6/29/2020

Cara Lebih Sehat Lebih Nyaman - Aido Health Indonesia

Walaupun sudah memasuki PSBB Transisi dan New Normal, tetap saja aku lebih memilih memakai cara lebih sehat lebih nyaman untuk urusan apa pun termasuk, konsultasi kesehatan. Pokoknya baru keluar rumah kalau udah ada keperluan penting yang super mendesak.

Soalnya nih, semenjak sebulan yang lalu di kecamatan tempatku tinggal ada yang  statusnya positif covid-19 dan ODP. Aku jadi parno gitu lha. Karena terkadang aku suka panikan apalagi kalau lihat orang-orang di jalan raya atau habis pulang dari pasar tapi enggak pada pakai masker sejak PSBB dicabut. Rasanya makin kurang tenang, dan konsultasi masalah kesehatan untuk keluhan yang enggak urgen dari rumah aja udah paling pas deh.

Lebih Sehat Lebih Nyaman Aido Health Indonesia Untuk Konsultasi Kesehatan

Iya, karena di era digital kali ini treatment kesehatan sudah memasuki ranah online. Di mana kita sebagai pasien ataupun penanggung jawab pasien bisa mengakses aplikasi kesehatan yang mendukung rawat jalan online dengan dokter spesialis. Bahkan ada fasilitas untuk melakukan perawatan di rumah. Jadi enggak perlu repot keluar rumah, antri lama dan lainnya.

Nah aplikasi yang beberapa bulan ini kucoba dan terus berinovasi baik dari segi menu pelayanan maupun aplikasinya itu bernama aido health

Tentang Aido Health Indonesia


Aplikasi aido health ini bagiku merupakan smart digital solution di bidang kesehatan. Di mana kecanggihan teknologi dijadikan solusi untuk layanan kesehatan yang nyaman, apalagi selama pandemi ini. 

Karena di aplikasi ini kita bisa melakukan rawat jalan online dan juga memilih layanan perawatan kesehatan di rumah. Entah itu memanggil dokter, perawat, fisioterapi ataupun melakukan pesan antar obat ke rumah. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya gengs.

Lebih Lanjut Tentang Aido Health App


Transformasi kesehatan di dunia digital terlihat nyata di aplikasi fisioterapi dan kesehatan ini. Seperti yang kubilang di awal, mereka terus berinovasi hingga ketika diakses oleh pengguna semakin terasa nyamannya. Baik dari segi akses menu maupun tambahan layanan yang diberikan.

Di mana aplikasinya pun bisa diunduh di playstore maupun appstore. Jadi, baik pengguna android maupun iOS bisa mengakses layanan ini.

Fitur-fitur yang Ada di Dalamnya


Ada empat fitur yang bisa dinikmati di aplikasi kesehatan yang satu ini. Yang akan kubahas secara singkat satu persatu di sini.


Pada menu ini kita bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis maupun umum dari Siloam Hospital Group dan juga Bethsaida Hospital. Untuk Siloam Hospital sendiri, sekarang enggak hanya daerah Jabodetabek aja lho. Tapi juga bisa untuk Siloam Hospital di daerah lainnya.

Nah berikut ini daftar Siloam Hospital yang melayani rawat jalan online di Aido Health. Di mulai dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang, Bogor, ASRI, TB Simatupang, Kebon Jeruk, Lippo Village, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Jember, Jambi, Denpasar, Palangkaraya,  Mataram, Balikpapan, Medan, Buton, Makassar, RS Jantung, Diagram dan MRCC Siloam Hospitals Semanggi.

Rawat Jalan Online Aido Health Makin Lengkap


Untuk biaya konsultasinya pun sudah tertera ketika kita memilih dokter beserta spesialisasi dan asal rumah sakitnya. Selain itu enggak ada biaya administrasi tambahan. Kalau aku lihat-lihat ya, biayanya ini maksimalnya di 450 ribuan. Dan dibayar sebelum konsultasi dilakukan. Jadi, kalau pembayaran udah berhasil, nanti akan dikirimkan link video zoom melalui email atau whatsapp untuk konsultasi sesuai jadwal yang dipilih.

2. Perawatan di Rumah

Pada menu ini kita bisa memilih jenis perawatan di rumah, baik itu dokter, perawat, fisioterapis bahkan pesan antar obat yang gratis biaya pengiriman. Biaya panggil dokter ke rumah pun sudah tersedia di aplikasi. 

Selain itu, kita juga bisa request jadwal kunjungannya. Request bisa dilakukan di jam operasional aido health. Tapi, layanan ini baru ada di area Jakarta, Tangerang dan Bekasi aja.

3. Paket Perawatan di Rumah

Ini termasuk ke dalam menu baru di aplikasinya. Menu yang terus bertambah seiring pembaharuan aplikasinya. Paket ini adalah Paket Siloam at Home. Jadi perawatannya berasal dari tenaga medis dari Siloam Hospitals Group dengan area pilihan yang tertera. Masih terbatas di Jakarta, Tangerang dan Bekasi juga.

Paket yang bisa dipilih di antaranya adalah : Paket COVID-19, WOUND CARE, FISIOTERAPI, VAKSINASI, dan FALIANTIF ONKOLOGI. Kelima paket tersebut memiliki harga layanan yang berbeda, dan di luar paket rapid test COVID-19 yang hasilnya keluar dalam waktu 15 menit, biaya untuk pilihan paketnya bisa bertambah tergantung hasil pemeriksaan saat kunjungan. 

Paket Perawatan di Rumah Siloam Hospitals Group


4. Artikel Kesehatan

Tidak hanya rawat jalan online. Dalam aplikasi kesehatan ini, kita pun bisa mengakses artikel-artikel seputar kesehatan. Dari mulai stroke, jantung, diabetes bahkan tips diet pun ada. Jadi bisa nambah pengetahuan seputar kesehatan deh lewat smart digital solution yang satu ini.

Mudahnya Menggunakan Fitur Rawat Jalan Online


Secara pribadi, aku merasa akses aido health ini nyaman banget. Karena aplikasinya sungguh responsif. User friendly. Didukung pula dengan user interface atau tampilannya yang enggak bikin sakit mata. Malah terkesan imut sih penggunaan icon menu-menunya. Apalagi di bagian pilih spesialisi dokter siloam hospitals.

Setelah berhasil mengunduh dan memasang aplikasinya. Kamu tinggal akses kemudian mendaftar dengan nomor ponsel. Pastikan nomor handphonenya benar dan aktif karena akan ada kode verifikasi yang dikirim untuk melanjutkan pendaftaran.

Isi semua kolom yang muncul secara lengkap. Untuk kode referral bisa masukkan punyaku : GIL010. Nanti akan ada pesan pop up yang menyatakan pendaftaran telah selesai dan selamat datang di aido health.

Pilih layanan yang diinginkan. Aku pilih Rawat Jalan Online. Nanti ada pesan pop up disertai tombol konsultasi sekarang. Di sana tinggal pilih mau konsultasi di Siloam Hospitals Group apa Bethsaida Hospital. Pilih spesialisasi untuk memilih dokternya.

Nanti akan ditampilkan data dokter, dari mulai nama, tempat praktek, lulusan universitas mana, STR dan juga jadwal praktek. Swipe up untuk pilih jadwal prakteknya. 

Menu berikutnya yang tampil setelah klik jam pada jadwal praktek adalah pilih profil pasien. Apakah atas nama diri sendiri (pemilik akun) atau orang lain (bisa tambah profil). Lalu tuliskan keluhan dan lanjutkan ke konfirmasi order dan pembayaran.

Status pemesanan akan tertera di activity bagian ongoing. Jika pembayaran sudah berhasil, akan ada konfirmasi ke email atau whatsapp dan tata cara lebih lengkap saat konsultasi melalui link zoom. Konsultasinya face to face lewat video call. Setelah konsultasi, bisa saja dokter meresepkan obat ataupun rujukan untuk konsultasi di rumah sakit. Jadi saat datang ke sana enggak perlu antri lagi.

Nah, lebih sehat lebih nyaman kan kalau bisa treatment kesehatan secara online gini. Apalagi di masa-masa pandemi begini. Terutama untuk kelompok usia rentan, lansia dan anak-anak. 


Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)