7/01/2020

Strategi Promosi Online untuk Pemula

Di tengah pandemi COVID-19 yang belum juga usai, tentunya ada banyak sektor usaha atau bisnis yang terdampak. Apalagi saat pembatasan sosial berskala besar dilakukan. Namun, di sisi lain, dari adanya pandemi ini banyak juga yang belajar untuk membuka usaha kecil-kecilan di rumah, dan banyak yang beralih ke pemasaran digital.
 
Strategi Promosi Online untuk Pemula Di Tengah Pandemi

Nah, dalam melakukan pemasaran online untuk usaha kamu nih gengs, tentunya dibutuhkan yang namanya strategi digital marketing. Kamu bisa pilih, mau strategi promosi berbayar atau mau yang gratis.

Untuk strategi digital marketing yang gratis ini sering dikenal dengan strategi organik, jadi enggak mengeluarkan biaya apa pun. Namanya juga gratis, beda sama yang berbayar. Kalau berbayar biasanya menggunakan media iklan yang bisa mendatangkan calon pembeli.

Strategi Pemasaran Online yang Harus Diketahui

Pada kesempatan kali ini, aku ingin membahas tentang strategi digital marketing yang bisa teman-teman coba. Apalagi yang baru terjun berbisnis secara digital. Mungkin bisa mencoba berbagai cara yang aku ulas secara singkat di bawah ini. Siapa tahu saja bisa  memberikan dampak penjualan yang lebih baik selama menjalankan berbisnis.

1. Membuat Website Untuk Bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat website yang khusus dibuat untuk landing bisnis kamu. Buat aja website sederhana, terkecuali mau yang bagus banget tapi enggak mau repot dan punya budget lebih, bisa tuh pakai agensi digital, kayak best digital agency Jakarta misalnya. Kalau mau yang sederhana bisa manfaatkan platform gratis. Misalnya pake Blogspot, Wordpress dan masih banyak lagi. 

Jika ingin terlihat profesional, kamu bisa membeli top level domain (TLD) untuk alamat situs kamu.

Nanti pas websitenya sudah siap pakai, kamu tinggal buat konten-konten yang berhubungan sama bisnis kamu, terus jangan lupa dong  dipromosikan. Dalam mengelola situs bisnis, kamu harus konsisten. Karena dengan begitu tujuan kamu bisa tercapai sesuai rencana.

2. Mulailah Menerapkan SEO Dalam Website Anda

Untuk kamu yang baru saja belajar membuat sebuah situs web, termasuk situs bisnis,  mungkin baru mendengar tentang istilah search engine optimization (SEO). SEO ini bisa meningkatkan kinerja setiap website. Selain itu akan membantu teman-teman untuk mencari informasi dengan kata kunci tertentu agar website teman-teman bisa berada di halaman pertama dari pencarian Google. Enggak cuma Google aja sih sebenarnya.

Saat kamu melakukan optimasi SEO dengan bagus, maka kemungkinan untuk tampil di halaman pertama sangat besar. Tapi sebaliknya jika kamu melakukannya secara asal apalagi curang, itu bisa membuat kunjungan website bisnis enggak ada traffic sama sekali, bahkan situs bisa menghilang dari pencarian.  Kalau kamu ingin mengetahui lebih dalam lagi soal SEO Anda tinggal mempelajarinya di internet.

Selain SEO, ada juga yang dinamakan Search Engine Marketing (SEM), yang mana fungsinya hampir sama. Metode yang bisa teman-teman coba untuk menampilkan website di halaman pencarian. Bedanya, kalau Search Engine Optimization lebih kepada optimasi yang tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, sementara untuk SEM, kamu harus mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Biasanya menggunakan iklan Pay Per Click (PPC). 

3. Cobalah Berjualan Di Situs Marketplace Online

Meskipun kamu sudah membuat website menerapkan SEO yang baik di dalamnya, sehingga mudah ditemukan di page one Google. Tapi nih, kamu enggak boleh berhenti sampai di situ. Kamu harus tetap mencoba strategi promosi online lainnya. Salah satunya memanfaatkan situs marketplace yang sudah pasti bisa menjangkau calon pembeli lebih banyak dan tanpa batasan demografi.

Tapi sebelum berpromosi atau sekaligus berjualan di marketplace, pastikan kamu paham dulu target calon pelanggannya seperti apa. Kalau sudah, tinggal memilih marketplace yang cocok untuk bisnis atau produk kamu. Contohnya saja Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD, dan masih banyak lagi yang lainnya. Coba deh perhatikan, setiap marketplace menggunakan cara promosi yang berbeda-beda.

4. Optimalkan Promosi di Media Sosial Anda

Tidak dipungkiri lagi jika melakukan pemasaran melalui social media  campaign sudah banyak dilakukan atau dilirik oleh para pebisnis. Dan kamu sebagai salah satu pebisnis harus pintar dalam menerapkan strategi promosinya. Kalau enggak, ya promosinya enggak akan berjalan lancar dong. 

Kamu bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki sebagai tempat promosi. Kamu bisa mengunggah berbagai produk kamiu terus diberikan keterangan atau caption yang jelas.

Jangan lupa juga, kamu bisa bergabung dengan grup yang ada sesi sharing produk di dalamnya. Di sana, kamu tentunya bisa menambah calon pembeli. Semakin mudah pembeli mengetahui produk yang kamu tawarkan, maka semakin banyak atau besar pula kesempatan kamu untuk mendapatkan keuntungan dari konversi yang dilakukan calon pelanggan.

Kamu harus percaya diri dalam membuat maupun melakukan promosi dengan menarik, sehingga calon pembeli melirik barang-barang yang kamu jual. Misalnya nih, kamu punya whatsapp terus promosikan produk  di status kamu dan bagikan juga statusnya ke grup yang berkaitan. Dengan begini akan ada banyak calon pembeli yang melihatnya.

Nah, dari pembahasan atau uraian singkatku mengenai strategi promosi online untuk pemula. Sudah tahu kan apa yang mau dilakukan, strategi promosi online mana yang mau dilakukan terlebih dahulu. Kamu juga dapat melihat banyak strategi lainnya di internet. Yang pasti apa pun yang ingin kamu, pastikan ku sudah menanamkan dalam niat bersungguh-sungguh dengan cara atau metode yang  sukai dan langsung mempraktekkannya.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)