5/01/2020

11 Langkah Membuat Donat Labu Tanpa Telur

Sekitar dua minggu lalu aku mencoba membuat donat labu atau biasa disebut juga donat labu kuning. Soalnya dua bulan belakangan ini ibuku sering mempunyai stok labu kuning. Itu lho yang suka dipake buat haloween. Labu yang diberikan oleh uwa (kakak iparnya mama) dari hasil berkebun. Sampai-sampai ku merasa bosan untuk melihatnya dan mengkonsumsinya dengan cara dikukus terlebih dahulu. Lalu berseluncurlah aku di situs cookpad.

Aku menemukan banyak resep membuat kue terigu bolong tengahnya ini. Ya gimana, aku kan amatir, kalau pakai resep donat kentang takut hasilnya enggak sesuai. Soalnya kadar air antara labu kuning kukus dan kentang kukus pasti berbeda. Labu kuning lebih lembek. Akhirnya ku menjatuhkan pilihan pada salah satu resep yang tanpa menggunakan telur. Hemat kan ya enggak pake telur, dengan takaran berikut ini.

donat labu

Bahan pembuatan nya

1. 350 gr tepung terigu atau setara dengan 35 sdm enggak munjung.
2. 150 gr labu kuning yang sudah dikukus dan dibuang kulitnya.
3. 3 sdm gula pasir
4. 2 sdm margarin (pake mentega lebih bagus)
5. 1 sdt ragi instan (aku pake merek permifan)
6. 100 ml air hangat
7. gula halus secukupnya untuk taburan
8. minyak secukupnya

Bahan-bahannya sederhana dan mudah untuk dibeli, soalnya ada di warung terdekat, bahkan untuk air enggak menggunakan biaya. Eh enggak deh, air pakai biaya listrik dalam penyediaannya, dan gas juga karena perlu dimasak terlebih dahulu. Sebelum lanjut ke cara pembuatannya, ngomong-ngomong soal air, aku jadi ingat ada resep "Membuat Asinan Mangga Dalam 60 Menit" juga lho. Siapa tahu mau takjil segar buat berbuka puasa.

Cara membuatnya

1. Haluskan terlebih dahulu labu kuning yang sudah dikukusnya, mau pake sendok boleh. Ditumbuk juga silakan. 
2. Masukkan labu yang telah halus ke dalam wadah cukup besar. Disusul dengan tepung terigu, gula pasir, ragi dan air yang dituang sedikit demi sedikit. Biar enggak keenceran, soalnya kan enggak tahu berapa banyak kadar air dalam labunya.
3. Uleni hingga setengah kalis. Aku di sini pakai sendok kemudian tangan. Jangan lupa cuci tangan dulu ya, pake sabun biar enggak ada kuman, virus dan bakteri menempel.
4. Tambahkan margarin, lalu uleni hingga kalis. Kalau kamu merasa adonannya masih lengket, tambah lagi aja tepung terigunya.
5. Kalau udah kalis, bolehlah wadahnya ditutup pake kain lap perabotan yang bersih, diamkan selama sekitar 30 menit, atau adonan mengembang dua kali lipat.
6. Ambil adonan sedikit demi sedikit, kemudian bentuk seperti donat pada umumnya. Kalau punya cetakan ya pakai cetakan. Jangan seperti aku yang manual jadinya ada yang penyok. Eh ya, kalau masih terasa sedikit lengket, tambahin aja lagi tepungnya sedikit supaya mudah dibentuk.

donat labu tanpa telur

7. Tempatkan adonan mentah yang sudah dibentuknya dalam wadah, dan berikan jarak. Jangan disimpan berdempetan. Sesak napas nanti merekanya.
8. Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar donat mentah yang sudah dibentuk mengembang kembali.
9. Panaskan minyak, masukkan donatnya satu persatu, goreng menggunakan api sedang. Jangan lupa untuk dibalik ya.
10. Angkat donat yang sudah berwarna kecokelatan, lalu tiriskan.
11. Kalau udah enggak panas, taburi dengan gula halus yang diayak.
12. Donat labu kuning siap dinikmati.

Rasa, tekstur dan aroma

Secara keseluruhan, aku puas dengan hasilnya karena ini pertama kalinya aku membuat donat. Apalah aku ini kan biasanya tukang makan doang. Untuk aromanya wangi donat goreng pada umumnya yang sesekali kubeli di warung. Teksturnya pun lembut, enggak keras, disimpan semalaman pun tetap empuk. Sementara untuk rasanya, ya manis lha, enak dan bahkan enggak terasa labunya. Lha iya orang terigu lebih banyak. Akan lebih nikmat lagi kalau adonannya ditambahkan susu bubuk vanila.

donat labu kuning

Selain buat camilan nonton drama, lakorn, dorama, film dan aktivitas yang butuh asupan makanan lainnya. Donat labu tanpa telur juga cocok dong tentunya buat takjil saat adzan magrib berkumandang. Juga tentunya bisa jadi alternatif lain supaya labu kuning enggak hanya dikukus, dijadikan puding, bolu dan kolak aja. Seperti halnya sirup cocopandan bisa dibuat menjadi aneka minuman lain, bukan hanya diseduh aja. Iya, aku juga mencoba untuk "Membuat Takjil Segar dan Kekinian Dari Sirup Cocopandan" beberapa waktu yang lalu.

Sampai jumpa di blogpost resep makanan berikutnya. Semoga ibadah bulan ramadannya selalu dilancarkan dan pandemi yang melanda dunia segera berakhir ya. 

28 comments

  1. Aku suka banget sama yang namanya donat, tapi belum pernah makan donat labu. Kira-kira ada ga ya mba , dijual di pasaran ? penasaran deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau itu aku kurang tahu mba, ada yang jualnya atau enggak ehehe

      Delete
  2. Bagus juga buat menu diet ini ya. Thanks for sharing Ge. Kemana aja kamuuuuuu. Kok baru nongol sekarang. Hihihi. Semedi di mana say?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan dipakein gula mba ehehe. Aku habis semedi nih di rumah aja :D

      Delete
  3. Baru tahu kalau labu kuning yg di daerah saya disebut waluh ini bisa jadi bahan bikin donat hehe. Pasti enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak di sini juga bahasa Sundanya disebut waluh. Ayo cobain bikin mbak :)

      Delete
  4. Kemarin pas wfh sebelum ramadhan kakak ku buat donat labu ini,
    Tapi aku lebih suka donat kentang sih mbak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kan setiap orang punya kesukaan masing-masing mba. Kalau aku mau donat kentang, labu, ataupun ubi suka semua hehehe *pemakan segala rupa

      Delete
  5. Waduh jadi ngiler ni mbak. Sudah lama banget gak eksekusi donat. biasanya sih aku pake kentang. Next mau cobalah resep donat labunya mbak gemaulani.

    ReplyDelete
  6. nah kebetulan sy alergi telur kak dan pas banget nemu resep donat tanoa telur ini cuss segera praktik..mksh ya kak sharing resepnya..

    ReplyDelete
  7. wah berhasil ya re-cook nya... berarti resepnya layak coba niih...
    aku jugasuka donat yang dikasih gula di atasnya... tapi biasanya pakai gula donat, bukan gula icing (gula halus). Beda ya mba itu, kalau gula donat ada rasa semriwing-semriwingnya...

    ReplyDelete
  8. Wah resep baru nih. Pernah nyoba donat kentang sih, pakai kentang kukus. Perlu dicoba nih, mumpung labu kuning pas banyak kalau bulan Ramadan...Sip...

    ReplyDelete
  9. Kalo tanpa telur keras ngga ya kak kalo udah dingin? Aku suka banget labu kuning. Mau dibikin puding atau roti juga enak iniii.

    ReplyDelete
  10. Wah, aku malah jadi mikir kapan ya terakhir kali lihat labu kuning? Hahaha ... Di sini tuh banyaknya singkong, bengkoang, pisang, ubi, kayak gitu.

    Simpan dulu deh ya, siapa tahu nanti ketemu labu kuning dan bisa eksekusi.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih udah berbagi resep. Lumayan jadi ada ide untuk bikin cemilan selama bulan puasa ini.

    ReplyDelete
  12. sama nih kalau pulang kampung aku pasti dibekelin labu segede2 gaban ini sama mamah. karena buahnya banyak bgt. aku juga pernah bikin donat labu ini mbak pas udah bosen mau diapain lg ini labu haha

    ReplyDelete
  13. Aku tahunya donat ya dari kentang ama tepung. Kalo dari labu belum pernah nih. Ok, bisa dicoba nih resepnya

    ReplyDelete
  14. Aku sama si kecil paling seneng makan donat. Mau cobain resepnya ahh, apalagi labu cukup murah di sini heh.e thankyou resepnya Kak

    ReplyDelete
  15. Ini sih saya langsung catet deh k, soalnya baru denger ada donat labu tanpa telur. Mudah banget bahannya dan pengen banget buatnya. Jadi penasaran. Makasih k udah share resep ini

    ReplyDelete
  16. Biasanya yang pernah aku praktekkan adalah donat kentang. Terima kasih atas resepnya mba, donat labu. Labu memang banyak manfaatnya, bisa untuk diet, bisa juga untuk mengobati penyakit asam lambung. Hmmmm kapan- kapan bisa dieksekusi nih.

    ReplyDelete
  17. Saya suka donat, tapi belum pernah bikin sendiri, malas hehehe....
    Kalau punya labu kuning, biasanya saya bikin kolak aja

    ReplyDelete
  18. Bru tau ada donat labu. Donat emang bisa dari berbagai bahan ya Bu. Hehe... mantap nih

    ReplyDelete
  19. ada-ada saja, dulu saya sempat heran ada donat yang dari kentang.Eh ini malah ada juga yang dari labu muehehee...

    ReplyDelete
  20. Aku rencana bikin juga tanpa telur tapi untuk bikin adonannya lebih lemes pakek labu kuning kukus yang dihaluskan. Hasilnya lumayan juga dan warnanya cantik di bagian dalam.

    ReplyDelete
  21. jadi pengen donat hehehe
    donat labu pernah coba makan, yang sering donat kentang.
    makin banyak saja inovasi donat ya

    ReplyDelete
  22. Sudah kebayang teksturnya bakal lembut banget nih
    Kalau ga pake telur bisabisa aku ga berhenti makan donat labunya sebab rasa enegny berkurang

    ReplyDelete
  23. Wahhh Inovasi bikin donat nih hihi. Bisa di praktikin untuk ibukku yang alergi telur.

    ReplyDelete
  24. Waaahhh bikin donat trus buat santapan takjil pasti asik ini.. Makasih ide dan resepnya kak. Hihi

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)