Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Masih bingung dengan menu buka puasa di hari-hari terakhir ramadan tahun ini? Atau ingin menu lain di hari raya nanti selain ketupat, lontong sayur, opor ayam, sambal goreng ati, dan rendang? Kalau begitu, bagaimana dengan menu nasi kebuli?

Kebetulan nih bund, saya baru saja menemukan cara membuat nasi kebuli anti ribet, terutama dalam menyiapkan bumbu nasi kebuli. Penasaran? Tapi sebelumnya mari saya jelaskan dulu apa itu nasi kebuli dan dari mana sih awal mulanya. Ya, siapa tahu ada yang belum mengenal makanan yang satu ini.

Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Pengertian Nasi Kebuli dan Tempat Asalnya

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang rasanya gurih, dan mudah ditemukan di Indonesia. Dalam proses memasaknya, beras dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin.

Setelah matang barulah disajikan bersama potongan daging kambing goreng, dan terkadang ditaburi irisan kurma atau kismis. Hidangan yang satu ini sangat populer di kalangan warga Betawi, dan warga keturunan Arab di Indonesia.

Nasi kebuli ini berasal dari Yaman. Sedikit mirip dengan nasi biryani. Walaupun begitu, mereka tetap serupa tapi tak sama. Nah, di dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli umumnya disajikan saat ada perayaan keagamaan Islam. Misalnya saja seperti lebaran atau idul fitri, idul adha, dan maulid nabi. 

Cara Membuat Nasi Kebuli dengan Mudah

Sediakan bahan-bahan berikut ini!
1 kg daging kambing, boleh yang bertulang atau tanpa tulang
1 liter beras Basmati atau beras Pera IR 42
250 gram bawang bombay dipotong dadu kecil
6 siung bawang putih dipotong kecil
4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
3 sdm minyak samin/mentega
air secukupnya
garam sesuai selera

Proses Memasak

  1. Pertama-tama, tumis bawang bombay yang sudah dipotong dadu ke dalam panci dengan minyak samin/mentega hingga layu, Baru setelahnya masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi kecokelatan.
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aromanya menguar atau tercium kuat.

    Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food Harga Terjangkau

  3. Masukkan air secukupnya. Kira-kira sekitar 1.2 liter, tergantung jenis beras yang digunakan. Jika  menggunakan beras Pera IR 42, maka gunakan air sebanyak 1.2 Liter. Namun, apabila menggunakan beras Basmati, maka gunakanlah 1.4 Liter air. Semua kembali pada selera kamu, bisa tambahkan lagi air jika ingin lebih basah.
  4. Masukkan daging kambingnya, lalu rebus hingga empuk. Jangan lupa untuk selalu menjaga volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging ini. Perlu diingat, daging kambing membutuhkan waktu berkisar antara 45 menit hingga 2 jam, tergantung umur dan jenis kambing. Cobalah untuk selalu cek, dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau masih keras/alot.
  5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci beras beberapa kali hingga bersih, lalu masukkan ke dalam panci. Khusus untuk beras Basmati, kamu harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 5-10 Menit. Baru setelahnya tiriskan, dan masukkan ke dalam panci. Namun, jika kamu menggunakan beras Pera IR 42, maka bisa langsung memasukkannya ke dalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.
  6. Lanjut, masak nasi Kebuli hingga matang.
  7. Setelahnya, sajikan dengan acar, emping, sambal, dan bawang goreng, bisa juga kismis jika kamu menyukainya

Tips Agar Tekstur Nasinya Pas

  • Karakter beras dan kebutuhan airnya selalu berbeda, perhatikan hal ini agar kamu nantinya bisa mengatur volume air dalam nasi, supaya tidak pulen.
  • Setiap merek garam memiliki kadar asin yang berbeda. Jadi, tentu saja berpengaruh pada takarannya.
  • Jangan lupa rendam beras Basmati sebelum dimasak.
  • Boleh menambahkan santan atau susu ke dalam air.

Kenapa Menggunakan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic dari Cairo Food?

Kenapa saya memilih menggunakan bumbu nasi kebuli aromatic dari Cairo Food? Karena selain rasanya enak, Yang membuat bumbu ini semakin istimewa adalah karena bahan-bahannya terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa. Kemudian juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami, dan halal.

Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food

Bahan yang ada dalam bumbu nasi Kebuli Aromatic Cairo Food mengandung: kayumanis, biji kelabat, bunga lawang, biji ketumbar, cumin, biji pala, lada hitam, cengkeh, lengkuas, jahe putih, serai, kapulaga putih, daun salam, kapulaga hijau, daun jeruk purut, caraway, kunyit kuning, beras putih.

Harganya untuk berat 140 gr ini hanya 35 ribu rupiah saja lho. Terus kadaluarsa produk sekitar 15 bulan hingga 24 bulan, tergantung dari kualitas rempah, seperti musim, jenis, dan metode pemrosesan awal. Kadaluarsa akan tercantum berbeda setiap batch.

Selain itu, bumbu kebuli dari Cairo Food pun sudah dipakai & dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering lho. Bumbu nasi kebuli ini bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia atau di website resmi atau juga bisa melalui WhatsApp ke 081218222610.

Nah, mudah banget kan bund membuat nasi kebuli tanpa repot meracik bumbunya sendiri. Dan rasanya pun dizamin mantap.
5 Manfaat Minum Susu Tinggi Protein untuk Lansia

5 Manfaat Minum Susu Tinggi Protein untuk Lansia

Susu menjadi minuman yang tak kenal usia, betul apa betul temans? Ya, minuman yang satu ini bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat yang sudah tidak asing bagi kita adalah susu bisa membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Nah, maka dari itu, minum susu pun tak hanya penting bagi pertumbuhan anak-anak, tapi juga penting bagi lansia gengs. Kok bisa? Tentu saja karena susu diperkaya dengan vitamin D, yang mana berperan dalam proses pembentukan tulang. Bersama kalsium, vitamin D ini bekerja sama dalam mencegah osteoporosis atau yang lebih dikenal dengan pengeroposan tulang.

Manfaat Minum Susu Protein Tinggi bagi Lansia

Manfaat Minum Susu Kaya Protein

1. Mendukung dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak dipungkiri ya gengs, salah satu risiko kondisi kesehatan yang paling umum terjadi pada lansia adalah terkait kesehatan jantung. Nah, untuk menurunkan risiko penyakit jantung, lansia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dan kalium. Salah satu makanan yang mengandung keduanya adalah susu.

2. Membantu Menjaga Massa Otot 

Hilangnya massa otot merupakan masalah kondisi kesehatan lain yang sering dihadapi oleh lansia. Untuk mengatasi hal tersebut, lansia bisa mengonsumsi susu sapi maupun susu soya karena mengandung protein tinggi. 

Nah, dengan minum susu protein tinggi, maka bisa membantu lansia dalam mempertahankan massa otot. Di mana massa otot ini sangat penting untuk menunjang metabolisme tubuh, dan juga berkontribusi banyak terhadap kestabilan berat badan. 

3. Menurunkan Risiko Alzheimer 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika dalam susu itu mengandung antioksidan tinggi. Yang mana antioksidan ini dapat melindungi otak dari kerusakan. 

Bisa dibilang, susu memiliki manfaat juga dalam menurunkan risiko alzheimer, yang umumnya sering dialami oleh lansia. Tentu saja dengan catatan dikonsumsi secara rutin, dan teratur.

4. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Selain air putih atau air mineral, susu juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan harian lho gengs. Jadi, susu juga mampu mencegah dehidrasi. Sama halnya seperti anak-anak, lansia pun disarankan minum susu di pagi atau malam hari sebelum tidur, sebanyak masing-masing satu gelas saja. 

5. Menurunkan Risiko Depresi

Tahukah kamu, jika vitamin D yang ada di dalam susu tak hanya baik dalam meminimalisir pengeroposan tulang. Ya, vitamin D pun bisa membantu dalam meningkatkan serotonin.

Serotonin ini apa? Serotonin merupakan hormon yang berkaitan dengan suasana hati atau mood. Eh ya, asupan vitamin D yang cukup untuk tubuh juga bisa membantu mencegah kelelahan pada tubuh. Jika sudah begitu, lansia pun akan terhindar dari risiko depresi. 

Nah, itulah beberapa manfaat minum susu protein tinggi bagi lansia. Namun, jangan lupa, susu yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kondisi tubuh para lansia. Selain itu, jangan biarkan mereka mengonsumsi susu secara berlebihan.

Jika kamu sedang mencari susu yang sesuai untuk menjaga kesehatan orang tuamu, coba deh lirik susu Ensure. Ensure ini merupakan susu tinggi protein kasein, whey, dan soya yang bisa membantu menjaga otot dan tulang secara maksimal.
Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Form

Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Form

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, ada banyak pilihan untuk mengumpulkan survey pengguna terkait suatu topik atau produk. Ya, karena kamu bisa melakukannya secara online. Terlebih lagi, pembuatan formulir isiannya pun mudah, dan gratis. Dan juga bisa melalui berbagai perangkat, desktop (komputer/laptop), serta mobile (smartphone/tablet).

Nah, salah penyedia layanan untuk membuat formulir online yang menjadi favorit saya adalah Google Form. Mengapa Google Form? Sederhananya, hampir semua orang menggunakan produk dari Google. Mulai dari email, Google Drive, Google Documents, dan lain sebagainya.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Form

Kelebihan Google Form

1. Gratis

Keunggulan pertama yang membuat saya menyukai Google Form adalah, tidak dikenakan biaya saat penggunaannya. Dengan kata lain, gratis. Kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan survey tanpa dibatasi ambang maksimal. Tapi tetap, gunakan secara bijak ya gengs!

2. Mudah Digunakan dan Mobile Friendly

Selain gratis, Google Form pun sangat mudah untuk digunakan, aksesnya pun ringan. Jadi bersahabat dengan koneksi internet saya yang kadang tidak stabil. Ya, Google Form mudah sekali dalam pembuatannya sekalipun kamu baru pertama kali menggunakannya. 

Selain itu, Google Form pun sudah mobile friendly lho gengs. Seluruh fitur yang ada pada formulir Google ini dapat diakses melalui smartphone atau tablet. Sangat mendukung untuk mobilitas tanpa batas, bukan?

3. Banyak Pilihan Tema

Jika kamu perhatikan, Google Formulir ini memiliki banyak pilihan tema atau template lho. Dengan begini, kuisioner atau formulir survey kamu bisa terlihat lebih menarik, dan tak membosankan. Kamu bisa memilihnya di Galeri Template.

Mulai dari template informasi kontak, RSVP, formulir cuti, dan lain sebagainya ada di sana. Selain itu, tentu saja kamu juga bisa membuat formulir baru atau kosong sendiri, sesuai keinginan.

4. Bisa Terhubung dengan Spreadsheets

Google Form merupakan bagian dari Google Docs. Yang mana ada juga yang dinamakan Google Document (untuk membuat file berupa artikel dengan format file .docs). Kemudian Google Spreadsheet untuk data yang memerlukan tabel (format file .csv). 

Nah, hal tersebut tentunya menguntungkan kita sebagai pengguna, jika ingin hasil survey tersebut bisa disalin dalam data berbentuk tabel. Ya, ketika kamu membuat Google Form, kamu dapat menghubungkannya ke Spreadsheet. Bahkan, banyak formulir bisa ditempatkan pada satu file spreadsheet yang sama.

Dengan begini, data yang dikumpulkan bisa kamu olah lebih rapi, dan tersimpan di Google Drive langsung. Cara menghubungkannya pun sangat mudah. Nanti akan saya jelaskan lebih lengkap beserta tutorial pembuatan Google Form-nya ya!

5. Mudah untuk Dibagikan

Setelah selesai dibuat, kamu bisa dengan mudah membagikan formulir isian ini ke berbagai platform media sosial dalam bentuk link. Linknya pun bisa diperpendek langsung tanpa melalui pihak ketiga.

Cara Membuat Formulir melalui Google yang Terhubung ke Spreadsheet.

So, tanpa berlama-lama lagi, ini dia cara membuat Google Form yang bisa membantu kamu dalam mengumpulkan berbagai data yang diperlukan. Baik untuk kepentingan survey layanan, produk, jasa, pendaftaran kampanye tertentu, dan lain sebagainya.

1. Buka Situs Google Form

Pertama, kamu harus mengakses alamat untuk membuat Google Form-nya terlebih dahulu di https://docs.google.com/forms/. Ini bisa diakses melalui desktop maupun mobile. Hanya saja, pastikan centang mode dekstop pada browser mobile yang digunakan.

Kamu bisa memakai browser jenis apa pun. Namun, yang sering saya gunakan adalah Chrome dan Firefox. Pastikan sudah login dulu ke akun Googlenya.

Tampilan Awal Template Formulir Google Docs Buat Baru


2. Pilih Template yang Tersedia atau Buat Baru

Nah, setelah terbuka, maka akan tampil halaman template yang tersedia, dan di bawahnya ada deretan histori Google Formulir yang pernah dibuat sebelumnya. Kamu bisa memilih salah satu template sesuai kebutuhan dan melakukan editing sedikit untuk penyesuaian. Bisa juga  membuat baru dari awal, dengan memilih tanda "+"

3. Edit Formulir

Setelah memilih template atau memutuskan untuk membuatnya dari awal, maka langkah selanjutnya adalah melakukan editing. Tambahkan atau hapus sesuai kebutuhan kamu. Mulai dari judul formulir, deskripsinya, hingga model isian formulirnya.

Apakah ingin membuat kuisioner berupa pilihan atau jawaban essay. Kamu hanya perlu memindahkan kursor ke baris atau bagian yang akan diedit. Nantinya akan tersimpan otomatis selama koneksi internetmu terhubung.

Cara Edit Google Form Mudah

Kamu bisa menambahkan pertanyaan, impor pertanyaan, gambar, video, bahkan membagi formulir menjadi beberapa halaman untuk isian yang panjang.

4. Bagikan Google Form dengan URL Pendek

Jika sudah selesai dan fix dengan formulir yang dibuat, maka step selanjutnya adalah, bagikan formulirnya ke platform yang kamu inginkan. Caranya ketuk tombol kirim di bagian kanan atas layar, lalu pilih tab URL, dan centang pada pilihan perpendek URL. Salin URL nya dan bagikan deh.

Cara Perpendek URL Google Form

5. Cara Melihat Jumlah Responden atau Tanggapan


Untuk melihat jumlah orang yang memberikan tanggapan, kamu hanya perlu pilih tab jawaban yang bersebelahan dengan pertanyaan. Nah, akan tampilan jumlah responden, disertai data alamat email biasanya.

Untuk melihat apa saja yang mereka isikan, bisa di tab individual, atau pilih titik tiga, pilih download jawaban (.csv)

6. Hubungkan dengan Spreadsheet agar Data Lebih Rapi

Sementara itu, jika kamu ingin melihat datanya bisa diperbarui secara real-time. Cobalah pilihan membuat spreadsheet. Nantinya seluruh isian responden akan otomatis masuk ke spreadsheet setiap kali ada yang mengisi formulirnya.

Nah, itulah cara membuat google form yang mudah untuk dilakukan gengs. Cara ini mulanya aku pelajari dari Androbuntu : https://androbuntu.com. Androbuntu adalah adalah media online yang fokusnya membahas perkembangan gadget, aplikasi, game, android, ubuntu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kemudian diserta tips dan trik cara menggunakannya. Berdiri sejak tahun 2017, Androbuntu sudah dibaca lebih dari 20 juta kali lho gengs.
Cara Cek Denda Pajak Motor dengan Mudah

Cara Cek Denda Pajak Motor dengan Mudah

Cara Cek Denda Pajak Motor dengan Mudah

Tak dipungkiri ya gengs, jika kendaraan roda dua atau motor, saat ini semakin banyak digunakan. Selain karena hemat bahan bakar, menggunakan sepeda motor pun mempermudah mobilitas dalam keseharian. Terutama untuk yang tinggal di daerah macet, ataupun di area yang jalannya tidak terlalu besar.

Nah, selama menggunakan sepeda motor, tentunya ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari harus tahu fungsinya, kapan harus isi bahan bakar, ganti oli, dan lain sebagainya. Hingga kepemilikan surat-surat kendaraan seperti surat izin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan (STNK), dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB).

Kenapa Harus Bayar Pajak?

Yang mana, surat-surat tersebut harus diperbarui dalam jangka waktu tertentu. Misalnya SIM dan BPKB umumnya 5 tahun sekali. Kemudian saat membayar BPKB biasanya ganti plat nomor juga. Sementara STNK dibayar setiap satu tahun sekali.

Mungkin kamu sedikit bertanya-tanya, kenapa harus bayar pajak untuk kepemilikan kendaraan bermotor?

Jadi, dengan membayar pajak kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor itu berguna untuk peningkatan pendapatan aset daerah atau kabupaten/kota. Lalu, berfungsi untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Itu saja? Oh tidak dong, membayar pajak kendaraan tepat waktu juga berguna dalam pembangunan, dan, atau pemeliharaan jalan, hingga peningkatan moda serta sarana transportasi publik atau umum. Selain itu, pajak kendaraan juga akan meningkatkan ketenangan dan kepastian hukum untuk kamu atau kita semua selaku wajib pajaknya.

Ini dia untuk cek denda pajak motor zaman now

Cara Cek Besaran Denda Pajak Roda Dua

Walapun besaran pajak ditentukan dari tahun produksi kendaraan, model atau jenisnya, sehingga bisa disesuaikan dengan kantong kamu sebagai penggunanya. Namun, di waktu-waktu tertentu, misalnya saja di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini ... beberapa orang mungkin saja terlambat membayar pajak tahunan karena penghasilan yang tak stabil.

Misalnya saja seperti pemotongan gaji atau upah, hingga keterlambatan pembayaran yang terkadang tak bisa ditentukan kapan tepatnya. Hal inilah umumnya yang memicu keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Namun, kamu tak perlu khawatir ketika terpaksa dalam membayar denda keterlambatan, dan bisa cek denda pajak motor dengan cara sebagai berikut!

Besaran Denda yang Harus Dibayar

  • Denda pajak motor 1 hari hingga 1 bulan, maka dikenakan denda sebesar 25%
  • Untuk keterlambatan 2 bulan: PKB x 25% x 2/12 + denda SWDKLLJ
  • Denda pajak motor yang telat 6 bulan: PKB x 25% x 6/12 + denda SWDKLLJ
  • Denda pajak roda dua terlambat 1 tahun: PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ
  • Denda pajak motor hingga 2 tahun: 2 x PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ

Cara Cek Pajaknya

Seiring perkembangan teknologi, cara cek pajak motor begitu mudah dilakukan gengs. Salah satunya dengan akses secara online. Baik melalui website maupun aplikasi resmi Samsat Nasional yang bisa diunduh di Play Store atau App Store.

1. Melalui Website

Cara cek pajak kendaraan roda dua online wilayah :

DKI Jakarta http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.
Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
Jawa Timur https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/
Jawa Tengah https://bapenda.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
DI Yogyakarta https://cekpkbjogja.me/
Aceh https://esamsat.acehprov.go.id/
Riau https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
Kepulauan Riau http://dispenda.kepriprov.go.id/
Sulawesi Tengah https://pajak.intipinfo.com/sulawesi-tengah/

2. USSD *368#

Ketika melakukan dial USSD di ponsel kamu gengs, pastikan terlebih dulu jika nomor yang digunakan adalah nomor terdaftar di Samsat kotamu, lalu :
  • Pilih menu Ditlantas Polri dengan pilihan 1. Polda Metro Jaya dan Polda kota asal. Nah, jika kamu berada di wilayah ibu kota, maka pilih Polda Metro Jaya.
  • Kemudian apabila kamu sudah memiliki Polda pilihan, maka akan muncul pilihan Info kendaraan bermotor atau ranmor, pajak reminder, dan juga info simling
  • Kamu bisa memilih menu Pajak Ranmor
  • Masukkan nomor kendaraan tanpa disertai spasi ya gengs. Misalnya D3456AD. Nanti akan ada balasan dari dari Polda Jabar yang memberikan informasi besarnya pajak yang harus dibayar.

3. Melalui SMS

  • DKI Jakarta: SMS ke 1717 formatnya : Metro(spasi)nomor polisi kendaraan atau motor kamu
  • Jawa Barat: kirimkan pesan ke Dispenda Jabar (08112119211) dengan format: Info(spasi)nomor polisi kendaraan(spasi)warna plat kendaraannya
  • Jawa Tengah: Kirim SMS ke 9600, formatnya : JATENG(spasi)nomor polisi kendaraan
  • Jawa Timur: SMS ke 7070 menggunakan format: JATIM(spasi)nomor polisi kendaraan
  • DI Yogyakarta: SMS ke 9600 mengikuti format: DIY(spasi)nomor polisi kendaraan
Pengecekan pajak ataupun denda kendaraan bermotor melalui 3 cara ini dapat dilakukan dengan catatan. Pajak kendaraan bermotor tahunan berjalan atau maksimal memiliki tunggakan sampai 1 tahun saja.

Daftar Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun

Daftar Perkembangan Motorik Anak Usia 3 Tahun

Bagi setiap orang tua, terutama ibu, pertumbuhan anak menjadi salah satu perhatian khusus, bukan? Bukan hanya terkait perkembangan fisik seperti berat dan tinggi badan saja. Namun yang berhubungan dengan perkembangan motorik anak di usia dini, terutama 3 tahun pun, bunda harus mengawasinya dengan baik. 

Jika diamati, anak berusia 3 tahun umumnya sudah mulai pandai berbicara, berjalan, dan menirukan hal-hal yang dilakukan oleh kita, selaku orang dewasa. Oleh karena itu, di masa emas seperti ini, bunda harus menanamkan hal-hal baik untuk ditiru sang buah hati.

Pengertian Motorik Kasar dan Halus


Sebelum memberitahukan daftar atau ciri perkembangan motorik anak usia 3 tahun. Mari terlebih dahulu mengetahui perbedaan atau penertian motorik halus dan motorik kasar ya bund.

Ini Merupakan sederet perkembangan motorik anak usia 3 tahun yang ideal

Motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang mana mengandalkan gerakan otot-otot besar, sebagian anggota tubuh, bahkan bisa saja seluruh anggota tubuh. Kemampuan motorik kasar ini dipengaruhi oleh kematangan dari masing-masing anak. 

Berbeda dengan motorik halus. Kemampuan atau perkembangan yang satu ini berhubungan dengan kemampuan anak dalam mengamati, dan melakukan gerakan melibatkan bagian tubuh tertentu. Yang mana dibantu oleh otot-otot kecil.

Ciri Perkembangan Motorik Anak yang Ideal

Nah, perkembangan kedua jenis motorik anak ini berbeda pada setiap tahapan usianya, bunda. Mengapa begitu? Karena motorik kasar dan halus tak hanya memengaruhi gerak anak dari segi fisik, melainkan dari cara berpikir, kemudian beraktivitas, hingga proses anak mencerna makanan.

Bunda akan mendapatkan banyak manfaat jika mengetahui ciri-ciri perkembangan motorik anak usia 3 tahun yang ideal. Sebab, dengan begini, bunda akan lebih mudah dalam mempersiapkan dan mendukung kemampuan si buah hati. Di bawah ini adalah berbagai perkembangan yang terjadi pada anak usia 3 tahun:

Dari Segi Kemampuan Berkomunikasi dan Bahasa

Anak usia 3 tahun sudah bisa mengkuti 2 hingga 3 perintah, misalnya saja seperti ajakan memakai sandal, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Selain itu, anak juga mulai bisa berbincang menggunakan 2 sampai 3 kalimat sekaligus. Kemudian dapat mengenali nama orang-orang di dekatnya, termasuk menyebutkan namanya sendiri, dan usianya. Hingga kosa katanya yang semakin beragam.

Sisi Keterampilan Fisik dan Motorik

Jika bunda perhatikan, keterampilan fisik dan perkembangan motorik anak usia 3 tahun umumnya menunjukkan kemampuan seperti : bisa berjalan dengan baik, mampu menaiki tangga maupun jalan yang menanjak. Kemudian bisa berdiri dan melompat dengan satu kaki. Lalu menangkap bola besar menggunakan kedua tangannya, hingga mengendarai sepeda. 

Sementara itu, untuk motorik halusnya, si kecil umumnya bisa belajar memegang pensil atau spidol dengan baik. Yang mana ini menunjukkan bahwa kemampuan otot halus pada tangan dan jemarinya menunjukkan perkembangan yang baik karena bisa mengendalikan jari tangannya untuk menggenggam benda.

Selain itu, yang termasuk ke dalam perkembangan motorik halus anak usia tiga tahun adalah menggunakan satu tangan saat beraktivitas atau bermain mengenggam sesuatu, hingga mampu menyusun balok mainan sampai enam tingkat.

Cara Mendukung Kemampuan Fisik dan Motorik Anak

Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendukung perkembangan buah hati dalam setiap aktivitas ataupun kegiatan bermainnya. Misalnya saja seperti memberikan banyak waktu untuk bermain di luar rumah. Biarkan anak mencoba berlarian, melompat, bermain kejar-kejaran, dan lain sebagainya. Hal ini bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan motorik anak usia 3 tahun.

Setelahnya, minta anak untuk menceritakan pengalamannya. Entah itu apa saja yang dilihatnya saat berjalan-jalan, ataupun apa yang dirasakannya. Jangan lupa juga untuk membentuk rutinitas tidur yang baik dan memberikan anak banyak waktu untuk bermain di masa emasnya.

Bunda juga bisa mendukung kemampuan fisik dan motoriknya melalui kegiatan mewarnai, menggambar, hingga membuat karya seni dengan krayon, pita, spidol, kertas, gunting, dan sebagainya. Bunda juga harus berbicara dan mendengarkan anak terkait aktivitasnya bersama teman.

Dalam kegiatan bermain, cobalah menyelipkan edukasi untuk mendukung perkembangan anak usia 3 tahun dari berbagai keterampilannya. Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi si kecil saat bermain. Jangan pernah meninggalkan anak usia 3 tahun bermain sendiri tanpa pengawasan orang dewasa. Support juga perkembangannya dengan makanan yang sesuai ya bunda.

Jangan salah pilih, inilah Varian Warna Jam Tangan Wanita yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Jangan salah pilih, inilah Varian Warna Jam Tangan Wanita yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Jam tangan wanita tersedia di pasaran dalam berbagai pilihan warna, mulai warna terang hingga warna gelap seperti warna hitam. Namun dalam menggunakan jam tangan, Anda perlu memperhatikan pilihan warna yang cocok dengan warna kulit agar tampil lebih stylish. 
 

Varian Jam Tangan Wanita untuk Kulit Sawo Matang

 
Berikut ini adalah varian warna jam tangan wanita untuk kulit sawo matang.

1. Warna Coklat


Jam tangan berbahan kulit memiliki tampilan yang elegan saat digunakan oleh Anda yang memiliki warna kulit sawo matang. Untuk model jam yang digunakan, Anda bisa memilih model yang berbentuk bulat dan analog klasik. Dengan warna coklat yang dimiliki oleh jam tangan ini, Anda bisa terlihat lebih feminim.

2. Warna Abu-Abu Muda


Bagi Anda pecinta gaya klasik yang memiliki kulit sawo matang, jam tangan berwarna abu-abu dan menjadi pilihan terbaik. Jam tangan berwarna abu-abu cocok dipadukan dengan semua jenis busana serta mampu membuat pemakainya terlihat glamour. Warna abu-abu yang bisa Anda gunakan adalah abu-abu muda.

Jangan salah pilih, inilah Varian Warna Jam Tangan Wanita yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

3. Warna Merah Marun


Warna merah marun dapat menjadi warna jam tangan wanita yang memberi kesan seksi dan menawan saat digunakan. Anda bisa menggunakan jam tangan dengan model analog yang memiliki bentuk tidak terlalu besar.

Selain itu, akan lebih menawan jika jam analog berukuran mini tersebut dihiasi dengan aksen warna emas pada bagian kepalanya.

4. Warna Biru


Jangan ragu untuk memadukan warna kulit sawo matang dengan jam tangan berwarna terang. Warna biru dapat menjadi pilihan warna terang yang cocok untuk digunakan. Warna biru dapat membuat Anda terlihat lebih menawan.

Untuk mendapat tampilan yang menawan ini, Anda bisa menggunakan jam tangan berwarna biru muda atau biru dongker (navy). Anda bisa menggunakan jam tangan dengan model digital, khususnya bagi Anda yang menyukai tampilan sporty. Warna biru tidak akan membuat penampilan terlihat norak.

5. Warna Ungu Gelap


Warna ungu gelap dapat memberikan tampilan yang lebih anggun pada Anda yang berkulit sawo matang. Untuk jam dengan warna ungu tua, Anda bisa menyesuaikan dengan gaya pakaian yang senada.

6. Warna Kuning Mustard


Jika Anda menghindari penggunaan warna terang seperti kuning lime, Anda bisa menggunakan jam tangan berwarna kuning mustard. Warna kuning ini tidak terlihat terang namun tidak terlalu gelap.

Warna kuning mustard sangat cocok digunakan untuk membuat penampilan yang terlihat fresh. Anda bisa menggunakan jam tangan ini dengan style fashion yang casual. Gunakan jam tangan berwarna kuning mustard dengan ukuran yang sesuai dengan pergelangan tangan Anda.

7. Warna Hitam


Warna hitam menjadi warna jam tangan yang netral, sehingga mampu membuat Anda terlihat lebih anggun dan elegan. untuk jam berwarna hitam, Anda bisa memilih model jam digital maupun analog yang memiliki aksen emas atau silver.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan ukuran jam dengan ukuran pergelangan tangan Anda, agar tampilan terlihat lebih maksimal.

8. Warna Putih


Warna putih menjadi warna netral yang cocok digunakan oleh kulit sawo matang. Warna netral yang cerah ini dapat menyempurnakan tampilan Anda yang casual.

Itulah beberapa varian warna jam tangan wanita yang cocok digunakan untuk warna kulit sawo matang. Semoga dengan informasi ini Anda dapat terbantu dalam memilih warna jam yang cocok dengan jenis warna kulit Anda.
Nyaman Datang Bulan dengan Pilihan Charm Extra Comfort

Nyaman Datang Bulan dengan Pilihan Charm Extra Comfort

Datang bulan, apalagi hari pertama itu paling sesuatu. Setuju enggak girls? Soalnya suka paling banyak-banyaknya gitu keluar cairannya. Nah, kalau lagi beraktivitas, apalagi banyak gerak itu kadang jadi was-was ya. Takut tembus. 

Nah, dari rasa was-was itu, aku jadi lebih selektif dalam memilih pembalut. Nyari yang daya serapnya tinggi, ukurannya panjang, tapi enggak ganjel. Iya, jujur aja walaupun sekarang banyak produk untuk menstruasi. Aku tetep enggak mau move dari pembalut. Terlanjur nyaman gengs.

Nyaman Datang Bulan dengan Pilihan Charm Extra Comfort

Lagi pula sekarang udah tahu bahan yang aman dan enggak aman pada pembalut. Jadi ya aku makin nyaman pakenya. Kayak pembalut favorit aku, charm extra comfort. Kenapa aku suka pakai produk pembalutnya charm yang satu ini? Nih, aku bisikkin keunggulannya dan ada berapa pilihan ukuran di bawah ini!

Keunggulan Charm Extra Comfort

1. Pori Serap Extra

Adanya pori serap extra membuat charm extra comfort lebih cepat dalam serap cairan, dan tentunya lebih sempurna, sehingga enggak akan bocor meski mentruasi kita sedang banyak-banyaknya.

2. Ukurannya Lebih Panjang

Sering was-was bocor belakang atau malah emang udah sering kejadian bocornya di siang hari? Tenang, kamu enggak perlu khawatir lagi! Karena charm extra comfort udah ada yang panjangnya 26cm. Nah, pas banget kan untuk bebas beraktivitas, terus menyerap lebih banyak dan tentunya lebih aman.

3. Tidak Mengganjal

Ini nih yang aku suka dari pembalutnya Charm. Iya, selalu nyaman dipakai, enggak ganjel karena ketebalannya pas. 

4. Melekat dengan Erat

Sebel banget ya kan kalau insiden pembalut geser tuh. Suka bikin bocor ke samping. Nah, charm extra comfort enggak akan bikin kita mengalami hal ini. Kok bisa? Karena melekat lebih erat, jadi bisa mencegah pembalut bergeser, sehingga tidak ada lagi yang namanya bocor samping.

5. Double Block Line

Eits selain yang ukurannya 26cm, ada juga yang 23 cm, walaupun begitu, kamu enggak perlu khawatir bocor belakang di siang hari. Kok bisa? Iya, dengan panjang 23cm, charm extra comfort punya double block line yang pas untuk aktivitas, menyerap lebih banyak dan lebih aman tentunya.

Pilihan Cham Extra Comfort untuk Bikin Datang Bulan Makin Nyaman

Charm extra comfort ini memiliki 4 pilihan produk nih gengs. Penasaran? Yuk aku bisikkin di bawah ini :

1. Charm Extra Comfort Non Wing 23 CM
2. Charm Extra Comfort Wing 23 CM
3. Charm Extra Comfort Non Wing 26 CM
4. Charm Extra Comfort Wing 26 CM

Keempat produk ini memiliki kelebihan yang sama gengs. Selain itu, bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan charm extra comfort juga aman. Enggak mengandung bahan kimia berupa gas klorin, parfum, dan zat pewarna. Dan tentunya punya izin depkes gengs. 
LG New Hercules AC Hemat Listrik tapi Cepat Dingin

LG New Hercules AC Hemat Listrik tapi Cepat Dingin

Selain sering membayangkan konsep rumah idaman di masa depan bersama abang yang entah masih di mana. Saya juga biasanya suka kepo terhadap barang-barang elektronik rumah tangga. Nah, belum lama ini saya senang mencari tahu tentang AC hemat listrik tapi yang cepat dingin.

Ya, walaupun hingga saat ini saya tinggal di daerah yang udaranya lebih cenderung dingin, tapi kan esok atau lusa bisa saja saya pindah ke salah satu kota dengan cuaca panas di Indonesia. Sebut saja Bekasi, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, Medan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

LG New Hercules adalah AC hemat listrik tapi cepat dingin

Jadi, lebih baik saya sedia payung sebelum hujan saja, eh sedia AC sebelum kepanasan maksudnya. Soalnya saya tergolong orang yang mudah sekali berkeringat. Kalau kegerahan bisa langsung bad mood dan tidak fokus.

Ciri-ciri AC Idaman Saya

Tenang, AC idaman saya standar saja kok. Inginnya yang ramah lingkungan, hemat energi, dan cepat dingin. Kemudian mudah dibersihkan serta memiliki desain yang menarik. Nah, setelah berseluncur di dunia maya, saya menemukan beberapa artikel dan press release tentang AC terbaru LG New Hercules.

Berdasarkan informasi yang saya baca, air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan terbaru dari PT. LG Electronics Indonesia (LG) di tahun 2021. AC LG New Hercules termasuk kategori pendingin udara standar, namun memiliki banyak kelebihan. Dari mulai hemat listrik, desain menarik, dan lebih cepat dingin dengan Turbo Cooling.

Fix, idaman saya banget. Bisa jadi solusi terbaik untuk pendingin udara di rumah hunian. AC berkapasitas besar tapi konsumsi listriknya minimalis.

Lebih Lanjut Mengenai Keunggulan yang Dimiliki AC Standar LG New Hercules

Untuk lebih jelasnya kenapa bisa hemat energi, dan cepat dingin, berikut ini detail yang saya baca :

1. Hemat Daya, dan Lebih Cepat Dingin

Saat pertama kali dirilis ke publik, AC LG New Hercules ini, hanya memiliki satu tipe atau varian saja, yaitu 1⁄2 PK. AC standar hemat daya ini hanya membutuhkan listrik sebesar 370 watt saja.

Eits jangan salah, walau hanya memiliki satu varian saja, AC standar terbaru LG New Hercules ini memiliki kapasitas pendinginan sebanyak 5.000 british thermal unit (BTU). Nah, istimewa sekali, bukan? Biarpun varian ½ PK, tapi memiliki kapasitas pendinginan yang besar.

Keunggulan AC Standar Terbaru LG New Hercules untuk Mendinginkan Rumahmu

Menurut Product Marketing Manager Air Solutions LG Electronics Indonesia, Satrio Mulyo : "Kapasitas pendinginan yang dimiliki LG New Hercules ini merupakan kapasitas tertinggi di kelasnya. Hingga mampu membuat AC LG menjadi jawara atau unggul di kelasnya.

Kelebihan atau keunggulan ini penting banget kan gengs. Soalnya berhubungan langsung sama kemampuan AC dalam mengcover luas ruangan dengan udara yang sejuk. 

Eh ya, umumnya informasi mengenai kapasitas pendinginan dalam satuan BTU ini sering terlewatkan dan membuat pengguna jadi kurang puas. Nah, kalau penyejuk ruanganmu terasa kurang dingin meskipun tipenya sama ½ PK, faktor inilah penyebabnya.

2. Adanya Fitur Turbo Cooling dan Auto Swing

Jujur saja saya suka gemas dengan pendingin udara yang dinginnya lama setelah dimatikan. Apalagi kalau misalnya saya baru beraktivitas di luar rumah dan merasa gerah. 

Oleh karenanya, saya senang sekali begitu mengetahui bahwa LG memperhatikan kenyamanan penggunanya. Seperti AC LG New Hercules yang dibekali dengan fitur Turbo Cooling. Fitur ini akan mempercepat pendinginan ruangan hanya dengan menekan satu tombol di remotenya.

Selain itu, AC standar terbaru dari LG ini pun dilengkapi fitur auto swing. Fitur apakah itu? Adanya Auto swing ini kita jadi tak perlu khawatir soal kesejukannya. Ademnya rata, mengalir ke seluruh ruangan, tempat AC ini terpasang.

LG New Hercules Ramah Lingkungan dan Ada Fitur Turbo Cooling

3. Termasuk AC yang Ramah Lingkungan dan Aman

Rancangan LG New Hercules juga dilengkapi kompresor R32 dan freon R32. For your information, tipe kompresor dan freon ini lebih aman dari risiko terbakar lho. Selain itu, freon R32 dikenal sebagai freon paling ramah lingkungan yang ada saat ini.

Kemudian, pada bagian evaporatornya pun dilapisi pelindung korosi.

4. Memiliki Desain Modern

Sementara dari sisi desain, AC LG New Hercules terlihat lebih modern. Mulai dari adanya panel LED pada body AC, yang bisa menampilkan informasi derajat suhu. Nah, AC standar tapi seperti AC Premium kan gengs. Remote control-nya pun dirancang lebih ramping oleh LG. 

Semua keunggulan LG New Hercules ini tentunya dibuat agar konsumen dapat menikmati perangkat penyejuk ruangan terbaru dari LG yang hemat dan bertenaga. Hingga bisa menjadi opsi terbaik di kelasnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Mr. Han Changmin sebagai Product Director Air Solution PT. LG Electronics Indonesia.

Cara Mengetahui Ketersediaan dan Lokasi Pembelian AC LG New Hercules

Untuk kamu yang tertarik atau jatuh hati pada AC ini, seperti halnya saya. Kamu bisa telusuri lebih lanjut tentang produknya di situs resmi PT. LG Electronic Indonesia. Mulai dari spesifikasi lengkap mengenai LG New Hercules. Kemudian harga, dan cek ketersediaan di lokasi pembelian, semua ada di situsnya.

Tapi nih, kalau misalnya kamu perlu rekomendasi lain tentang produk AC dari LG yang sesuai dengan keinginan. Coba deh kunjungi situs resmi dari Pricebook.  Di sana banyak ulasan mengenai harga AC LG terbaik, produk AC LG terbaru, dan pendingin ruangan LG lainnya.
Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan

Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan di masa sekarang ini sangatlah penting untuk dilakukan. Terlepas apakah kamu sudah memiliki keluarga ataupun masih berstatus single. Mengapa begitu? Sebab, perencanaan keuangan yang dilakukan saat ini akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan kamu serta keuangan di masa depan lho.

Nah, berikut ini adalah alasan lainnya mengapa kamu perlu merencanakan keuangan atau melakukan financial planning sedini mungkin!

3 Alasan Mengapa Harus Merencanakan Keuangan

1. Memiliki Gambaran Keuangan yang Lebih Jelas

Jika kamu mulai melakukan perencanaan keuangan, maka kamu akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan kamu yang sebenarnya. Jadi, kamu bisa menyesuaikan lifestyle yang sesuai dengan finansial yang dimiliki saat ini.

Kamu pun akan lebih mudah dalam mengetahui berapa banyak pengeluaran atau dana yang sudah digunakan, dan berapa yang masih utuh. Hal ini akan membantu untuk mengukur batas kemampuan finansial kamu.

Berikut ini adalah Pentingnya Melakukan Perencanaan Keuangan

2. Belajar Berhemat dan Mengalokasikan Dana

Nah, ketika kamu bisa mengetahui secara jelas tentang batas kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kamu akan lebih mudah untuk mengatur keuangan atau mengalokasikan dana. Mulai dari dana untuk makan, membayar sewa rumah, entertaintment , hingga membeli kendaraan bermotor. 

Selain itu, kamu pun bisa mengetahui atau mengontrol jika mulai ada pengeluaran yang lebih besar di luar dari kebutuhan yang sudah tercatat. Secara tidak langsung, belajar mengalokasikan dana akan membantu kamu untuk mulai berhemat.

3. Termotivasi untuk Mencapai Target atau Tujuan

Dalam hidup, sebagai seorang manusia, kamu tentu memiliki banyak keinginan dan tujuan yang hendak dicapai, bukan? Dan tentu saja, untuk mencapai target tersebut, kamu tak hanya membutuhkan waktu yang cukup saja, namun juga dorongan secara materi. 

Nah, melakukan perencanaan keuangan tentu akan membuat kamu lebih termotivasi dalam mencapai target atau tujuan yang diinginkan.

Lalu, apa sajakah yang harus ada dalam perencanaan keuangan? Yuk disimak di bawah ini!

3 Hal Penting yang Harus Masuk dalam Perencanaan Keuangan

1. Asuransi

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup, benar bukan? Walaupun begitu, kamu bisa lho melindungi diri dan aset yang dimiliki dengan bantuan asuransi. Selain melindungi, asuransi pun bisa memberikan banyak manfaat dalam perencanaan keuanganmu.

Mengapa begitu? Sebab suransi memiliki peran yang penting, apalagi di era perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dengan memiliki asuransi, maka kamu akan mendapatkan perlindungan pada setiap objek yang diasuransikan jika terjadi risiko yang tak diinginkan di masa mendatang. 

Perlu diingat, proteksi asuransi yang dibutuhkan bukan hanya untuk kamu saja. Melainkan set lainnya seperti kendaraan, rumah, bisnis pun harus diberikan perlindungan asuransi. Fungsinya tentu saja untuk meminimalisir jika kamu terkena musibah.  

Saat ini ada berbagai jenis produk asuransi yang bisa dipilih berdasarkan keperluan dan keinginan kamu. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, kecelakaan diri, kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, hingga asuransi harta benda.

2. Dana Darurat

Kamu mungkin sudah menyisihkan uang untuk menabung ataupun deposito. Namun pertanyaannya adalah, apakah kamu sudah menyiapkan dana darurat? Dana darurat ini berbeda lho dengan tabungan. 

Karena sesuai dengan namanya, dana darurat adalah dana khusus yang memang sengaja dipersiapkan dan digunakan untuk keadaan-keadaan darurat. Misalnya saja seperti keperluan biaya rumah sakit yang tak terkover asuransi. 

Bisa juga membantu kamu stabil meskipun kehilangan pekerjaan karena pandemi, dan tentu saja keadaan tak terduga lainnya. Selain terpisah dari tabungan, dana darurat harus disiapkan sebesar minimal tiga kali lipat dari gajimu perbulan sebagai dana cadangan (cash reserve) dan juga pengeluaran tak terduga (unexpected expenses). 

Walaupun harus dipisahkan dari tabungan. Namun idealnya dana darurat ini disimpan dalam bentuk tabungan terpisah, deposito, ataupun reksa dana pasar uang. Kamu hanya perlu memilih produk keuangan yang aman, lalu aksesnya mudah, dan bisa cepat dicairkan.

3. Investasi

Setelah asuransi dan dana darurat masuk ke dalam daftar perencanaan keuangan milikmu, maka yang berikutnya perlu dipertimbangkan atau masuk sebagai bagian perencanaan keuangan generasi masa kini adalah investasi. 

Jangan khawatir, saat ini ada banyak sekali pilihan investasi yang dapat membantu kamu dalam membangun perencanaan keuangan. Jika dibandingkan dengan tabungan konvesional, investasi dinilai cukup menguntungkan dan bisa memberikan manfaat jangka panjang. 

Bagaimana? Apakah kamu sudah melakukan perencanaan keuangan saat ini? Jika belum, maka jangan ditunda lagi ya gengs!
Cara Menambah Jam Tayang YouTube dengan Cepat

Cara Menambah Jam Tayang YouTube dengan Cepat

Sejak beberapa tahun terakhir berbagai platform media sosial sangatlah lekat dengan sebagian besar kehidupan masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, aplikasi media sosial yang ada saat ini tak hanya berperan sebagai alat penghubung memiliki teman dari berbagai penjuru dunia saja. Belakangan social media pun beralih menjadi tempat mendapatkan penghasilan bagi sebagian orang.

Ini adalah cara menambah jam tayang youtube dengan cepat yang bisa dicoba

Ya, pada saat ini, banyak sekali profesi baru yang bermunculan di dunia digital, salah satunya youtuber. Profesi digital yang satu ini sangat menggiurkan karena bisa dicoba oleh seluruh pengguna platform YouTube. Namun, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan penghasilan dari platform video ini.

Sebelum bisa menghasilkan uang dari iklan, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan channel YouTube yang dikelola pada Google Adsense. Nah, sebelum mendaftar, kemudian nantinya mendapat approval menayangkan iklan pada setiap video yang terunggah. Kamu harus terlebih dahulu memenuhi syarat seperti minimal 1000 subsribers dan juga 4000 jam tayang.

5 Cara Menambah Jam Tayang YouTube

 
Ada beberapa cara untuk memperoleh jam tayang YouTube agar channel kamu bisa cepat mendapat approval dari tim Google. 8 cara ini ada yang gratis dan juga berbayar, yuk disimak!
 

1.  Pastikan Niche Channel YouTube Sudah Spesifik

Membuat video yang tak bertema, atau vlog sehari-hari memang menyenangkan ya gengs. Tapi coba deh dievaluasi kembali, lihat tayangan mana yang paling banyak viewersnya di channel kamu. 
 
Misalnya saja untuk tayangan tutorial review gadget atau hal-hal yang berkaitan dengan beauty lebih besar, perbanyaklah membuat konten dengan niche atau tema tersebut agar kamu dapat mempertahankan maupun menambah jam tayang secara alami. Buat juga konten yang banyak dicari atau dibutuhkan orang lain.

Contoh, tutorial membersihkan beauty blender.

2. Gunakan Judul yang Ramah Algoritma YouTube

Sadarkah kamu jika kita mencari judul tertentu di mesin pencari Google, maka halaman yang muncul di page one urutan kedua merupakan deretan video YouTube yang memiliki kata kunci yang kamu ketikkan. 

Ya, sama seperti halnya blog, pada saat kamu membuat judul, buatlah yang menarik dan juga berikan kata kunci yang sering dicari. Ada beberapa tools untuk membantu kamu mendapatkan kata kunci terbaik lho dan bisa dicoba.

3. Perhatikan Durasi Video

Ketika kamu ingin mendapatkan jam tayang yang sesuai harapan, maka perhatikan durasi dari setiap video yang diunggah ke dalam channel tersebut. Pastikan tidak terlalu pendek maupun panjang. Jadi, informasi yang ingin kamu sampaikan pada netizen sampai dengan jelas dan tidak membuat mereka jenuh.

4. Lakukan Live Streaming pada Jam Tertentu.

Saat ini, fitur yang ada di platform penayang video ini sudah bertambah. Salah satunya dengan kehadiran fitur live streaming. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menggaet viewers lho. Namun pastikan kamu memperhatikan jam memulai livenya ya.

5. Menggunakan Jasa Penambah Jam Tayang

Jika kamu merasa masih kurang puas dengan jumlah tayangan yang ada, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan jasa penambah jam tayang YouTube. Ya, belakangan tak hanya jumlah subsribers saja yang bisa ditambah, viewers pun bisa. 

Salah satu penyedia jasa untuk menambah tayangan pada video YouTube kamu adalah JasaView. Di blogpost kali ini mau kuulas sedikit yang gengs. Siapa tahu bermanfaat untuk kamu!

Mengenal Jasa View untuk Menambah Jam Tayang YouTube dan Situsmu!

JasaView atau jasaview.com adalah salah satu situs yang siap membantu pebisnis, blogger serta  youtuber untuk meningkatkan kunjungan di blog atau YouTube mereka dengan harga yang ramah di kantong alias terjangkau gengs.

Dengan menggunakan layanan menambah tayangan ini, kamu sebagai konten kreator YouTube tentu akan lebih mudah dalam mencapai 4000 jam tayang dan 1000 subcribers.

Kelebihan JasaView

Ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki jasaview.com gengs, bisa dilihat pada gambar ya!

Kelebihan Tambah Jam Tayang YouTube di JasaView

Selain itu, jasaview.com pun bisa membantu kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Lho kok bisa? Bisa dong, karena selain menu advertiser, ada juga menu untuk mendaftar menjadi viewers.  Hanya dengan melihat iklan yang dipasang oleh Advertiser, pundi-pundi rupiah bisa mengalir ke rekening kamu. 

Sebagai viewer, kamu bisa memilih sendiri iklan mana yang mau dilihat. Eh ya, setiap iklan memiliki rate harga yang berbeda beda lho.

Cara Tambah Jam Tayang di YouTube Melalui JasaView

Nah, untuk kamu yang sangat berniat menambah jam tayang youtube menggunakan JasaView, caranya mudah kok gengs. Pertama-tama, mendaftar terlebih dahulu menggunakan email. Nah setelah terdaftar sebagai advertiser, langkah selanjutnya adalah melakukan transfer deposit sesuai jumlah minimum yang dipersyaratkan, yaitu sebesar 100 ribu rupiah.

Setelah itu, pasang iklan atau letakkan url channel YouTube yang kamu ingin tambah viewers atau tayangannya. Lalu, tunggu deh hasilnya sampai menyentuh angka minimal 4000 tayangan itu. Oh ya, selain untuk YouTube, JasaView pun bisa kamu gunakan untuk menambah views blog atau situs lho. Hal ini tentunya akan menambah keuntungan untuk SEO situs kamu.

Itulah ulasan singkat mengenai cara menambah jam tayang YouTube dengan cepat, baik secara alami maupun berbayar. Semoga bermanfaat ya gengs!


 Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI

Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI

Halo bunda, apa kabar? Siapa di sini yang saat ini memiliki bayi yang mulai masuk dalam tahapan Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI. Ketika bayi akan mulai memasuki tahapan MPASI, terkadang masih bingung bagaimana harus mempersiapkannya. Ibu terkadang bingung soal kapan saja waktu bayi harus makan, Menu MPASI 6 bulan yang baik seperti apa, hingga takaran makan si kecil dan lainnya.

Ibu perlu membuat jadwal makan agar si Kecil mudah beradaptasi dengan perubahan jenis makanannya. Jadi baik Ibu maupun bayi Ibu tidak kaget dengan rutinitas baru ini. Jadwal makan teratur juga bisa membuat Ibu lebih mudah memprediksi kapan si Bayi lapar dan saat ia sudah kenyang. Kapan harus makan dan kapan diperbolehkan untuk menyusui. 

Berikut Ini adalah Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI


Ketika sudah mulai MPASI bukan berarti Ibu tidak boleh memberi ASI lagi. Ibu tetap bisa cara menyusui bayi yang benar dengan membuat jadwal makan dan menyusui yang tepat. Jadwal makan teratur membuat sistem pencernaannya lancar.

Di website Kementrian Kesehatan RI, telah diatur jadwal makan bayi 6 bulan. Ibu tinggal menerapkannya saja sesuai panduan. Berikut panduan jam dan jumlahnya untuk makanan si Kecil:
 
Pukul 06.00 merupakan jadwal minum ASI. Si Kecil bisa minum ASI sampai cukup. Lanjutkan pukul 09.00 sebagai jadwal MPASI. Makanan yang bisa bunda berikan adalah puree buah atau jus dengan takaran 2-3 sendok makan. Nah bunda dapat meningkatkan secara perlahan takaran makanan hingga 125 ml MPASI setiap makan.

Nah, di jam 12.00 kembali menjadi jadwal ASI. Bayi bunda bisa minum ASI sampai ia merasa cukup. Barulah pukul 15.00 menjadi jadwal MPASI kedua. Menu yang bisa diberikan puree buah atau jus. Takarannya 2-3 sendok makan dan Ibu bisa meningkatkan secara perlahan hingga 125 ml MPASI setiap makan.

Lanjutkan pada pukul 18.00 dengan jadwal ASI sampai si kecil merasa cukup atau kenyang. Disusul pukul 21.00 jadwal ASI lagi sampai si kecil merasa cukup.
 
Pemberian makanan si Kecil haruslah yang mudah dicerna. Usahakan juga untuk mengenalkan berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, zat besi, dan beragam vitamin lainnya. Jika si Kecil sudah dibiasakan makan sesuai jadwal, Ibu juga dengan mudah dapat membentuk pola makan sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal. 

Selain memperhatikan kandungan nutrisi si kecil, Ibu juga harus memperhatikan kenyamanan si kecil saat beraktivitas sehari-hari. Untuk membuatnya nyaman gunakanlah popok Merries yang memiliki daya serap baik.