebisa mungkin masukin semua data keterampilan serta riwayat pendidikan biar berpeluang besar dapet pekerjaan sesuai minat kita

    ReplyDelete
  10. aku penasaran mbak sama yang ats friendly. kemarin aku ada nemu di linkedin bahwa hr tu sekarang pakai ats untuk menemukan pekerja yang tepat. nah, itu sistemnya kayak gimana mbak? soalnya, baru denger kemarin. zen

    ReplyDelete
  11. tips-tips seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk teman-teman yang mencari kerja, dan pastinya platform Linkedin ini sangat aman dan terpercaya untuk mencari kerja, ditambah dukungan internet cepat jadi makin satsest ya mencari lowongan kerja

    ReplyDelete
  12. internet memang sangat berpengaruh untuk membantu pekerjaan dan aktivitas lebih lancar, bayangin aja udah bikin CV cakep-cakep terus wawancara kerja online nya terhambat karena internet, sayang sekali

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon