Cara Masak Tahu Telur Bumbu Rujak Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

Cara Masak Tahu Telur Bumbu Rujak Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

Challenge kreasi merah putih dari Tiga Sapi

Sejak beberapa tahun lalu saya suka iseng ikutan kuis atau challenge. Soalnya kalau menang alhamdulillah, kalau belum beruntung biasanya dapat hikmahnya. Hikmahnya saya belajar hal baru. Nah, beberapa hari lalu, pas saya skroll Instagram eh nemu Challenge Kreasi Merah Putih dari Tiga Sapi. Kebetulan banget nih sejak ditinggal mama pulang ke pemilik-Nya, saya jadi belajar memasak tipis-tipis. Padahal biasanya pemuja mi instant. Jadi pas nemu tantangan ini, kayak oke saya harus coba.

Masak Tahu Telur Bumbu Rujak Makin Nikmat Pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi 

Saya dan Bapak punya selera lauk yang bisa dibilang berbanding sekitar 180 derajat. Saya lebih suka makanan yang cenderung berbumbu soft, kalau sayur bening-bening. Pokoknya yang bumbu rempahnya simpel banget gitu gengs. Sementara Bapak suka makanan yang bumbunya kental gitu. Galau dong? Iya galau banget, apalagi kalau ditanya mau makan apa, Bapak jawabnya terserah.

Makanan berbumbu kental identik dengan penggunaan santan untuk menambah cita rasa. Sayangnya terkadang makanan bersantan bikin Bapak diare. Di sini saya galau berat. Akhirnya saya berusaha cari bahan lain yang bisa mengganti santan. Pilihan saya jatuh ke Tiga Sapi Susu Evaporasi.


Tiga Sapi Susu Evaporasi pengganti santan

Bahan-bahan untuk Membuat Tahu Telur Bumbu Rujak

Ya, untuk Challenge Kreasi Merah Putih ini sekaligus bikin lauk untuk Bapak, saya memutuskan untuk mengeksekusi resep tahu telur bumbu rujak. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bumbu dan Bahan yang Tidak Dihaluskan

  • Tahu kuning ukuran kecil (5)
  • Telur ayam yang sudah direbus (5 butir)
  • Gula merah ukuran kecil (2)
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/4 kaldu bubuk
  • Cabe rawit (3)
  • Setengah jari lengkuas digeprek
  • 1 batang serai digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • Sedikit minyak untuk menumis bumbu
  • Air 400 ml
  • Tiga Sapi Susu Evaporasi 100 ml

Bahan-bahan untuk resep kreasi merah putih

Bumbu yang Dihaluskan

  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah tanpa biji 3 buah
  • 1 bulatan kemiri
  • 1 jari kunyit (saya pilih kunyit bubuk soalnya malas kuning-kuning ke tangan)
  • 1 cabe rawit (ini boleh ditambah sesuai selera, karena Bapak enggak suka makanan pedas, jadi saya cuma pakai 1 aja)

cara memasak tahu telur bumbu rujak pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi


Cara Membuat Tahu Telur Bumbu Rujak

1. Haluskan bumbu, boleh diulek atau diblender. Saya sih lebih suka ngulek aja kalau cuma sedikit.
2. Panaskan wajan, beri sedikit minyak.
3. Saat minyak sudah panas, masukan bumbu halus, daun salam, lengkuas, batang serai. Tumis sampai harum dan agak kecokelatan. Saya manut sama mama, kalau masak bumbunya harus ditumis sampai harum biar enggak mudah basi makanannya.
4. Masukan air, tunggu hingga mendidih. Kenapa harus mendidih? Sejauh pengalamanku belajar masak dari mama, kalau bahan makanan direbus setelah airnya mendidih itu bikin makanan lebih tahan lama.

Proses memasak tahu telur bumbu rujak

5. Jika sudah mendidih, tambahkan garam, merica, kaldu, gula merah, gula putih, dan cabai utuh. Lalu koreksi rasa. Soalnya saya pakai tahu yang enggak digoreng dulu, jadi biar enggak banyak ngaduk dan takut tahunya hancur, saya pastikan bumbunya sudah sesuai dulu.
6. Masukan telur dan tahu.
7. Setelah 5 menit, tambahkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, aduk merata
8. Diamkan selama 5 menit sampai susu evaporasinya mendidih dan bumbu meresap.
9. Tata ke dalam mangkuk, tambahkan potongan tomat dan bawang goreng sesuai selera.
10. Tahu Telur Bumbu Rujak siap dihidangkan.

Resep tahu telur bumbu rujak pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi

Penggunaan susu evaporasi dari Tiga Sapi ini bikin kreasi merah putih saya jadi tambah lezat lho. Tiga Sapi Susu Evaporasi ini kekentalannya pas, creamy, dan ada rasa manis yang lembut banget gitu. Dia berhasil mengikat bumbu dan membuat aroma masakannya makin menguar. Serius saya sampai shock karena masak telur belum pernah seharum dan seenak ini sebelumnya.

Ini bukan mujiman (muji maneh dalam bahasa Sunda) aka memuji diri sendiri. Soalnya dari 5 telur dan 5 tahu, saya cuma makan 1 telur dan 2 tahu. Sisanya ludes dimakan Bapak. Artinya masakanku kali ini enak. Kalau kurang enak biasanya masakanku dicuekin Bapak atau habisnya sampai berhari-hari.


Kenalan Lebih Jauh Yuk Sama Tiga Sapi Susu Evaporasi

Saya merasa bersyukur banget nemu challenge kreasi merah putih ini, soalnya jadi nemu susu evaporasi yang jadi soulmate saya pokoknya. Ya gimana ya, soalnya Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah susu evaporasi kemasan kotak pertama di Indonesia. Ditambah lagi tutup ulirnya bikin mudah ditutup kembali setelah digunakan. Karena masih bagus untuk digunakan 2 sampai 3 hari setelah dibuka lho. Simpan aja di kulkas.

By the way udah pada tahu belum susu evaporasi dari Indofood Tiga Sapi itu apa? Belum? Jadi, susu evaporasi ini adalah susu tanpa lemak yang diproses secara higienis dengan cara dilarutkan bersama air hingga memperoleh kepekatan tertentu. Susu evaporasi pada dasarnya sama aja kayak susu sapi gengs. Jadi kandungan gizinya banyak. Ada mineral, vitamin, kalori, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan magnesium. So, bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.


Manfaat dan Kandungan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Rasa dari Tiga Sapi Susu Evaporasi ini rasanya creamy pas, pasti gurih lezat, dan tentunya lebih sehat gengs. Cocok banget buat campuran masakan atau minuman. Mau itu bikin roti, kopi, puding, soto ayam, tahu telur bumbu rujak, gulai ikan. Bahkan dessert lainnya yang bisa jadi ide usaha kue rumahan. Saya kemarin pakai susu evaporasinya ditambahin yogurt buat salad buah enak banget. Yang terpenting bisa dipakai untuk mengganti santan gengs. Penting banget buat saya ini.

Yuk cobain Tiga Sapi Susu Evaporasi ini. Harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. Kamu bisa cari di toko kue terdekat, Toserba Griya atau Yogya kalau di Bandung, Borma juga. Kalau yang mageran bisa beli online juga kok di berbagai e-commerce.

Udah Kenal Sama Tiga Sapi Kental Manis Juga. Belum?

Nah kalau Tiga Sapi Kental Manis mudah kutemukan di warung samping rumah. Soalnya warna kemasan dia mencolok sih, perpaduan hijau putih. Menggoda buat dilihat. Merakyat banget di mana-mana ada. Di grosiran, toko kue, minimarket, toserba, supermarket, toko online juga ada. Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: sumber kalsium dan vit D3, tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g.

Tiga Sapi kental manis mudah ditemukan di pasaran

Sumber kalsium dari Tiga Sapi Kental Manis tentunya memiliki manfaat dalam pembentukan serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.  Kental manis dari Tiga Sapi ini menurutku kekentalannya pas. Udah gitu rasa manis dan gurihnya enggak menyisakan rasa aneh di tenggorokan setelah dikonsumsi. Saya stok banyak buat Bapak, kebetulan memang suka kental manis. Bisa buat campuran bikin kue-kue, roti, toping, aneka minuman, dan lainnya, termasuk ikutan kreasi merah putih.


Suka Berkreasi Bikin Makanan Tradisional? Ikutan Yuk Challenge Kreasi Merah Putih di Instagram

Suka bikin makanan dan minuman tradisional gengs? Kalau gitu buruan ikutan Kreasi Merah Putih dari Tiga Sapi di Instagram. Caranya follow account instagram dan facebook @lezatnyatigasapi. Terus kamu bikin kreasi makanan atau minuman tradisional khas Indonesia pakai Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi. Mau dikolaborasi keduanya juga boleh.

Bikin kreasi merah putih pakai produk Tiga Sapi

Foto hasil kreasi kamu ke Instagram dan tag @lezatnyatigasapi plus 3 orang teman. Pastikan akun kamu enggak diprivate. Terus pakein hashtag #KreasiMERAHPUTIH pada caption. Psst, pemenang utama akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp 5.000.000. Terus setiap minggunya akan dipilih 3 pemenang favorit yang mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 250.000. Nah, mantul banget kan.

Challenge Kreasi Merah Putih ini hanya berlangsung sampai 31 Agustus 2022. Yuk langsung ikutan biar turut memeriahkan Agustusan tahun ini! Semoga kamu yang beruntung bawa pulang hadiahnya, ya!
Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Masih bingung dengan menu buka puasa di hari-hari terakhir ramadan tahun ini? Atau ingin menu lain di hari raya nanti selain ketupat, lontong sayur, opor ayam, sambal goreng ati, dan rendang? Kalau begitu, bagaimana dengan menu nasi kebuli?

Kebetulan nih bund, saya baru saja menemukan cara membuat nasi kebuli anti ribet, terutama dalam menyiapkan bumbu nasi kebuli. Penasaran? Tapi sebelumnya mari saya jelaskan dulu apa itu nasi kebuli dan dari mana sih awal mulanya. Ya, siapa tahu ada yang belum mengenal makanan yang satu ini.

Cara Membuat Nasi Kebuli Anti Ribet

Pengertian Nasi Kebuli dan Tempat Asalnya

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang rasanya gurih, dan mudah ditemukan di Indonesia. Dalam proses memasaknya, beras dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga minyak samin.

Setelah matang barulah disajikan bersama potongan daging kambing goreng, dan terkadang ditaburi irisan kurma atau kismis. Hidangan yang satu ini sangat populer di kalangan warga Betawi, dan warga keturunan Arab di Indonesia.

Nasi kebuli ini berasal dari Yaman. Sedikit mirip dengan nasi biryani. Walaupun begitu, mereka tetap serupa tapi tak sama. Nah, di dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli umumnya disajikan saat ada perayaan keagamaan Islam. Misalnya saja seperti lebaran atau idul fitri, idul adha, dan maulid nabi. 

Cara Membuat Nasi Kebuli dengan Mudah

Sediakan bahan-bahan berikut ini!
1 kg daging kambing, boleh yang bertulang atau tanpa tulang
1 liter beras Basmati atau beras Pera IR 42
250 gram bawang bombay dipotong dadu kecil
6 siung bawang putih dipotong kecil
4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
3 sdm minyak samin/mentega
air secukupnya
garam sesuai selera

Proses Memasak

  1. Pertama-tama, tumis bawang bombay yang sudah dipotong dadu ke dalam panci dengan minyak samin/mentega hingga layu, Baru setelahnya masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi kecokelatan.
  2. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aromanya menguar atau tercium kuat.

    Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food Harga Terjangkau

  3. Masukkan air secukupnya. Kira-kira sekitar 1.2 liter, tergantung jenis beras yang digunakan. Jika  menggunakan beras Pera IR 42, maka gunakan air sebanyak 1.2 Liter. Namun, apabila menggunakan beras Basmati, maka gunakanlah 1.4 Liter air. Semua kembali pada selera kamu, bisa tambahkan lagi air jika ingin lebih basah.
  4. Masukkan daging kambingnya, lalu rebus hingga empuk. Jangan lupa untuk selalu menjaga volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging ini. Perlu diingat, daging kambing membutuhkan waktu berkisar antara 45 menit hingga 2 jam, tergantung umur dan jenis kambing. Cobalah untuk selalu cek, dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau masih keras/alot.
  5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci beras beberapa kali hingga bersih, lalu masukkan ke dalam panci. Khusus untuk beras Basmati, kamu harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 5-10 Menit. Baru setelahnya tiriskan, dan masukkan ke dalam panci. Namun, jika kamu menggunakan beras Pera IR 42, maka bisa langsung memasukkannya ke dalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.
  6. Lanjut, masak nasi Kebuli hingga matang.
  7. Setelahnya, sajikan dengan acar, emping, sambal, dan bawang goreng, bisa juga kismis jika kamu menyukainya

Tips Agar Tekstur Nasinya Pas

  • Karakter beras dan kebutuhan airnya selalu berbeda, perhatikan hal ini agar kamu nantinya bisa mengatur volume air dalam nasi, supaya tidak pulen.
  • Setiap merek garam memiliki kadar asin yang berbeda. Jadi, tentu saja berpengaruh pada takarannya.
  • Jangan lupa rendam beras Basmati sebelum dimasak.
  • Boleh menambahkan santan atau susu ke dalam air.

Kenapa Menggunakan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic dari Cairo Food?

Kenapa saya memilih menggunakan bumbu nasi kebuli aromatic dari Cairo Food? Karena selain rasanya enak, Yang membuat bumbu ini semakin istimewa adalah karena bahan-bahannya terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa. Kemudian juga bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami, dan halal.

Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food

Bahan yang ada dalam bumbu nasi Kebuli Aromatic Cairo Food mengandung: kayumanis, biji kelabat, bunga lawang, biji ketumbar, cumin, biji pala, lada hitam, cengkeh, lengkuas, jahe putih, serai, kapulaga putih, daun salam, kapulaga hijau, daun jeruk purut, caraway, kunyit kuning, beras putih.

Harganya untuk berat 140 gr ini hanya 35 ribu rupiah saja lho. Terus kadaluarsa produk sekitar 15 bulan hingga 24 bulan, tergantung dari kualitas rempah, seperti musim, jenis, dan metode pemrosesan awal. Kadaluarsa akan tercantum berbeda setiap batch.

Selain itu, bumbu kebuli dari Cairo Food pun sudah dipakai & dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering lho. Bumbu nasi kebuli ini bisa dibeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia atau di website resmi atau juga bisa melalui WhatsApp ke 081218222610.

Nah, mudah banget kan bund membuat nasi kebuli tanpa repot meracik bumbunya sendiri. Dan rasanya pun dizamin mantap.
 Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI

Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI

Halo bunda, apa kabar? Siapa di sini yang saat ini memiliki bayi yang mulai masuk dalam tahapan Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI. Ketika bayi akan mulai memasuki tahapan MPASI, terkadang masih bingung bagaimana harus mempersiapkannya. Ibu terkadang bingung soal kapan saja waktu bayi harus makan, Menu MPASI 6 bulan yang baik seperti apa, hingga takaran makan si kecil dan lainnya.

Ibu perlu membuat jadwal makan agar si Kecil mudah beradaptasi dengan perubahan jenis makanannya. Jadi baik Ibu maupun bayi Ibu tidak kaget dengan rutinitas baru ini. Jadwal makan teratur juga bisa membuat Ibu lebih mudah memprediksi kapan si Bayi lapar dan saat ia sudah kenyang. Kapan harus makan dan kapan diperbolehkan untuk menyusui. 

Berikut Ini adalah Jadwal Makan Untuk Si Kecil Yang Baru Mulai MPASI


Ketika sudah mulai MPASI bukan berarti Ibu tidak boleh memberi ASI lagi. Ibu tetap bisa cara menyusui bayi yang benar dengan membuat jadwal makan dan menyusui yang tepat. Jadwal makan teratur membuat sistem pencernaannya lancar.

Di website Kementrian Kesehatan RI, telah diatur jadwal makan bayi 6 bulan. Ibu tinggal menerapkannya saja sesuai panduan. Berikut panduan jam dan jumlahnya untuk makanan si Kecil:
 
Pukul 06.00 merupakan jadwal minum ASI. Si Kecil bisa minum ASI sampai cukup. Lanjutkan pukul 09.00 sebagai jadwal MPASI. Makanan yang bisa bunda berikan adalah puree buah atau jus dengan takaran 2-3 sendok makan. Nah bunda dapat meningkatkan secara perlahan takaran makanan hingga 125 ml MPASI setiap makan.

Nah, di jam 12.00 kembali menjadi jadwal ASI. Bayi bunda bisa minum ASI sampai ia merasa cukup. Barulah pukul 15.00 menjadi jadwal MPASI kedua. Menu yang bisa diberikan puree buah atau jus. Takarannya 2-3 sendok makan dan Ibu bisa meningkatkan secara perlahan hingga 125 ml MPASI setiap makan.

Lanjutkan pada pukul 18.00 dengan jadwal ASI sampai si kecil merasa cukup atau kenyang. Disusul pukul 21.00 jadwal ASI lagi sampai si kecil merasa cukup.
 
Pemberian makanan si Kecil haruslah yang mudah dicerna. Usahakan juga untuk mengenalkan berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, zat besi, dan beragam vitamin lainnya. Jika si Kecil sudah dibiasakan makan sesuai jadwal, Ibu juga dengan mudah dapat membentuk pola makan sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal. 

Selain memperhatikan kandungan nutrisi si kecil, Ibu juga harus memperhatikan kenyamanan si kecil saat beraktivitas sehari-hari. Untuk membuatnya nyaman gunakanlah popok Merries yang memiliki daya serap baik.
Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

Apa kabar semua, kali ini aku mau bahas soal cara membuat manisan pepaya basah. Ya kan ada yang kering juga. Resep manisan pepayanya ini aku simak dan perhatikan dari cara mama membuatnya. Jadi, bukan aku yang bikin sendiri. Kan aku mah tukang ngabisin makanan aja di rumah.

Untuk membuat manisan pepaya ini enggak repot dan tergolong mudah kok. Iyalah kan kamu cuma ngeliatin doang galing. Enggak ih serius memang enggak seribet yang dibayangkan. Bahan-bahannya aja sederhana. 
 
 
Cara Membuat Manisan Pepaya Basah Mudah dan Murah


Bahan-bahan yang diperlukan

1. Pepaya muda ataupun pepaya setengah matang ukuran sedang 2 buah
2. Gula pasir 1/2 kg
3. Sitrun (pengatur keasaman)
4. Pewarna makanan (warna bebas, kami pakai hijau dan jingga)
5. Kapur sirih bubuk 1 sdm
6. Air secukupnya untuk merendam dan merebus.

Cara membuat

1. Kupas pepaya hingga terpisah dari kulit serta bijinya. Setelah itu, cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Baru kemudian potong kecil-kecil menggunakan pisau pemotong kentang. 

Pakai pisau biasanya juga enggak pa-pa sih, cuma pakai pisau kentang memang lebih enak dipandang karena ada undakannya. Jangan terlalu tipis dan terlalu tebal saat memotongnya.

2. Rendam pepaya yang sudah dipotong tersebut ke dalam kapur sirih selama semalaman, lalu bilas kembali hingga bersih.


3. Rebus pepayanya dalam wadah besar. Tambahkan gula, sitrun dan juga pewarnanya.

4. Aduk rata dan tutup tempat merebusnya hingga airnya berkurang banyak. Jangan sampai kering karena berpotensi gosong. Selain itu, yang namanya manisan pepaya basah memang lebih enak ada airnya dong.

5. Matikan api lalu diamkan hingga dingin.

6. Kemas ke dalam plastik makanan ataupun wadah yang mempunyai tutup.

7. Masukkan ke dalam kulkas. 

Selesai deh. Nah kan enggak ribet. 

Walaupun pepaya basah identik ada airnya, tapi ternyata kalau dibekukkan juga enak lho gengs. Apalagi jika dinikmati di siang hari dengan cuaca yang panas tak tertahankan.


Oke, jadi begitulah cara membuat manisan pepaya basah versi mamaku. Mama sering membuatnya sejak pandemi COVID-19 di negeri ini semakin merebak. Jadilah ini camilan favoritku. Lumayan kan bisa menikmati pepaya dalam versi lain. 

Walaupun ku tahu pepaya itu punya banyak manfaat terutama melancarkan pencernaan. Hahaha iya aku tergolong manusia yang susah buang air besar dong. Bisa sampai tiga hari baru BAB. Tapi aku ogah-ogahan makan pepaya. Karena aku bosan cuma langsung makan pepaya matang atau pepaya setengah matang yang dibuat rujak.

Manfaat Buah Pepaya

Selain bisa mengatasi masalah pencernaan, pepaya juga punya manfaat lain yang tak kalah pentingnya dan bagus untuk tubuh lho. Soalnya pepaya mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.
Pengalaman Menerapkan Ide Buka Usaha Kue Rumahan dan Berhasil

Pengalaman Menerapkan Ide Buka Usaha Kue Rumahan dan Berhasil

Sambil bersantai di rumah banyak yang senang ngemil kue, karena ini memang sebuah kenikmatan tersendiri. Tak hanya bagi anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa. Kecenderungan semacam ini sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk mencoba berbisnis.

Menerapkan Ide Buka Usaha Kue Rumahan yang mudah dan berhasil

Di antaranya adalah dengan menggeluti usaha kue. Bisnis kue memang sering kali diidentikkan dengan usaha saat Ramadhan sampai dengan jelang lebaran. Padahal, sebenarnya tidak begitu. Ia bisa digeluti kapan saja. Hanya saja, memang puncak penjualan akan sangat tinggi pada saat menjelang hari lebaran, karena sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Tradisi menyediakan kue di rumah.

 
Usaha yang satu ini sangatlah cocok untuk dicoba. Apalagi bagi kamu. Iya, kamu,dd para ibu rumah tangga yang tengah mencari penghasilan tambahan. Karena memang jika dilihat dari peluangnya sendiri terbilang cukup menggiurkan. Hanya saja memang realisasinya sendiri terbilang tidak mudah, berikut ini di antara tahapan yang hendaknya kamu lalui agar usaha tersebut berjalan lancar, yaitu :
 
1. Buat rencana bisnisnya terlebih dahulu, rencanakan secara matang, meskipun usaha yang nantinya akan Anda geluti tersebut hanya tergolong sebagai usaha rumahan yang kecil. Bagaimanapun harus tetap direncanakan secara matang untuk meminimalisir resiko yang mungkin saja terjadi.

2. Persiapan modal, modalnya sendiri juga harus ada untuk membeli perlengkapan penunjang bisnis tersebut. Akan jauh lebih ringan jika seandainya Anda sudah memiliki berbagai macam perlengkapan penunjang pembuatan kue tersebut, sehingga nantinya hanya butuh melengkapinya dengan bahan baku dari toko bahan kue saja.

3. Menentukan jenis kue apa yang nantinya akan dijual, karena hal ini sangat berhubungan dengan pemasarannya juga. Misalnya jika kue yang ingin Anda jual tersebut adalah kue kering, ia bisa dipasarkan secara lebih luas, bahkan juga dijual secara online karena tidak mudah rusak. Bisa aneka sajian kue kering coklat, kue putri salju, nastar dan sejenisnya.


4. Tentukan harga jualnya, dalam penentuan harga Anda juga harus melihat pesaing, sehingga nantinya bisa lebih kompetitif di pasar penjualan produk kue tersebut, karena jika harganya lebih mahal otomatis calon konsumen juga akan lebih memilih membeli kue dari kompetitor bukan.
 
Belanja bahan bakunya mudah, bahkan untuk produk-produk layaknya mentega Wisman dan bahan lainnya dari berbagai merk dan beberapa bahan lain, temukan langsung di TokoWahab.
Resep Kue Ulat Sagu | Dapur Embul

Resep Kue Ulat Sagu | Dapur Embul

Mumpung lagi bingung mau nulis apa, ya udah aku mau nulis resep kue ulat sagu yang kucontek resepnya dari channel youtube Dapur Embul. Ini tuh bahan sama cara pembuatannya sederhana. Udah gitu no oven, no mixer bisa dong. Kan aku anaknya enggak punya kedua alat tersebut.

Resep Kue Ulat Sagu Dapur Embul Enak Banget

Oke, kali ini aku bakal share resep asli versi Dapur Embul dan resep takaran sama tapi bahan utamanya diganti. Yuk, tanpa berlama-lama lagi. Mari kita mulai menyiapkan bahan-bahannya.

Persiapan Membuat Kue Ulat Sagu


Kue ulat sagu ini sempat jadi bahan perbincangan hangat ya kan di media sosial. Nah, saat idul fitri kemarin aku membuat ini untuk mengisi toples kosong. Dan ulat-ulat ijo di dalam toples pun laku keras. Ada yang bilang imut, ada yang bilang ngeri. Yang pasti takaran rasanya enak, enggak bohong!

Bahan-bahan :


1. 200 gr tepung maizena, aku pakai maizenaku.
2. 125 gr margarin
3. 2 sachet kental manis putih
4. Chococips secukupnya
5. Pewarna makanan hijau secukupnya.

Nah kan, apa kubilang, bahannya super sederhana. Enggak makan budget gede lha pokoknya. Jadi, yuk mari kita lanjutkan ke cara pembuatannya.


Cara Membuat Kue Ulat Sagu


1. Campurkan margarin dan kental manis, lalu aduk beberapa saat hingga menyatu halus dan warnanya agak pucat.

2. Masukkan tepung maizena dan aduk-aduk hingga tercampur.

3. Tambahkan pewarnanya, lalu uleni adonan menggunakan tangan. Kalau enggak pakai sarung tangan plastik,  pastikan tangannya cuci bersih dulu ya gengs.

4. Uleni hingga kalis atau udah enggak lengket di tangan. Jadi kalaupun agak lembek enggak papa gengs. Tekstur adonannya emang begitu.

5. Biar ukurannya sama semua, ambil adonan dan bulat-bulat sebesar kelereng terlebih dahulu.

6. Setelah itu, buatlah menyerupai bentuk ulat memanjang dengan kepala agak besar. Lalu dicetak garis-garisnya menggunakan sisir yang bersih (beli baru juga silakan).

7. Beri chococips pada bagian yang lebih lebar (kepala) dan bengkokan sedikit ujung bawahnya. Ulangi hingga adonannya habis.

Cara Membuat Kue Ulat Sagu Sederhana dan Mudah

8. Tempatkan di atas teplon dan beri jarak. Lalu tutup teplonnya. 


9. Masak dengan menggunakan api yang sangat kecil sekitar 15 menit atau bisa dilihat pada bagian bawah kuenya yang udah kecokelatan.

10. Walaupun bagian atas terasa agak lembek, jangan dibiarkan dipanggang terlalu lama karena bisa gosong. Dan bagian yang lembek itu normalnya setelah diangkat dan dingin jadinya enggak lembek kok. Suer.

Kue ulat sagu pun siap dihidangkan. Gimana. Mudah kan cara membuatnya. Selain mudah, takaran resepnya pun pas banget lho. Enggak kemanisan. Jadi buat kamu yang enggak pencinta manis pun aman. Teksturnya pun renyah.

Eh ya, seperti yang kubilang di atas. Aku pun membuat dua versi dengan bahan utama yang berbeda. Yang kedua, aku pakai 200 gram tepung tapioka dengan takaran bahan lainnya yang sama. Cara membuatnya pun sama.

Kue Ulat Sagu Tepung Tapioka Tak Kalah Enaknya

Menangis haru aku itu karena hasilnya pun tetap enak lho gengs. Siapa tahu kamu mau membuatnya buat camilan di rumah.

Cuma, dari yang aku rasakan, perbedaan antara pakai maizena dan pakai tepung tapioka itu. Yang pake tepung tapioka, kuenya lebih keras saat dipegang tapi renyah dan lembut saat dikunyah. Sementara maizena baik dipegang maupun dikunyah, teksturnya tetap lembut. Dan yang pakai maizena aromanya lebih keluar alias lebih harum.

Untuk bagian kepalanya pun kumenggunakannya adonan sebelum diberikan pewarna, yang ditambahkan cokelat bubuk. Enggak ada chococips pokoknya aku akalin supaya agak mirip warnanya.

Selain resep yang ini, aku juga mau posting resep hasil recook kue goodtime ala dapur embul yang juga mantul hasilnya di blogpost selanjutnya.

Jadi sekian dulu bahas resep kue atau makanan kali ini. Kalau ada yang mau bisikkin aku resep kue lain yang tanpa oven dan mixer, juga enggak ribet. Coba bisikkin di kolom komentar, tapi jangan link hidup ya.
Resep Kue Garpu Asin - Sederhana

Resep Kue Garpu Asin - Sederhana

Resep kue garpu asin ini aku dapatkan dari berseluncur di mesin pencari. Yang membawaku ke situs cookpad. Tapi di sini aku enggak langsung mengambil satu resep lalu dipraktekkan. Aku lebih memilih tuk mencampurkan beberapa resep yang sekiranya dirasa cukup klop dan bahannya ada di rumah, atau di warung dekat rumah.

Ya gimana, aku anaknya suka males kalau bahannya harus beli di toko kue. Lumayan jauh dari rumah. Lagipula kalau dengan bahan sederhana dan enggak banyak rempahnya tapi udah enak, ya aku enggak mau ribet pake tambahan bahan ini-itu lagi.

Resep Kue Garpu Asin ini sangat mudah dan anti gagal lho

Singkatnya aku yang baru suka mainan adonan ingin belajar yang mudah-mudah dulu saja. Mohon maaf ya, aku kalau nulis di sini pembukaannya suka curhat enggak penting Ehehe.

Yuk mari kita mulai persiapkan bahan-bahannya. Eh ya, yang perlu digaris bawahi adalah, bikin kue garpu asin ini harus ekstra sabar. Terutama kalau dikerjakan sendirian. Soalnya yang bikin lama itu saat proses membentuknya pakai garpu. Walau enggak selama nunggu balasan dari orang yang kamu harapkan sih.


Bahan Untuk Membuat Kue Garpu Sederhana


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ringan dengan rasa gurih ini enggak banyak. Biayanya pun kalau ditotalkan enggak sampai 15 ribu rupiah. Ini di luar penyediaan minyak goreng ya gengs.

1. Tepung Terigu 25 sdm (250 gr atau 1/4 kg)
2. Tepung Tapioka 4 sdm atau kalau ada timbangan kue, tepung tapiokanya itu 50 gr.
3. Margarin 4 sdm, sama kayak tapioka. Kalau ditimbang bisa di angka 50 gr.
4. Telur ayam 1 butir.
5. Kaldu bubuk/penyedap rasa 1,5 sdt, terserah mau rasa sapi atau rasa ayam. Mau masako, mau royco atau merek lainnya. 
6. Garam 1/2 sdt.
7. Merica bubuk seujung sendok teh. Ini opsional sih.
8. Bawang daun cincang secukupnya (karena aku kurang suka daun seledri)
9. Air matang secukupnya, aku pakai sekitar 50-70 ml.
10. Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Bahan Membuat Kue Garpu Sederhana yang mudah ditemukan di warung

Cara Membuat Kue Garpu Renyah


Pertama, masukkan telur pada wadah yang cukup besar. Kemudian kocok lepas hingga berbusa.

Kedua, Masukkan semua bahannya dari mulai tepung terigu, tepung tapioka, margarin, daun bawang, kaldu bubuk, merica bubuk, garam. Kecuali air dan minyak goreng. Lebih bagus kalau tepung terigu dan tapiokanya diayak dulu supaya tiada yang menggumpal.

Empat, aduk-aduk menggunakan sendok hingga semua bahan tercampur rata.

Lima, tambahkan air secukupnya. Jadi kalaupun kamu udah menakar airnya, tetap aja jangan langsung dimasukkan sekaligus. Sedikit demi sedikit aja. 

Enam, Uleni adonan menggunakan tangan hingga kalis atau udah tidak lengket di telapak tangan dan udah bisa dibentuk.


Tujuh, Ambil sedikit adonan, bulat-bulat terlebih dahulu. Kemudian ratakan pada permukaan garpu, khususnya bagian yang berjarak.

Delapan, gulung adonan dari bawah ke atas, hingga hasil akhirnya jadi mirip rumah siput. Tapi kurasa lebih mirip molen versi super mini.

Sembilan, ulangi langkah ke tujuh dan ke delapan hingga semua adonan habis.

Cara Membuat Kue Garpu Renyah ini tidaklah sulit untuk dilakukan
Sepuluh, Panaskan minyak, lalu masukkan kue garpunya. Goreng dengan api mendekati kecil supaya matangnya merata.

Sebelas, Tunggu hingga warnanya kecokelatan dan mengeluarkan aroma wangi. Lalu angkat dan tiriskan.

Selesai, kue garpu pun siap untuk dinikmati. Dengan takaran seperti ini, bisa menghasilkan satu toples bening. Itu lho toples yang biasa digunakan penjual kue di toko-toko. Isinya pun penuh sampai batas toples.

Untuk tekstur yang dihasilkannya renyah selama enggak kekurangan air dan menguleninya sampai kalis. Eits enggak cuma itu, menggorengnya pun jangan sampai bablas karena bisa bikin keras juga.

Aku udah bikin pake resep ini dua kali dengan margarin yang berbeda. Jujur aja, dibandingkan yang kedua, aku lebih suka margarin yang pertama dari Filma. Yang kemasan terbarunya. Beneran ini bukan lagi promosi, tapi emang pake filma lebih harum gitu dan lebih yummy aja. 

Membuat camilan asin yang satu ini bahannya emang sederhana dan mudah didapatkan. Aku aja belinya di warung enggak jauh dari rumah. Pun peralatannya. Cuma butuh wadah, sendok, penggorengan termasuk sutilnya dan kompor. Karena ku emang seneng nyari resep kue yang no mixer no oven buat direcook. Ngomong-ngomong kalau kamu maunya resep kue garpu manis, tinggal ganti aja kaldu, garam, mericanya sama gula halus.

Tapi, ya itu tadi, seperti yang kubilang di paragraf kedua. Harus sabar kalau dikerjakan sendirian karena ngebentuknya lumayan makan waktu dan pegal-pegal. Paling bener kalau ngajakin pasukan eh anggota keluarga di rumah buat bantuin biar cepet beres.