3/02/2020

4 Cara Rambut Keriting Tak Kusut

Jenis rambut di dunia ini terbagi menjadi dua, rambut lurus dan rambut keriting. Yang kemudian rambut keriting atau ikal ini terbagi-bagi lagi menjadi banyak tipe. Aku tidak tahu masuk tipe rambut keriting yang mana. Yang pasti aku mempunyai rambut keriting besar-besar di bagian bawahnya dan bisa menjadi keriting lebih kecil dan seluruhnya dari atas sampai bawah jika sedang mengalami stress berat. Maka dari itu, saat memasuki usia awal 20 an, aku lebih sering memotongnya pendek supaya tidak repot mengurusnya. Namun, sejak dua tahun terakhir, aku membiarkannya kembali tumbuh hingga bahu.

rambut keriting tak kusut

Ada banyak faktor yang mendorongku untuk kembali memanjangkan rambut. Pertama untuk memudahkan saat menggunakan dalaman kerudung. Kedua, rambutku sudah tak mengembang parah dan kusut seperti dulu. Rambut ikal mengembang yang membawaku pada kejadian diteriaki kuntilanak saat mencoba membangunkan teman pukul empat pagi. Pada saat itu aku tak sadar ikatan rambutku terlepas saat bangun.

Sungguh dulu ku awam sekali soal perawatan rambut, terutama untuk rambut ikal. Yang kemudian membawaku melakukan banyak kesalahan. Iya, alih-alih membuatnya tak mengembang juga kusut, yang terjadi justru sebaliknya. Rambut semakin mengembang, kusut dan rontok parah. Sangat berbeda dengan kondisi rambutku di dua tahun terakhir ini. Selain tidak mudah kusut dan rontok, ia pun sudah tak mengembang parah seperti dulu karena aku mengikuti tips-tips di bawah ini :

1. Keramas dan perawatan rambut lengkap
Dulu, aku keramas setiap pagi dengan harapan rambutku bisa bersahabat alias tidak mengembang. Namun yang terjadi justru rambutku rasanya semakin mengembang dan mulai mengalami kerontokan. Tentu saja karena hal ini salah, keramas seharusnya dilakukan 3 hari sekali agar rambut tidak kehilangan minyak alaminya.

Selain waktu keramas yang salah, dulu aku juga mengikuti cara keramas seperti yang ada di iklan televisi. Mengumpulkan semua rambut untuk dilumuri shampoo hingga mengacaknya ke sana-kemari. Padahal seharusnya pijat-pijat saja dari atas kulit kepala sampai busa shampoonya menyebar.

Aku juga suka melewatkan pemakaian conditioner, padahal penting untuk menjaga kekuatan pertengahan rambut hingga ujung rambut yang sering bercabang. Pun dengan penggunaan hair tonic yang bisa menguatkan akar rambut, melembabkan rambut dan juga menyehatkan rambut.

Baca Juga : Tips Merawat Rambut Berhijab, Azalea

2. Mengeringkan rambut secara alami
Selain perawatan rambut yang lengkap, mengeringkan rambut secara alami dan benar juga diperlukan lho. Siapa nih yang sama sepertiku kalau mengeringkan rambut suka digosok-gosok sembarangan supaya cepat kering. Mulai sekarang hentikanlah karena itu menyiksa rambut. Membuatnya kehilangan kelembaban juga membuat rambut jadi kusut.

Saat proses mengeringkan rambut, jika menggunakan handuk hanya perlu dikenakan pada rambut secara perlahan untuk menyerap airnya, kira-kira seperti saat mengeringkan air di wajah setelah cuci muka. 

3. Mengubah cara menyisir rambut
Dulu, aku pasti langsung menyisir rambut  menggunakan sisir saat masih basah. Padahal itu cara yang salah. Selain membuat rontok, itu juga bisa kusut jika dilakukan setelah keramas, ataupun saat baru bangun tidur. 

Seharusnya, rambut sewaktu bangun tidur atau setelah keramas disisir menggunakan jemari, jangan menggunakan sisir. Selain itu sisir yang dipilih pun harus tepat. Seperti sisir bergigi jarang, baik itu tipe pick comb yang seperti garfu maupun wide-toothed comb.

Baca Juga : NYU Creme Hair Colour Review

4. Mengikat rambut dengan benar
Kadang terasa sulit saat harus mengikat rambut yang ikal, diperlukan pemilihan pengikat rambut yang cocok agar tak menyakiti rambut atau sulit dilepas karena akhirnya membuat rambut jadi kusut. Seperti ikat rambut jenis baru bernama ponytail hooks bungee band misalnya. 

Selain itu, untuk mencegah rambut kusut saat tidur, kamu bisa mengikatnya ke atas menyerupai buah nanas agar tak bergesekan dengan bantal lho.

Jadi, sekarang ku sudah tak minder lagi dengan rambut keriting atau ikalku ini, dan tak berpikiran untuk meluruskannya lagi seperti beberapa tahun ke belakang. Sebab sejak mencoba tips-tips di atas, rambut sudah tak mengembang parah seperti dulu dan jarang kusut. Nah, kalau kamu punya tips lainnya untuk perawatan rambut keriting, bisa tinggalkan pesan di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu