5/23/2020

5 Gulai Ikan Patin Cocok Untuk Lebaran

Lebaran sebentar lagi ya, buat yang kurang suka makanan berbahan daging, bisa kali mencoba membuat menu gulai ikan patin. Kuahnya tidak akan kalah enaknya ketika dicampur dengan ketupat. Ada tujuh yang aku mau bahas kali ini. Bahan-bahannya pun tergolong mudah didapatkan dan memasaknya juga pun bisa dilakukan sendiri di rumah. 

gulai ikan patin cocok untuk meramaikan suasana idul fitri
sumber gambar : cookpad moentisari

Sebelum membahas jenis sayur berkuah santan ditambah bumbu tertentu hingga teksturnya lebih kental dan dicampur ikan patin ini, boleh dong aku mau bahas dulu kenapa ikan patin paling pas untuk dibuat menu ini dibandingkan jenis makhluk yang hidup di air dan bernapas dengan insang ini. 

Kenapa Ikan Patin Cocok Untuk Digulai


Jenis ikan yang masuk ke dalam kelompok ikan berkumis dan salah satu ikan asli perairan Indonesia ini enak untuk dijadikan gulai karena dagingnya tebal namun teksturnya tetap lembut. Lalu, ia tidak memiliki sisik pada kulitnya. Selain itu, bisa memenuhi kebutuhan harian karena mengandung protein, lemak essensial, EPA dan, asam lemak omega-3. Ia mempunyai nama ilmiah, yaitu Pangasius. Dan, Pangasius yang ada di perairan Indonesia pun tidak hanya satu jenis saja, ada beberapa jenis seperti berikut ini. Dari mulai Pangasius pangasius atau pangasius jambal, nasutus, humeralis, lithostoma, polyuranodon, dan niewenhuisii.

Baca Juga : 7 Sajian Pindang Enak

5 Gulai Ikan Patin yang Wajib Dicoba


1. Gulai Patin Bumbu kuning
Kalau sudah ada kata bumbu kuning berarti salah satu bahannya menggunakan kunyit dong tentunya. Gulai yang satu ini kuahnya berwarna kuning dan kental. Selain kunyit tentunya ada rempah-rempah lain yang turut digunakan. Yang menampah cita rasanya menjadi semakin sedap untuk dijadikan hidangan saat berlebaran.

2. Gulai Patin Bumbu asam pedas
Pencinta pedas bisa mencoba ikan patin dengan bumbu asam pedas khas melayu. Di mana gulainya akan berwarna jingga atau bahkan kemerahan dan menggoda selera makan. Dari resep yang banyak beredar di internet, bagian kunyit yang ditambahkan hanya selembar daunnya saja. Karena lebih mengutamakan bawang putih, bawang merah dan cabai yang banyak dan perasan air jeruk nipis. Susah move on deh kalau kamu penyuka pedas mencoba yang ini.

3. Gulai Tempoyak Ikan Patin
Walaupun menghasilkan warna gulai yang sama, namun gulai tempoyak ini tidak perlu dipakaikan santan, hanya perlu ditambahkan kemiri, teksturnya sudah kental dan menggoda untuk dinikmati bersama ketupat lebaran. Namun tantangannya ya harus punya tempoyak khas Jambinya.

4. Gulai Patin Daun Sirsak
Terdengar sedikit asing, namun resep ini benar-benar ada lho ya. Dan uniknya penggunaan daun sirsak dalam gulai bisa mengurangi kadar kolesterol dari santan yang digunakan. Gulainya pun tampak cantik dengan warna jingga yang dihasilkan dari percampuran berbagai bumbu rempah yang digunakan.

Baca Juga :  11 Langkah Membuat Donat Labu Tanpa Telur

5. Gulai Patin Kemangi
Pencinta kemangi. Kamu bisa mencampurkan seikat daun kemangi dalam gulainya. Sehingga membuat gulainya tak hanya lebih harum, tapi juga lezat untuk dinikmati saat hari raya idul fitri. Untuk warna gulainya sendiri adalah kuning pucat, karena penggunaan kunyitnya lebih sedikit. Gulai patin kemangi merupakan gulai khas dari Pekanbaru, Riau.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat salah satu gulai ikan patin di atas sebagai teman ketupat atau lontong di hari raya idul fitri. Resepnya banyak berlebaran lho di internet. Jangan lupa juga untuk makan secukupnya saat lebaran besok ya, supaya ususnya tidak kaget setelah selama 30 hari tidak makan pagi atau siang karena digantikan makan sahur saat dini hari dan makan malam setelah waktu maghrib. Selamat berlebaran!

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu