17 Jan 2024

Insto Dry Eyes: Solusi Mata Kering untuk Para Digital Savvy

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering untuk Para Digital Savvy

Sejak Desember 2023, saya memulai kembali perjalanan saya sebagai pekerja digital. Iya, sempat vakum hampir setahun. Jadilah saya butuh penyesuaian lagi, salah satunya mata jadi lebih sering menatap layar laptop maupun smartphone untuk bekerja.

Durasi bekerja yang tak hanya 1 atau 2 jam di depan layar dan penggunaan AC membuat saya merasakan mata pegal, mata sepet, kadang-kadang penglihatan juga jadi blur untuk beberapa saat. Asli enggak nyaman banget. Karena kedua gejala tersebut termasuk gejala mata kering.

Dulu saat pertama kali merasakan gejala mata kering ini, saya sempat panik. Beda dengan sekarang, setelah kenal #InstoDryEyes. Kenapa menggunakan INSTO DRY EYES? Apa bedanya sama obat tetes mata Insto yang untuk iritasi ringan?

Nah, yuk simak cerita saya kali ini sampai akhir ya. Tapi sebelumnya saya mau spill tipis-tipis terkait apa yang dimaksud dengan mata kering, gejala, penyebab, dan cara mengatasi mata kering. Soalnya kalau tidak diatasi bisa berbahaya, minasan.

yuk kenali gejala mata kering supaya tidak berbahaya

Pengertian dan Gejala Mata Kering

Dry eye syndrome atau mata kering adalah kondisi saat mata tidak bisa memproduksi air mata yang cukup, sehingga air mata tidak bisa melumasi mata dan menjaga tetap lembap. Kornea mata yang tidak terlumasi dengan baik akan kesulitan untuk membersihkan kotoran dan polusi dari mata.

Gejala mata kering biasanya ditandai dengan:
  • Mata pegal atau mata lelah, kondisi saat mata terasa sakit dan berat akibat terlalu lama digunakan untuk beraktivitas.
  • Mata sepet atau terasa ada sesuatu yang melekat (kotoran berlebihan) di mata
  • Mata terasa gatal, perih, dan terbakar.
  • Mudah silau atau lebih sensitif terhadap cahaya.
  • Penglihatan tiba-tiba buram.
  • Kesulitan membuka mata saat bangun tidur karena kelopak atas dan bawah menempel.
  • Air mata tidak keluar sekalipun kamu sedang merasa sangat emosional.

Gimana minasan, apakah kamu sudah sering merasakan tanda-tanda mata kering pada mata kalian? Kalau iya, mesti cepat diatasi minasan. Kenapa? Apabila mata kering tidak diatasi, maka akan berbahaya.

Bahaya Mata Kering Jika Dibiarkan

Bahayanya apa? Jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat, mata kering bisa menyebabkan hal-hal berikut:
  • Infeksi mata akibat polusi maupun bakteri.
  • Kerusakan kornea mata akibat sering menggosok mata karena rasa gatal yang timbul. Kebiasaan menggosok mata bisa menimbulkan goresan atau cedera pada mata. Kalau goresannya dalam, ini bisa menyebabkan jaringan parut pada kornea mata dan masalah penglihatan.
  • Kehilangan penglihatan atau mengalami kebutaan karena gejala penglihatan kabur yang terus mengalami peningkatan.
Aktivitas Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Mata Kering

Aktivitas Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Mata Kering?

Minasan tadi pasti sudah tahu kan kalau mata kering yang saya alami akibat terlalu lama beraktivitas di depan layar gadget dan berada di ruangan ber-AC. Nah, itu memang 2 penyebab mata kering. Tapi, tentu saja ada penyebab lainnya. Supaya lebih jelas. Sini saya spill satu per satu ya!
  • Kebiasaan terlalu lama berada di depan layar gadget dan jarang berkedip.
  • Melakukan aktivitas membaca buku tidak dalam posisi dan pencahayaan yang baik.
  • Kebiasaan merokok.
  • Menggunakan lensa kontak dan make up di area sekitar mata terlalu sering, hingga kurangnya cairan pada lensa kontak.
  • Sering berada di kondisi udara yang kering, seperti ruangan ber-AC, lingkungan yang panas, dan lainnya.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti anti depresan, obat hipertensi, anti jerawat, antihistamin, dan lainnya.

Selain aktivitas di atas, ada faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab mata kering, yaitu perubahan hormon pada wanita hamil, menyusui, dan menopause. Faktor usia lanjut, masalah pada kelopak mata, serta kondisi medis tertentu, seperti lupus, diabetes, HIV, dan lainnya.

Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Kalau minasan sama seperti saya, iya manusia digital savvy yang kerjanya lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget ... tentunya perlu tips mata kering supaya enggak jadi berbahaya. Iya kan?

Soalnya kalau udah fokus kerja di depan layar gitu pasti aja kelupaan buat mengedipkan mata dengan normal. Jadi, saya mau spill #SolusiMataKering seperti yang saya utarakan di awal. Iya, benar sekali, wajib banget sedia Insto Dry Eyes di dekat kamu.

Insto Dry eyes cocok untuk mengatasi mata kering

Kenapa Insto Dry Eyes cocok sebagai obat mata kering? Berikut alasannya:
  • Mengandung bahan aktif, seperti hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan benzalkonium chloride 0,1 mg yang akan memberikan efek pelumas seperti air mata alami, sehingga bisa mengatasi mata kering.
  • Bahan aktif dalam #InstoDryEyes juga dapat meringankan iritasi mata akibat kekurangan produksi air mata. Iritasi mata kering ini biasanya terjadi pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia.
  • Kandungan bahan aktif dalam obat mata kering ini juga bisa menjadi pelumas pada mata palsu.
  • Ukurannya yang 7,5ml mudah untuk kamu bawa ke mana-mana.
  • Termasuk obat golongan bebas terbatas yang harganya terjangkau, sekitar 15-18k aja, minasan. Inilah yang membuat saya suka nyetok.

Oh iya, saat akan mengaplikasikan Insto Dry Eyes ini, minasan yang menggunakan lensa kontak harus dilepas dulu ya. Terus gunakan lagi lensa kontaknya setelah 15 menit pemakaian. Terus tidak boleh menggunakan obat mata kering ini dalam jangka panjang. Cukup saat mata menunjukkan gejala mata kering aja.

Selain menggunakan tetes mata khusus untuk dry eyes, minasan juga bisa mencoba untuk tetap mengistirahatkan mata dengan teknik 20-20-20. 20 menit kerja depan gadget, 20 detik mata istirahat dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki (6 meter). Terus menggunakan kacamata juga jika memungkinkan.

Karena mata merupakan salah satu organ penting di tubuh manusia, sampai ada istilah mata adalah jendela dunia. Jadi jangan lupa dijaga sebaik mungkin ya, minasan. Kalau mulai terasa gejala mata kering, langsung obati, jangan dibiarkan.

obat mata kering yang mengandung bahan aktif untuk melumasi mata

27 comments

  1. Mata ini memang aset dan senjata utama dalam menulis ya, Mbak. Makanya harus terus dijaga, termasuk jangan sampai kering. Dan kalau saya mulai mengatur waktu menulis, agar tidak terlalu lama berhadapan dengan layar laptop dan hape.

    ReplyDelete
  2. Wah iya betul kak mata itu aset dan jangan sampe deh kejadian seperti aku yang kena keratitis karena gejala mata kering ngga segera diobati. So, sedia Insto Dry Eyes selalu yaa

    ReplyDelete
  3. kebetulan saya bisa seharian mba Gilang kalau depan laptip jadi kayaknya cocok banget niy pakai insto sekalian buat jaga-jaga di rumah

    ReplyDelete
  4. Saya bisa 7-8 jam sehari bekerja di depan layar. Udah gitu di ruangan ber AC. Makanya mata sering terasa cepat lelah. Belum lagi kalo ada waktu senggang, pasti main hape bisa lupa diri. Makanya saya sekarang sedia Insto Dry Eyes di tas, biar kalo sewaktu-waktu mata terasa sepet atau pegel, bisa langsung diobati pakai Insto. Mantap Artikelnya....

    ReplyDelete
  5. Saya bisa 7-8 jam sehari bekerja di depan layar. Udah gitu di ruangan ber AC. Makanya mata sering terasa cepat lelah. Belum lagi kalo ada waktu senggang, pasti main hape bisa lupa diri. Makanya saya sekarang sedia Insto Dry Eyes di tas, biar kalo sewaktu-waktu mata terasa sepet atau pegel, bisa langsung diobati pakai Insto. Mantap Artikelnya....

    ReplyDelete
  6. Selain penggunaan layar, penggunaan AC juga bisa bikin mata jadi kering ya. Aku juga suka nyetok soalnya suka lama-lama menatap layar bikin mata jadi pegel juga. Kalau udah pake Insto Dry Eyes mata jadi adem dan nggak bikin perih lagi.

    ReplyDelete
  7. daku demen memang sama ukurannya insto ini
    Jadi lebih praktis buat dibawa maupun disimpan di kotak obat
    senantiasa gercep buat antisipasi mata biar gak gampang kering

    ReplyDelete
  8. Insto Dry Eyes emang wajib banget dimiliki oleh para pekerja digital ya. Mata kembali segar. Buka mata buka insto.

    ReplyDelete
  9. Aku digital savvy nih. Dan pas banget buat ngatasi mata kering dengan insto dry eyes. Biar bebas bekerja lagi di dunia digital☺

    ReplyDelete
  10. aku juga pake Instooo. waktu itu pernah mata kering juga, Ya Allah nggak enak bangeet pokoknya. ganggu aktivitas. sejak itu aku jadi selalu alarm hp buat jeda sejenak liat pemandangan yang jauh selain layar laptop hehe

    ReplyDelete
  11. Kayaknya memang kudu mengatur waktu layar dengan baik plus sedia Insto Dry Eyes untuk menjaga mata nih.

    ReplyDelete
  12. Setuju bgt kak Gilang, mata itu jendela dunia kalau mata gak sehat dan dunia jadi buram bikin ga semangat kerja makanya harus dijaga

    ReplyDelete
  13. Yang paling relate sih ya itu bertatapan dengan layar gadget berjam-jam. dan itu ngena banget ke mata langsung kering dan gatal. pernah tuh sampai parah banget akhirnya kudu ke dokter mata. sejak itu, siap sedia deh instro sry eyes di meja kerja

    ReplyDelete
  14. Mata kering karena terlalu lama menatap. layar menjadi salah satu permasalahan dalam keseharian yang harus ditemukan solusinya yang tepat. Salah satu solusi yang bisa dijadikan andalan adalah menggunakan insto dry eyes untuk mencegah dari mata kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak daku juga merasakannya dan gak nyaman memang mata jadinya.
      Pas di tetsin insto jadi lebih adem dan lembab terasa

      Delete
  15. Aku pernah tiba-tiba kabur gituu..
    Dan di saat yang seperti itu, aku bersyukurnya gak pas lagi nyetir, misalnya.. Bahaya banget kan yaa..

    Kudu sedia Insto Dry Eyes di rumah dan saat beraktivitas nih..
    Buat jaga-jaga kalau mata lelah.

    ReplyDelete
  16. Mata kering bikin aktivitas jadi terganggu karena dikit dikit garuk mata meski semua orang tahu gak boleh digaruk. Untung ada INSTO jadi solusi sehingga semua bisa berjalan lancar semestinya

    ReplyDelete
  17. Insto ini selalu dibawa kemanapun pergi. Secara ini mata kaya ada magnetnya gampang kelilipan.
    Pokoknya motoran kemana jauh dekat harus bawa insto deh

    ReplyDelete
  18. Agak seram juga ya efek dari mata kering yang nggak dihiraukan. Bagi pekerja digital nih kudu aware banget sama kesehatan mata. mending juga sedia Insto yang buat mata kering. Biar cepat terkendali

    ReplyDelete
  19. Pekerja digital seperti kita memang harus menjaga kesehatan mata, karena ini indera yang krusial banget buat pekerjaan kita. Nah, terlalu lama memakai gadget memang jadi memperparah risiko mata kering, jadi Insto Dry Eyes is a must!

    ReplyDelete
  20. Jangan sampai kena mata kering ya, Mbak. Bisa jadi drama. Akhirnya akan menghambat pekerjaan ya, Mbak. Apalagi kita blogger yang tiap hari berhadapan langsung dengan layar lapto[ dan hape ya, Mbak.

    ReplyDelete
  21. Berlama-lama di depan laptiop bisa menyebabkan mata kering, solusinya insto dry eyes, aku juga pake

    ReplyDelete
  22. INSTO DRY EYES ini memang efektif banget loh buat mata kering. Saya selalu stok di kotak obat. Apalagi belakangan jadwal kerja di depan laptop tuh lebih sering dari biasanya. Mata jadi gampang lelah dan kering berlebihan.

    ReplyDelete
  23. Gak pernah meninggalkan rumah tanpa Insto Dry Eyes nih saya
    Soalnya mata sering sepet dan gatal
    Kalo digaruk bakal tambah gatal dan akhirnya malah teriritasi
    Sementara solusinya mudah banget, tetesi aja dengan Insto Dry Eyes ^^

    ReplyDelete
  24. Pernah mengalami mata kering karena kelamaan menatap layar laptop, tapi bukan karena menyelesaikan pekerjaan, tapi efek kelamaan nonton, duh rasa sepatnya mengganggu banget dan rasanya tangan pengen ngucek mata mulu, jadi tau kalau bisa diatasi dengan Insto dry eyes.
    Kudu disetok nih di rumah.

    ReplyDelete
  25. Insto Dry Eyes ini bener-bener di kecil yang jadi temen setia pekerja online sepertiku. Dan bangun tidur tapi susah ngebuka mata itu rasanya sungguh panik dan overthinking :'(

    ReplyDelete
  26. Ancaman mata kering ini gak hanya datang ketika bekerja di depan layar gadget overtime yaa.. tapi juga kondisi lingkungan yang ber-AC dan konsumsi obat-obatan atau gaya hidup tidak sehat bisa memicu lambatnya produksi air mata. Kudu diantisipasi menggunakan Insto Dry Eyes. Yang cairannya mirip air mata dan bikin mata kembali nyaman.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon