2/17/2020

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Sejak kecil, aku memiliki masalah telapak tangan berkeringat. Mungkin salah satu di antara kalian pun mempunyai masalah yang sama sepertiku. Jadi, kalau memegang atau menggenggam sesuatu terlalu lama, ujung-ujungnya si benda atau sesuatu tersebut jadi basah oleh keringat. Maka dari itu aku tidak suka kalau harus berlama-lama memegang suatu benda, termasuk crayon, spidol, ataupun kapur tulis. Sebab menghasilkan telapak tangan yang belepotan dan cukup sulit untuk dibersihkan. Oleh karena ini juga, aku pun tak pernah tertarik ikut perlombaan yang mengandalkan kekuatan tangan, seperti tarik tambang, mewarnai dan hal-hal lainnya. Walau tetap sih pernah ikut lomba mewarnai.

Walaupun sudah mengalami hal ini sejak masih kecil, aku tentunya tak pernah memikirkan hal yang macam-macam tentang telapak tangan berkeringat ini.  Tidak tertarik juga untuk mencari tahu penyebabnya apa, sebab kumerasa baik-baik saja, walau memang sedikit menganggu saja kalau sedang berhubungan dengan lembaran kertas.  Cepat basah dan kotor. Sampai tiba pada hari di mana seseorang mengatakan jika telapak tangan mudah berkeringat, tangannya basah itu merupakan pertanda bahwa penderitanya punya lemah jantung.

telapak tangan berkeringat

Aku sadar, sejak saat itu, aku mulai ketakutan, bertanya-tanya dan berdebat dengan diriku sendiri. Pokoknya sebisa mungkin setiap telapak tangan berkeringat, aku langsung lap pakai sapu tangan ataupun tisu, tak mau sampai ada yang melihat. Aku tidak mau mendengar ada orang yang berkata seperti itu lagi padaku, karena aku merasa baik-baik saja. Meskipun sempat jadi kurang percaya diri untuk mencoba wahana ekstrim di taman bermain. Iya, pada akhirnya perkataan itu memengaruhiku, aku ternyata tidak baik-baik saja.

Untunglah di zaman teknologi informasi yang berkembang pesat, aku jadi bisa mencari banyak informasi melalui mesin telusur. Menemukan artikel-artikel kesehatan dari situs yang bisa dibilang  sumbernya terpercaya. Hingga aku pun bisa bernapas lega.

Baca Juga : Aido Health, Cek Kesehatan di Rumah

Dari informasi yang kubaca, telapak tangan berkeringat bukanlah tanda lemah jantung. Lebih tepatnya tidak bisa dipastikan jika telapak tangan berkeringat itu merupakan pertanda seseorang mengidap masalah jantung. Sebab, telapak tangan berkeringat ini bisa saja terjadi atau dialami seseorang karena memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiorid). Tak hanya pada telapak tangan, ini juga bisa terjadi pada telapak kaki dan bagian tubuh lainnya yang memang memiliki kelenjar keringat lebih banyak. Termasuk ketiak dan wajah juga gengs.

Lalu kenapa telapak tangan berkeringat sering dihubungkan dengan masalah jantung. Konon katanya karena terjadinya pembakaran berlebih juga pada sel-sel tubuh, sehingga menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, sama halnya seperti saat jantung bermasalah. Namun, selama penderitanya tidak mengalami masalah sesak pada pernapasan bahkan ketika sedang berolahraga dan beraktivitas berat, maka tidak ada hubungannya telapak tangan berkeringat ini dengan lemah jantung. Bisa juga faktor penyebabnya karena keturunan, dan iya sih ibuku pun punya masalah telapak tangan berkeringat ini.

Baca Juga : 3 Tipe Orang yang Butuh Asuransi Jiwa

Selain itu, telapak tangan berkeringat pun bisa disebabkan oleh faktor psikis ketika seseorang sedang cemas atau gelisah ataupun stress. Tuh kan banyak juga ya faktor penyebab tangan  berkeringat ini. Jadi tidak berbahaya selama ada penyebabnya yang melatar belakanginya. Juga tidak berlangsung lama. 

Namun, walaupun telapak tangan berkeringat tidak dapat dipastikan sebagai tanda memiliki lemah jantung, tapi jika disertai rasa sesak pada pernapasan, detak jantung tak teratur, nafsu makan rendah dan gangguan memori, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau layanan kesehatan setempat.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi masalah telapak tangan berkeringat ini. Dari mengurangi konsumsi sejumlah makanan atau diet, menghindari stress hingga menggunakan obat-obatan. 

28 comments

  1. Gitu ya mbak. Kalau saya beda lagi tangan saya tremor, sejak kecil. Entah apa sebabnya yg pasti bukan karena lapar hehe.

    ReplyDelete
  2. Iya nih jaman kecil dulu ada aja yang bilang kalo tangan beringat pertanda lemah jantung. Padahal telapak tanganku tu berkeringat mulu.

    ReplyDelete
  3. Waktu SMP ada teman sekaligus saudara dari Tasikmalaya yang tangannya selalu keringatan. Alhamdulillah sampai sekarang sudah berumah tangga dan punya anak tinggal di Bandung tidak ada diagnosa jantung
    Padahal tangannya sampai sekarang tetap masih selalu keringatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak saya ini mba. Kalo saya malah sudah turunan sekeluarga, dari keluarga ayah. Semua sepupu saya yg perempuan itu punya pola sama, keringat berlebihan di area telapak tangan. Kita semua kalo nulis, harus pakai alas kertas dulu tangannya. Kalo enggak itu buku bisa kayak abis disiram air. Basah. Hihihi

      Delete
  4. Saya sejak SD mengalami hal ini, telapak tangan terus berkeringat. Kalo saya nulis, tangan saya harus dialas kertas. Kalo enggak, itu buku bisa kayak abis kesiram air. Basah. Pas ujian akhir, saya selalu diperiksa serius sama guru pengawas, soalnya bawa kertas kosong dilipat gitu. Padahal saya bawa buat dijadikan alas tangan. Hahaha. Pernah saya cek ke dokter, jantung saya ternyata normal2 aja kok. Dokter bilang memang kelenjar keringat saya paling sensitif itu di tangan. Masing-masing orang punya produksi keringat berlebih di salah satu bagian tubuhnya. Ada yg di ketek, ada yg di tangan, ada yg di kaki, ada yyg di bawah hidung. Gitu deh.

    ReplyDelete
  5. Ohh, hipertiroid bisa juga ya bikin telapak tangan berkeringat
    Baiklaahh, semoga kita semua sehaattt ya

    ReplyDelete
  6. Baru tahu aku mbak..
    Selama ini pemahamanku adalah klo tangan berkeringat itu sakit jantung..
    Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  7. Kalau saya, telapak tangan berkeringat tuh tandanya saya lapar, wajib banget untuk segera makan, sebelum singanya keluar dan bikin resek hahahaha.

    Ternyata kata orang tentang sakit jantung ditandai dengan telapak tangan berkeringat itu nggak bisa dijadikan patokan bahwa bener sakit jantung ya.

    Jangankan telapak tangan berkeringat, saya bahkan pernah medical check lengkap dan mengunjungi dokter penyakit dalam, karena sering merasa sakit di dada, ternyata masalah pikiran hahahaha

    ReplyDelete
  8. Ibu saya punya penyakit lemah jantung, tapi tidak pernah tuh saya melihat tangannya berkeringat. Jadi dapat dipastikan tangan berkeringat bukan karena ada masalah pada jantung

    ReplyDelete
  9. Padahal untuk tahu lemah jantung harus periksa lebih detail ya kak..Biar kita tahu juga gemana menanganinya dengan tepat.

    ReplyDelete
  10. Sahabatku zaman sekolah ada yang begini nih Gilaaang. Telapak tangannya selalu basah berkeringat gitu. Paling repot waktu kami ujian yang hasilnya diperiksa pake komputer. Kan kertas nggak boleh basah tuh. Akhirnya pake sarung tangan deh.

    ReplyDelete
  11. Dulu, suamiku telapak tangannya berkeringat, parah bahkan, sampai seluruh tangannya jadi dingin. Trus konsultasi ke dokter, disarankann ke psikolog, dan ternyata ada masalah psikis, yang Alhamdulillah sekarang sudah nggak lagi.

    ReplyDelete
  12. Aku jadi ingat temen jaman SMA mba, ada yang punya tangan basah gini
    jadi bukunya kalo nulis basah, kita sih nggak ngapa2in macem2 orang kan beda
    tapi alhamdulillah dia sehat

    ReplyDelete
  13. Saya juga sering dengar nih kalau tangan berkeringat tuh orang yg jantungan, ternyata bukan ya.
    Masuk akal emang jika cemas berlebih kita jadi keringatan, karena pikiran gak karuan gitu sih ya.
    Semoga kita selalu diberi kesehatan.

    ReplyDelete
  14. Aku sering nih denger kalau telapak tangan mudah berkeringat itu karena ada masalah pada jantung, ternyata tidak ya kak. Kecemasan dan kelebihan hormon tiroid bisa jadi penyebabnya. Kemudahan teknologi sekarang bisa bikin kita jadi makin mampu memfilter informasi dan membagikan yang benar

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat, saat diberitahu telapak tangan berkeringat = sakit jantung. Beberapa teman jadi saling cek keringat di tangan teman dan yang basah jadi sedih sendiri. Pastilah aneka anya berkecamuk di dada.

    ReplyDelete
  16. Berarti selama ini saya salah, semoga kita pandai menjaga kesehatan ya kak

    ReplyDelete
  17. Aku banget ini kak Gilang. Dulu masih kecil derise dibilang begjbe, padahal gak bener loh..

    Aku masih ingat kalo ujian, mesti bawa sapu tangan/tisu biar lembar jawaban gak basah..

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya aku ga punya masalah dengan tangan berkeringat 😢

    maaf loh bukan nge-judge, tapi secara pekerjaan aku kan menuntut aku standby depan spidol kertas cat air dll

    Allah selalu memberikan yang terrrrbaik buat ummatNya

    ReplyDelete
  19. Memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiorid) bisa juga menyebabkan telapak tangan berkeringat ya Teh

    ReplyDelete
  20. Saya pernah punya teman yang sering berkeringat di telapak tangannya. Ada yang bilang sakit paru-paru lah, lemah jantung lah, ternyata bisa aja bawaan keturunan ya. Asalkan nggak disertai dnegan gejala lainnya. Thankyou mba, jadi nambah pengetahuan nih.

    ReplyDelete
  21. Wah seperti sy dulu juga waktu msh ad telapak tangan suka berkeringat..tetapi lama2 hilang sendiri sdh dewasa mungkin faktor stress ya haha kecil2 sdh stress maklum dulu sy pemalu jd gampang keringat dingin klo diminta maju depan kelas hehe

    ReplyDelete
  22. Aku malah engga tahu, kalau tangan berkeringat dikaitkan dengan sakit jantung. Kukira bawaan aja, bukan karena penyakit. Ternyata penyebabnya juga macam-macam ya...

    ReplyDelete
  23. Terimakasih kak artikel ini bermanfaat banget. Lalu ingat ponakan yang terus berkeringat tangannya, bahkan ekstremnya pada ngomong kalau jantungnya bocor padahal waktu diperiksa ke dokter ponakan bilang keadaannya baik-baik saja.ternyata karena kelebihan hormon ini ya

    ReplyDelete
  24. saya juga punya teman SMA yang sering berkeringat tangannya.namun sampai saat ini 20 tahun lebih tidak ada keluhan

    ReplyDelete
  25. Temen saya ada yang begitu mbak. Kalo dia memang agak lemah fisiknya. Intinya sih apapun yang terjadi pada diri kita, harus dicaritau penyebabnya. Agar kita dapat mengantisipasi jika ada yang tidak normal pada tubuh kita. Kalo sehat-sehat ya alhamdulillah..

    ReplyDelete
  26. Telapak tangan suamiku juga basah mba, mudah keringatan. Tapi Alhamdulillah dianya sehat2..

    ReplyDelete
  27. Baru - baru ini saya baca tentang keringat berlebih. Kondisi telapak tangan berkeringat hingga basah kuyup memang ga selalu pertanda penyakit, ada hubungannya dengan hormon. Semoga sehat selalu ya, Gil :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)