3 Apr 2023

Langit Musik Bikin Dengar Lagu Indie Jadi Mudah

Langit Musik bikin dengar lagu jadi mudah

Jujurly, dulu saya suka download-download mp3 secara ilegal buat dengerin lagu. Tapi, sejak kenal Langit Musik sekitar tahun 2016 lalu, saya bertaubat. Iya, beralih ke dengerin musik secara legal di Langit Musik. Di aplikasi ini, saya juga jadi lebih mudah untuk mendengarkan lagu indie. Jadi, apa itu langit musik dan manfaatnya untuk mempromosikan musik indie? Yuk cari tahu di sini.

Apa Itu Langit Musik?

Yup, Langit Musik adalah aplikasi streaming musik asli dari Indonesia. Yup, lokal pride. Langit Musik 9 juta lebih katalog lagu. Baik lagu internasional, lokal, pop, indie, sampai tradisional. For your information, sejak tahun 2019, sekitar 76% yang streaming lagu di Langit Musik adalah lagu Indonesia meski di aplikasinya banyak lagu-lagu internasional.

Langit Musik dikelola oleh Melon Indonesia. Yang mana sudah berganti menjadi NUON Digital Indonesia. NUON Digital Indonesia adalah salah satu anak usaha dari Telkom Indonesia. Sama kayak IndiHome.

Untuk berlangganan Langit Musik, ada pilihan langganan mingguan dan bulanan. Favorit saya sih bulanan. Jadi bisa dengerin musik tanpa iklan gitu. Tapi lebih nyenengin lagi kalau kamu pelanggan internet cepat IndiHome, langganan Langit Musiknya lebih murah lho gaes. Yup, soalnya ada layanan add-on Langit Musik.

Kalau lewat add-on Langit Musik di IndiHome cukup membayar 10 ribu rupiah saja. Dengan biaya segitu udah langsung bisa dengerin beragam musik lokal sampai internasional selama 1 bulan.

Add-on langit musik bikin langganan lebih murah lewat paket internet IndiHome

Manfaat Platform Streaming Musik untuk Mempromosikan Musik Indie

Berdasarkan laporan Global Music Report 2021 dari International Federation of the Phonographic Industry (IFPI). Ternyata pasar musik digital Indonesia bertumbuh 21,5% di tahun 2020. Aplikasi streaming musik menjadi sumber pendapatan terbesar dalam industri musik di Indonesia. Apalagi untuk band indie di Indonesia Mereka bisa mempromosikan karya supaya bisa mencapai audiens lebih luas. Berikut beberapa manfaat lainnya:

1. Akses ke Musik Lokal Jadi Lebih Luas

Aplikasi streaming musik membuat jangkauan musik lokal dan indie semakin luas. Tak hanya tersebar ke seluruh Indonesia, tapi juga ke luar Indonesia aka internasional. Ini tentunya bisa membawa dampak positif bagi industri musik lokal untuk menjangkau pendengar mereka dan semakin banyak pendengarnya.

2. Memudahkan Distribusi Musik sehingga Meningkatkan Profesionalisme

Melalui aplikasi streaming musik, band indie lebih mudah dalam mendistribusikan musik mereka dan dapat mengelola musik secara profesional. Proses mempromosikan musik bisa langsung dilakukan sendiri lewat aplikasi streaming musik serta media sosial. 

Musisi indie dapat membuat profil, mengunggah lagu dan album, memantau jumlah stream dan penghasilan. Bahkan bisa menganalisis data pendengar. Data ini bermanfaat untuk memahami audiens yang bisa mempengaruhi keputusan yang lebih tepat dalam mempromosikan karya.

Distribusi dan promosi yang mudah juga membuka peluang lebih besar bagi musisi dan band lokal untuk terkenal dan sukses. 

Manfaat streaming musik lagu indie

3. Menambah Penghasilan

Aplikasi streaming musik membuka kesempatan bagi band indie di Indonesia untuk menghasilkan uang dari karya mereka. Soalnya, setuap lagu diputar di aplikasi streaming musik. Dari sanalah band akan mendapatkan royalti sesuai ketentuan yang berlaku. Ini mendorong mereka untuk berpenghasilan lebih besar juga stabil.

Nah, manfaat platform streaming musik untuk mempromosikan musik Indie yang aku baca dari Pricebook. Pricebook adalah situs perbandingan harga barang-barang elektronik yang sangat saya sukai karena lengkap, biasanya banyak rekomendasi terbaik juga. Kamu suka dengerin aplikasi streaming musik Langit Musik juga, gak gengs?

Keren banget kan, internet cepat IndiHome mendukung musisi indie untuk bertumbuh dengan menyediakan fitur add-on. Yuk cobain fitur add-on Langit Musik yang ada di IndiHome.

Add Comments

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon