4/27/2020

Resep Takjil Segar, Sirup Cocopandan

Dalam blogpost kali ini aku mau cerita soal resep takjil segar yang kubuat gara-gara sering nonton tayangan masak-masak di youtube. Selain itu, ku juga jadi lebih sering baca cookpad dibandingkan situs-situs lain. Nyari resep yang bahannya ada di rumah. Enggak mampu lha aku sengaja beli bahan buat bikin menu buka puasa di saat-saat sekarang ini. Lha kenapa malah jadi curhat. Ya tapi intinya bersyukur masih bisa bernapas dan makan. Karena bisa aja di luaran sana banyak yang mungkin puasa berhari-hari tanpa makanan. Beberapa hari lalu aja ada berita ibu dari empat anak meninggal karena selama dua hari hanya minum air galon. Sedih banget rasanya. Kuharap semoga pandemi lekas berlalu menjelang lebaran.

Untuk minuman berbuka puasa yang bisa membuat tubuh adem kali ini, aku memakai campuran sirup cocopandan. Karena adanya ya sirup rasa ini. Kalau kamu punya atau mau sirup rasa lain, ya bisa-bisa aja kok. Soalnya cairan yang manis dan kental ini bukan bahan utamanya, melainkan bahan pelengkapnya. Lagi pula kalau memaksakan pakai bahan yang enggak kamu suka, nantinya mubazir kalau enggak dikonsumsi. Bahkan nih, kalau mau pakai campuran berbahan serbuk pun enggak masalah. Coba aja. Ya gimana, sejauh ini saat aku gagal bikin camilan ataupun masakan, tetap masih bisa dimakan kok. Walau kadang rasanya kurang atau tampilannya amburadul.

Baca Juga : 11 Langkah Membuat Donat Labu Tanpa Telur

resep takjil segar

Aneka minuman pelepas dahaga setelah seharian berpuasa yang akan aku bagikan di sini dari mulai bahan, alat dan cara membuatnya ada tiga pilihan. Bahan-bahannya pun bisa dibilang sederhana dna mudah ditemukan di warung terdekat. Dari mulai Es Tape Cocopandan, Dalgona Sirup Cocopandan, dan juga Es Krim Cocopandan. Tapi ya gengs, walaupun ini bisa melepas dahaga, jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering. Soalnya kan mengandung gula, dan hal apa pun kalau berlebihan itu enggak baik kan. Jadi yang sedang-sedang saja kalau kata lagu dangdut mah *eh salah fokus. Yuk ah kita mulai bikin minuman berbuka puasanya.

1. Es tape cocopandan


Aku lupa tepatnya nemu resep ini di chanel siapa, pokoknya di youtube. Ya gimana, saking ingin mencoba mempraktikkannya, aku langsung catat menu lalu pergi ke dapur. Yang pasti cara membuat dan bahannya sama, cuma takaran yang dikurangi karena kumembuatnya untuk 2 porsi aja. 
Bahan - bahan : tape singkong 150 gr (sudah dibersihkan seratnya), 1 sachet kental manis putih, 75 ml air, 1/2 sdm gula pasir, sirup cocopandan secukupnya, es batu secukupnya
Setelah menyediakan semua bahan, langkah selanjutnya ya tentu aja membuatnya ya gengs. Pertama-tama panaskan air dan gulanya di dalam panci hingga larut. Kemudian matikan kompornya dan beralih ke menguleni tapenya hingga lembut. Baru setelahnya masukkan campuran air dan gula serta kental manisnya. Aduk deh hingga merata.

es tape sirup cocopandan

Jika adonan tapenya udah selesai, langkah selanjutnya siapkan gelas berukuran sedang, isi es batu secukupnya, lalu sirup cocopandan secukupnya dan terakhir adonan tapenya yang sudah jadi. Selesai deh, es tape cocopandan siap untuk melepas dahaga dan membuat tubuh adem saat berbuka puasa. 

2. Dalgona sirup cocopandan


Beberapa waktu lalu media sosial ramai dengan unggahan dalgona coffee. Bahkan sampai ada warganet yang bilang minumnya sebentar, ngaduknya bisa sampai meninggal kalau enggak pakai mixer. Pernyataan itu sungguh membuatku melongo. Sebab, aku kemarin bikin dalgona tapi pake sirup cocopandan, enggak sampai 10 menit udah jadi. Itupun dikocok pake sendok makan biasa karena enggak punya kocokan telur apalagi mixer. Sok bilih aya nu bade nyumbang pangocok endog sareng mixer.

dalgona sirup cocopandan

Untuk resepnya aku mencampurkan antara resep dari pembuatan dalgona coffee ala channel youtube pufflova (ini chanel bikin camilan yang mudah dipahami cara bikinnya tapi di sisi lain musik sama suara pemiliknya bikin aku berasa lagi didongengin mau tidur) dan channel satu lagi yang bikin pake sirup, aku lupa namanya. Jadi di pufflova itu pake gula halus, di channel satunya pake gula pasir. Karena gula pasir di rumah habis, ya udah aku pake yang ada, adanya gula halus. Tapi pake tambahan satu bahan yang ada di channel yang bikin pake sirup.

Baca Juga : Teh Tarik Hanaang, Manis dan Segar
Bahan-bahan : 2 sdm sirup cocopandan, 2,5 sdm gula halus, 2 sdm air sangat dingin, 1/2 sdt SP, susu secukupnya (mau susu cair kek, susu bubuk di airin kek, atau kental manis juga boleh lha asal jangan 1 sachet buat satu gelas nanti terlalu manis), es batu secukupnya kalau mau lebih dingin
Pertama-tama masukkan semua bahan kecuali susu dan aduk menggunakan sendok kurang lebih 10 menit atau hingga campuran semua bahan tersebut jadi mengembang. Langkah selanjutnya, tuangkan es dan susu ke dalam gelas, lalu tambahkan dalgona sirup hingga ke bibir gelas. Dalgona sirup cocopandan siap dinikmati. Asli ini aroma cocopandannya wangi banget dan tetap lebih dominan daripada susunya. Dia pun sampai lebih dari dua jam kalau enggak aku aduk tetap ngambang, enggak menyatu ke susunya. Eh ya, ini bisa untuk 2 porsi lho.

3. Es krim cocopandan


Yang terakhir tentu saja makanan dingin yang udah enggak asing lagi dan jajanan favorit aku. Iya, es krim. Es krim itu adalah makanan manis yang enggak bisa kutolak. Dan ini percobaan pertamaku bikin es krim hanya mengandalkan dua buah sendok untuk mengocoknya dan bukan pake es krim bubuk instan. Aku bikinnya pakai susu, sirup dan beberapa bahan lainnya. Tapi hasil akhirnya membuatku ingin menangis haru karena berhasil. Walaupun tetap ya kurang maksimal ngembangnya kalau enggak pakai mixer.
Bahan-bahan : 2 sdm tepung maizena, 1 sachet susu bubuk dancow 27 gr, 8 sdm gula pasir, 2 sdm sirup cocopandan, air 2,5 gelas belimbing, 1/2 sdm SP
Pertama-tama, masukkan semua bahan kecuali SP ke dalam panci dan aduk sebentar hingga tak ada tepung maizena yang menggumpal. Kemudian panaskan hingga mendidih dan semua bahan tercampur rata. Setelah sedikit dingin, pindahkan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer selama 4 jam atau adonan setengah beku.

es krim resep takji segar sirup

Langkah selanjutnya, hancurkan adonan setengah beku tersebut dan tambahkan SP nya. Kocok hingga mengembang 3 kali lipat. Karena pake sendok, aku pegal-pegal ngocok sampai kurang lebih satu jam lah. Setelah mengembang, tempatkan ke dalam wadah yang diinginkan lalu masukkan kembali ke dalam freezer selama kurang lebih delapan jam atau adonan beku sempurna. Es krim cocopandan yang harum dan lembut siap dinikmati deh.

Sekian cara membuat tiga minuman untuk berbuka puasa kali ini, selamat mencoba dan sampai jumpa di coba-coba masak berikutnya.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu