5/08/2020

3 Tipe Orang yang Butuh Asuransi Jiwa

Siapakah yang butuh asuransi jiwa di antara Spiderman, Batman, Fred The Flinstones, dan Bart Simpsons. Pertanyaan itu muncul di sela-sela talkshow pentingnya mengatur keuangan. Karena perlindungan jiwa ini penting sebagai bagian dari perencanaan keuangan di masa yang akan datang. Jadi, siapakah di antara merekan yang membutuhkan asuransi jiwa. Bukan, jawabannya bukan Superman, Batman maupun Bart Simpsons. Fred the Flinstones lah yang membutuhkannya.

Kenapa Fred, karena Fred masuk ke dalam 3 tipe orang yang membutuhkannya, bukan Spiderman, Batman apalagi Bart Simpsons. Karena Spiderman seorang yatim piatu, tak punya tanggungan, maupun hutang. Pun Batman, dia kaya raya dan Bart Simpsons masih anak-anak, juga punya orang tua. Sementara Fred the Flinstones, dia seorang kepala keluarga, punya istri, anak, dan dinosaurus sebagai hewan peliharaan sekaligus menjadikannya tulang punggung keluarga. Sejalan dengan pengertian asuransi jiwa.

Pengertian Asuransi Jiwa


Asuransi jiwa adalah sebuah program perlindungan antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis (tertanggung). Perlindungannya ini berbentuk pengalihan resiko pengalihan ekonomis atas meninggal atau hidupnya orang yang dipertanggungkan. Bisa dianalogikan sebagai pelampung ketika kamu berada di pesawat atau kapal, maupun payung di atas rumahmu. Perlindungan ini dapat diandalkan jika terjadi sesuatu yang tak pernah diinginkan maupun terpikirkan sebelumnya.

tipe orang butuh asuransi jiwa

Siapa yang butuh asuransi jiwa?


1. Pencari nafkah utama
Seperti halnya Fred the Flinstones, siapapun yang menjadi pencari nafkah utama di dalam keluarganya, sudah seharusnya mempunyai perlindungan yang satu ini. Jadi tidak terpaku pada yang sudah berkeluarga dan punya anak saja, tapi kamu yang masih lajang, namun bertindak sebagai tulang punggung keluarga bagi kedua orangtua pun membutuhkannya. Sehingga ketika sewaktu-waktu kamu mengalami hal yang tak diinginkan (sampai meninggal dunia), ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Ya, walaupun uang tak bisa menggantikan adanya dirimu, setidaknya kehidupan mereka akan terjamin.

2. Resiko pekerjaan tinggi
Selain tulang punggung keluarga, kamu yang bekerja di sektor dengan resiko kecelakaan tinggi saat bekerja pun membutuhkannya. Seperti misalnya,  pilot, tentara, pelaut, basarnas, bekerja di proyek pembangunan, bersinggungan dengan mesin pabrik, dan lain sebagainya.

3. Punya cicilan besar
Kamu mungkin posisinya bukan seorang anak yang menjadi tulang punggung keluarga, namun kamu mulai mencicil banyak hal, termasuk mengambil KPR dengan jumlah besar. Jika suatu hari ada sesuatu tak terduga menimpamu, kamu tidak kau kan cicilan tersebut jadi membebani keluarga atau orangtuamu sebagai ahli waris. Maka dari itu sering kali saat mengambil KPR, disarankan mengambil asuransi juga. Jadi saat kamu sudah tiada di dunia, hutang atau cicilan KPR nya dilunasin oleh pihak asuransi ke bank.


10 Pilihan Asuransi Jiwa dari Prudential


Tentunya ada begitu banyak perusahaan asuransi di negeri ini, salah satunya adalah Prudential dengan tagline nya yang always listening, always understanding. Bagaimana tidak, Prudential terus berinovasi dalam menawarkan hal atau produk baru yang disesuaikan dengan kebutuhan penerima polisnya. Berikut ini adalah 8 pilihan perlindungan jiwa dari Prudential yang bisa kamu pilih :

1. PRUCinta
PRUCinta ini adalah asuransi jiwa syariah tradisional yang menyediakan perlindungan komprehensif selama 20 tahun masa kepesertaan terhadap resiko meninggal dunia ataupun meninggal karena kecelakaan.

Masa kepesertaannya bisa diperpanjang  hingga usia 90 tahun tanpa ada pemeriksaan kesehatan, ditambah manfaat jatuh tempo berbentuk uang tunai atas beban nilai dana di akhir masa kepesertaan.

2. PRUTotal dan Permanent Disablement
PRUTotal dan pemanent disablement merupakan produk asuransi tambahan dari Prudential yang memberi manfaat tambahan kalau-kalau tertanggung utama mengalami cacat total dan tetap yang disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan. Pertanggungannya sampai usia 70 tahun.

3. PRUTotal dan Permanent Disablement Syariah
Pada dasarnya PRUtotal dan permanent disablement syariah ini sama dengan yang biasa, hanya saja santunannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah.

4. PRULife Cover
Yang satu ini merupakan produk yang memberikan perlindungan kalau meninggal sebelum masa akhir perlindungan atau menderita cacat total dan tetap sebelum usia 60 tahun. Selain itu ada pilihan masa pertanggungan sampai usia 99 tahun dan masa pembayaran premi hingga 20 tahun.


5. PRUMy Child
Ini adalah produk asuransi jiwa yang inovatif dan pertama di Indonesia. Di mana menyediakan perlindungan jiwa terkait investasi untuk anak, sejak ia masih dalam kandungan. Perlindungannya komprehensif hingga dewasa kelak. Perlindungan kesehatan, finansial dan pendidikan, semua ada di dalamnya. 

6. PRUSafe Guard
Produk yang memberikan perlindungan kalau meninggal sebelum akhir masa perlindungan, termasuk berbagai manfaat lain berupa penyakit khusus, kecelakaan saat bekerja, juga meninggal di transportasi umum. Preminya terjangkau, bisa dikembalikan di akhir masa perlindungan. Masa pembayaran premi selama 10 tahun dengan perlindungan selama 15 tahun. 

7. PRUPersonal Accident Death & Disablement
Merupakan perlindungan tambahan kalau-kalau tertanggung utama mengalami kecelakaan dan mengalami cacat total, tetap, atau meninggal akibat kecelakaan.

8. PRUPersonal Accident Death dan Disablement Plus
Kenapa ada plusnya, karena perlindungan tambahan untuk kecelakaannya secara menyeluruh. Tidak hanya cacat saja tapi luka bakar, patah tulang, bahkan penggantian  biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan pun ada di dalamnya.

Eh ya, untuk pilihan perlindungan tambahan ini pun terdapat pilihan syariahnya. Jadi ada 10 pilihan. Selain 3 kategori orang di atas, saat ini asuransi jiwa pun ada yang bisa dibeli polisnya untuk anak, dan ada di Prudential juga tentunya. Ini bisa dijadikan sebagai investasi untuk pendidikan anak dan juga perlindungan kalau-kalau kamu punya riwayat penyakit yang bisa menurun pada anak. Sampai jumpa di blogpost selanjutnya dan jangan lupa jaga kesehatan ya!

1 comment

  1. Iya beneeeer. Kepala rumah tangga itu wajib sbnrnya punya asuransi. Aku dan suami juga punya masing2. Jd kalo ada kenapa2 salah satu dari kami, ato 2-2 nya, anak2 kami pastiin ttp terjamin.

    Aku ga mau ngerepotin ortu ato kluarga lain. LBH bgs aku dan suami udh prepare dr skr supaya pikiran juga tenang . Banyak temen2 yg bilang, asuransi itu cuma nguntungin ahli waris.

    Laaah, kan memang tujuannya untuk proteksi orang yg kita tinggalkan supaya hidupnya ga susah setelah kita ga ada. Kalo misalnya EMG tajir melintir, dan tiap bulan slalu bisa nabung gede, gpp kalo ga punya asuransi.

    Tp aku dan suami termasuk boros dan suka traveling. Krn itu supaya anak2 ga terlantar nantinya kalo kami berdua kenapa2, beli asuransi jiwa deh utk perlindungan mereka. :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)