3 Cara Menentukan Harga Mobil Bekas

By Gemaulani

Ada banyak cara menentukan harga mobil bekas yang bisa dilakukan. Tapi kali ini aku mau bahas 3 poin pentingnya aja terlebih dahulu. Mengingat untuk menentukan harga ini tidak boleh dilakukan sembarangan jika ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan dan juga cepat mendapatkan pembelinya. Kecuali kalau kamu memang sengaja menjualnya karena sudah tak memerlukan mobil dan juga uang. Mau dijual suka-suka tidak jadi masalah.
Dalam menentukan nilai mobil bekas milikmu, cobalah menerapkan beberapa tips mendapatkan harga jual yang bukan mobil baru dan cepat laku di bawah ini. Ini boleh dilakukan secara berurutan maupun acak lho. Yang pasti langkah-langkahnya tidak sulit untuk dilakukan. Selain untuk proses menjual kendaraan, ini juga bisa dipakai dalam proses kamu membeli mobil bekas yang layak pakai.

Tips Mendapatkan Harga Mobil Bekas Menguntungkan

1. Cek kondisi kendaraan dan aksesoris tambahan

Sebelum memutuskan untuk menjual ataupun membeli mobil yang bukan mobil baru, pastikan kamu selalu mengecek kondisi kendaraan tersebut. Baik dari segi tampilan, performa maupun aksesoris tambahan yang disematkan dalam mobil. Semakin prima mesin atau performnya, juga lengkap aksesorisnya, maka semakin besar pula harga yang bisa ditetapkan. Pastikan memeriksanya secara menyeluruh ya. Jika perlu, libatkan orang yang paham tentang mesin mobil.

Cara Menentukan Harga Mobil Bekas yang bisa menguntungkan kedua belah pihak

2. Cek tahun pembuatan dan kelengkapan surat

Selain kondisi kendaraan, hal yang tidak boleh luput untuk diperiksa adalah mengecek kapan mobil dibuat.  Kamu bisa memeriksanya di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau surat-surat lainnya terkait kepemilikan kendaraannya pun lengkap agar tidak ada masalah kemudian hari. Selain itu, cek juga apakah pajak kendaraan rutin membayar pajak atau malah menunggak.
Tahun kendaraan ataupun pembuatan mobil ini akan berpengaruh pada harga penjualan. Soalnya, pada umumnya, besaran penurunan harga akan semakin kecil dari tahun ke tahun. Bisa 10 sampai dengan 15 persen di tahun pertama. Lalu 5 sampai 10 persen di tahun kedua dan  5 sampai 8 persen di tahun ketiga.

Baca Juga : 8 Penyebab Harga Vespa Matic Lebih Mahal

Perlu diingat juga, mobil lama tak berarti harganya lebih murah, karena kelangkaan dan minat tinggi pada mobil tipe tertentu membuatnya menjadi langka. Apalagi kalau mobilnya punya nilai sejarah, akhirnya harganya  pun bisa lebih tinggi dari mobil keluaran terbaru.


3. Cari tahu harga di pasaran dan bandingkan

Selain mengecek kondisi mobil dan juga kelengkapan dokumennya, pastikan untuk mencari tahu harga yang umum di pasaran. Caranya bisa dengan cek secara daring di mesin telusur. Karena sekarang ini sudah banyak situs yang menyedialan layanan penjualan dan pembelian mobil, baik baru maupun bekas. Selain itu, bisa juga mengunjungi showroom terdekat di kota dengan mencari kendaraan yang setipe.
Setelah itu, bandingkan lah harganya dan sesuaikan dengan mobil kamu. Kalau kondisi dan kelengkapan dokumen bagus, kamu bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi. Namun, jika tidak, tentu saja harusnya menyesuaikan dengan harga yang lebih murah untuk mendapatkan pembeli.

Baca Juga :  Menilik Ciri-ciri Mesin Truk Masih Bagus


Cara Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Anti Ribet


Jika kamu merasa kerepotan untuk menentukan harga mobil bekas baik untuk dijual ataupun dibeli. Cobalah untuk melakukan jual beli mobil bekasnya melalui mobil88 yang menawarkan beragam penawaran menguntungkan untuk kita sebagai konsumennya, seperti berikut ini :
1. Mobil88 menjual mobil bekas dengan beragam tipe dan merek kendaraan. Jadi kita mempunyai banyak pilihan mobil secondnya.
2. Mobil yang dijual di Mobil88 terjamin kualitasnya. Bukan kaleng-kaleng kalau kata anak gaul mah. Tidak bekas banjir, tidak bekas tabrakan. Kemudian dokumennya pun asli dan sudah diverifikasi pada pihak berwajib. Nomor rangka dan mesin serta odometer kendaraan roda empatnya pun tidak putaran.
3. Mobil88 memiliki 20 showroom yang tersebar di 10 kota di Indonesia. Dari mulai Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bandung, Palembang, Pekanbaru, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Bali. Jadi tidak hanya di pulau Jawa aja  ada showroomnnya, tapi juga di luar pulau Jawa yang termasuk dalam kota-kota besar.
4. Kemudahan proses transaksi di Mobil88 membuat konsumen menjadi lebih nyaman. Soalnya, selain bisa datang ke showroom, sekarang membeli mobil di mobil88 juga bisa dilakukan melalui channel mobil88 e-store. Baik lewat website atau situsnya, maupun aplikasinya. Pokoknya bisa langsung transaksi secara online.
5. Selain bisa membeli mobil bekas. Di mobil88, konsumen atau pelanggan juga bisa menjual mobilnya maupun melakukan tukar tambah.

Leave a Comment