5/28/2020

Cara Menaikkan Domain Authority | Cepat

Kali ini ku ingin berbagi Cara menaikkan domain authority dengan cepat di tahun 2020. Ya siapa tahu kan, kamu sedang mencari jawaban kenapa domain authority (DA) blognya enggak naik-naik, atau malah turun perlahan-lahan. Tenang, kamu enggak sendiri kok, punyaku aja baru turun 2, bulan lalu.

Penurunan yang walaupun enggak sedrastis tahun lalu, saat algoritma google mengalami perubahan. Di mana DA blogku turun 10, dari belasan langsung ke angka 8. Tetap aja rasanya kzl, stres dan menimbulkan beragam pertanyaan dibenakku. Apa yang harus aku lakukan untuk membuat DA-nya enggak turun terus menerus. Gimana caranya agar domain authority naik lagi.

Cara Menaikkan Domain Authority Cepat ini jangan ditiru jika kamu mudah menyerah

Pucuk dicinta ulam pun tiba di awal apa pertengahan bulan april, aku lupa tepatnya. Yang pasti ada form pendaftaran Kelas 30 Hari DA Naik di salah satu grup blogger. Tanpa pikir panjang, aku langsung isi formnya dan menunggu sambil merapal doa semoga terpilih. 28 April, di malam hari ada pemberitahuan bahwa aku termasuk 30 orang pertama yang masuk kelas gelombang 1, disertai link grup kelasnya.

Aku bahagia pake banget eh bahkan tak terhingga sih, soalnya berhasil naik 4 poin, dari 10 ke 14. Makanya, ilmu atau tips naikkin DA dari kelas tersebut aku kubagi garis besarnya di sini. Kalau mau yang lengkap, tunggu aja kelas gelombang 2 dibuka ya gengs.

Apa Itu Domain Authority?


Di akhir tahun 2015 aku mulai ngeblog lagi, dan sama sekali enggak kenal sama DA, Page Authority (PA) dan kawan-kawannya yang lain. Ya gimana, niatnya juga cuma untuk curhat doang. Bahkan di salah satu grup komunitas ngomongin DA, PA dan Search Engine Optimization (SEO) aku cuma baca sekilas kemudian lupa #mintaditoyor. Barulah di penghujung 2016, saat beli domain, kumulai mencari tahu tentang hal ini di mesin telusur.

Ada banyak tentunya pengertian DA ini menurut hasil pencarian di mesin telusur raksasa favoritku, google. Yang kalau aku tarik kesimpulan, Domain Authority adalah ukuran atau nilai yang dijadikan acuan pada mesin pencari supaya bisa memberikan peringkat ke sebuah situs, termasuk blog tentunya.

Semakin besar nilainya, semakin tinggi tingkat kepercayaan situs tersebut di mata mesin pencari. Kalau situs atau blog kita dipercaya, tentunya akan membuat blog makin populer dan sering nangkring di halaman pertama mesin pencari atau pejwan eh page one.

4 Cara Domain Authority Naik Jangan Ditiru!


Makanya Domain Authority itu penting buat blogger, terutama yang mengoptimasi blognya untuk menghasilkan cuan dari job menulis, baik dari sponsored post maupun content placement. Soalnya, makin besar nilainya, semakin besar juga dong bayaran yang bisa didapatkan. Seru ya dari menyalurkan hobi menulis di blog eh mendatangkan rezeki. Ya, walaupun enggak semua job menulis di blog pake acuan nilai DA sih, ada yang pake parameter lain. Kayak Domain Rating misalnya. Udah ah, yuk masuk ke intinya aja nih, teknik menaikkan Domain Authority yang kudapatkan dari kelas 30 Hari DA Naik yang dipandu Mas Irwin dan Mas Pewe

1. Mencari tahu masalah dari blog dan membenahinya


Di hari pertama masuk ke grup, masing-masing penghuni dipersilakan memperkenalkan diri beserta alamat blognya, kemudian dilanjutkan dengan mengecek skor masing-masing blog di seoptimer.com sebagai permulaan. Terapi shock banget lha ini buat aku mah. Di saat nilai blog yang lain B+, A-, dan A, nilaiku sungguh membuat istighfar, B- dong. Masalahnya ada di SEO aku yang jelek banget, dari mulai enggak ada deskripsi blog, alt image enggak lengkap, sampai url page yang kepanjangan dan jadinya enggak manusiawi cenah.

Soal deskripsi blog sendiri, udah diingatkan padahal sama mas Irwin di awal sebelum ngecek pake tools itu, tapi aku enggak terlalu ngeh kalau deskripsi yang dimaksudkan adalah meta. Aku mikirnya deskripsi di judul blog #pancimanapanci.

Meta deskripsi sendiri adalah bagian dari Meta Tag yang penting untuk menjelaskan secara singkat terkait halaman yang dimaksud pada hasil pencarian. Enggak cuma deskripsi blog sih, deskripsi setiap artikel juga harus ada.

Mas Pewe pun ngasih cara dan contoh untuk pasang meta deskripsi sekalian sama meta keywords pake kode html, baik untuk yang pake wordpress maupun blogspot. Eh ya, buat yang pake blogspot, kalau udah membuat deskripsi blog pake kode html, deskripsi yang di pengaturan jangan diisi juga. Cukup di 'ya,' kan saja buat mengaktifkan kolom deskripsi penelusuran saat nulis artikel.

Baca Juga : Nulis dan Ngeblog Pake Ponsel

2. Mengenal Fungsi Google Analytics dan Google Search Console


Kelas 30 Hari DA Naik secara resminya dimulai dengan pengenalan dua tools dari google ini. Yang mana udah kupasang sejak 2018 untuk Google Analytics (GA) dan sejak akhir tahun lalu untuk Google Search Console (GSC). Tapi ya gitu, dipakenya cuma buat ngambil laporan artikel tertentu yang kubutuhkan dan melihat bounce rate naik apa turun di GA. Di GSC cuma dipake buat inspect url biar url artikel terbaru cepat terindeks google. Padahal, banyak fungsi lainnya yang berguna buat meningkatkan performa SEO.

Antara Google Analytics dan Google Search Console ini punya fungsi yang sama : menampilkan traffik pada blog. Bedanya, kalau GA menampilkan semua traffik. Mau itu dari Search Engine, Iklan, Direct ataupun Media Sosial. Sementara GSC cuma menampilkan berdasarkan pencarian di mesin telusur aja.

Cara Menurunkan Bounce Rate DA Naik ini bisa dilakukan melalui pemasangan internal link

Dari GA aku jadi bisa tahu nih, yang baca blogku kebanyakan usianya berapa, minatnya lebih banyak ke mana. Jadi, walaupun blogku termasuknya gado-gado, tapi tetap ada satu bahasan atau tema yang urutannya paling tinggi. Yang artinya biar blog bisa dapet trust, tema tersebut harus ditulis lebih banyak. Ini lebih ke ngutip kalimatnya mas Irwin sih. Nanti bakal dijelasin lengkap satu persatu sama mas Irwin kalau kamu masuk ke kelas gelombang 2.

Nah untuk GSC ini, fungsinya enggak cuma biar url artikel cepat keindeks pake fitur inspect url lho, tapi banyak fitur yang berguna banget buat blogger, salah satunya audit SEO. Di mana ada fitur cakupan yang bisa menunjukkan permasalahan pada halaman blog.

Aku kemarin bertemu dengan masalah eror 404, dan peringatan diindeks meski diblokir robot.txt. Terus masalah breadcrumb yang struktur data-vocabulary.org telah dihentikan. Ya iyalah, ternyata sekarang google pakenya struktur data schema.org. Karena template lama enggak bisa diajak kerja sama, ya udah akhirnya ganti template. Eh ya Breadcrumb di sini bukan tepung roti ya gengs, dia adalah navigasi.

Menjawab keresahanmu yang takut DA turun karena ganti template : Enggak, kalau bikin lebih baik. Dan usahakan template barunya diedit dulu sebelum diunggah. Jangan sampai ada navigasi yang mengarah ke #. - Mas Irwin

Baca Juga : Cara Menaikkan Website di Google

3. Buat konten berkualitas pake SEO on Page


Ada 18 materi yang dibahas mas Irwin di SEO on Page, yang kalau dijelaskan di sini semua bisa kayak episode tersanjung, secara aku mah boros kata-kata. Nanti kamu yang baca malah pusing, seperti aku yang dulu-dulu mau belajar SEO, baru baca satu-dua artikel udah langsung lambaikan tangan ke kamera. Enggak sanggup. Nanti lha yang sejelas-jelasnya kalau kamu ikut kelas gelombang 2. Penjelasannya singkat dan padat, tapi mudah dipahami. 

Kalau yang singkat dan padat itu aku tulis di sini kan jatuhnya jadi plagiasi. Ya, baiklah, aku mau bahas soal research keyword, link, sama alt image sekilas aja. Sekilas aja, tahu-tahu kalimatnya panjang banget geura. 

Cara Meningkatkan Domain Authority SEO on Page agar konten menjadi berkualitas dan mudah ditemukan di mesin pencari

Keyword atau kata kunci adalah hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menulis artikel. Ini kalau kamu ingin artikelnya mudah ditemukan dan syukur-syukur bisa tampil di pejwan google. Dalam 1 artikel digunakan 1 keyword, selebihnya adalah LSI keyword. Kata kunci ini harus ada di judul, di url artikel, deskripsi penelusuran artikel, nama gambar dan alt image.

Untuk riset kata kunci gratis bisa dicoba di neilpatel.com/ubersuggest. Aku kemarin nyoba kata kunci : rasanya pingsan. Kata kunci buat memperbaharui artikel lamaku. Yang mana volume pencariannya 210. Semakin besar angkanya, semakin ketat persaingannya. Setelahnya cek kompetisi di mesin telusur pake allintitle:rasanya pingsan dan keluarlah angka 368.

Dari cek kompetisi ini kita jadi tahu ada berapa banyak situs yang menargetkan keyword tersebut. Mulai deh menulis artikelnya dengan minimal 600 kata, lebih panjang lebih bagus sih selama berisi, bukan dipanjang-panjangin kayak aku kalau nulis ehehe.

Allintitle Cara Meningkatkan Pagerank Website bisa dilakukan dengan cara optimasi SEO on Page

Selain kata kunci, untuk membuat laman kontennya berkualitas, jangan lupa untuk selalu menyisipkan minimal 2 link internal ke related post dan 1 link internal ke kategori dalam setiap artikel dan pastikan do follow. Ini berpengaruh juga ke penurunan bounce rate. Asli bounce rate aku bisa sampai 95 biasanya, kemarin baru membenahi beberapa artikel udah turun ke 79-85 an, indah banget kalau semua udah dikasih internal link pasti lebih turun lagi bounce ratenya.

Soalnya dengan ada link internal dalam sebuah artikel, ini membuat pembaca enggak pergi begitu aja setelah baca artikelnya. Yang mana inilah yang membuat bounce rate jadi meledak.

Sementara itu, kalau ada link eksternalnya, biasanya sponsored post atau content placement suka ada link keluar yang harus ditanam kan. Kalau maksimal ada 2, link internalnya tetap dengan ketentuan di atas. Tapi kalau lebih dari 2, link internal harus ditambah lagi biar seimbang. Tapi, kalau misalkan di artikel berbayar enggak ada link eksternal wajib, bisa kok ditambahin link eksternal lain yang relevan dan nilainya bagus. Kayak wikipedia, facebook, dan lainnya.

Lanjut ke alt image. Siapa yang kalau menyisipkan gambar di artikel enggak diedit dulu namanya. Aku ngacung sih. Kadang suka lupa buat ganti nama gambarnya. Masih IMG001, Screenshoot123, dan lain sebagainya. Plus belum berdasarkan keyword juga penamaannya. Nah mulai sekarang, penamaan gambar wajib kudu harus diubah sebelum diunggah ke artikel dan ditambahkan alt image juga biar google bisa baca judul gambarnya.

Alt image di blogspot tampilan lama ada di bagian properties saat kamu klik gambarnya sebelum artikel dipublish, isi di kolom title text dan alt text yang tersedia. Jangan lupa submit juga di GSC biar cepat terindeks dan bagikan di media sosial biar banyak yang baca.

 Belajar Cara Menggunakan MOZ Pro


Domain authority sendiri munculnya dari MOZ ya kan. Nah, di kelas 30 hari DA naik ini, kita diberikan akses premium selama 30 hari secara gratis. Padahal, harga langganannya enggak murah. Beruntung bangetlah aku bisa masuk kelas ini.

Mulanya kita dikasih tahu tata cara menggunakan MOZ Pro, pertama dimulai dari bikin campaignnya. Yang mana nanti bisa melihat masalah-masalah yang harus diperbaiki pada blog, maupun artikel yang mau diperbaharui.

Mau nangis sih aku waktu lihat 1,4k issues yang harus kubenahi di blog. Dari mulai, meta deskripsi artikel yang sebagian besar emang belum aku pasang, eror 404 karena url dihapus seenaknya dan belum redirect, judul terlalu pendek, terlalu panjang. Terus url yang kepanjangan juga. Ya gimana, selama bertahun-tahun ini aku kalau nulis judul sama url suka-suka aja. Ada yang cuma sekata, ada yang panjang kayak gerbong kereta api.

Itu issuesnya bisa bertambah dan berkurang saat proses crawl selanjutnya. Punyaku alhamdulillah naik turun setelah dibenahi satu persatu. Masih sisa ratusan sih sampai hari ini. Belum selesai. Makanya DA ku masih istiqomah, stagnan. Beda sama teman-teman lain yang udah naik, liat aja digambar. Maafkan aku duo coach.

Cara Menaikkan DA Kelas 30 Hari DA Naik ini mudah dipahami dan berhasil

Enggak apa-apa sih belum naik, karena ku yakin kalau itu masalah yang terdeteksi MOZ Pro enggak cepat-cepat kubenahi, bisa aja bulan ini turun lagi. Secara dari Maret-April mulai turun satu-satu, berguguran. Mudah-mudahan setelah kubereskan semuanya, terus update semua artikel lama dan nerapin lebih banyak SEO off Page, DA nya bisa naik melesat. Bantu doa ya gengs.

Tips Naikkin DA Cepat Dalam 30 Hari untuk kamu yang pantang menyerah

Kalau kamu membaca dengan seksama di atas, pernyatannya jadi enggak nyambung kan ya. Iya, itu karena Domain Authority blog ini naiknya di awal Juni 2020, lewat dari 30 hari sih, tapi buatku, kalau bukan karena belajar di kelas ini, naik 4 poin dalam waktu 36 harian itu kayak mimpi. Dan ku akan terus membenahi juga tanam-tanam biar bisa naik lagi. Bantu doa lagi ya.

4. Tanam Backlink berkualitas SEO off Page


Nah, sambil memperbaiki masalah SEO on Page (Harusnya sih udah beres, akunya aja yang lambat ngerjainnya #timpukinpanci boleh. Kelas dilanjut ke materi SEO off Page yang dibahas oleh Mas Pewe. SEO off Page ini merupakan langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Dengan kata lain, optimasi dari faktor-faktor eksternal.

Cara Naikkin DA Tanam Backlink Berkualitas SEO off Page ini harus sejalan dengan SEO on Page Dibenahi

SEO off Page ini ada banyak macamnya. Yang paling sederhana adalah share di media sosial. Sementara yang diberikan oleh Mas Pewe adalah link building, sederhananya sebut saja backlink do follow dari web maupun blog yang nilai Domain authority nya besar menuju ke blog kita.

Mas Pewe pun memberikan list website untuk dijadikan sumber backlink berkualitas. Yang mana kalau diterapkan bisa membuat DA semakin naik. Dari daftaran blog di atas, yang naiknya 3-5 poin itu selain SEO on Page, ditunjang juga dari SEO off Page lho. Jadi,  SEO on Page dan SEO off Page ini penting sebagai bagian dari cara meningkatkan DA.

Kesimpulannya apa gengs, 4 Cara Menaikkan DA di atas enggak akan berhasil kalau enggak dilakukan atau diterapkan tentunya. Jadi, yuk lanjut berbenah, atau mulai berbenah untuk yang baru memulai. Insyaallah kalau istiqomah, sabar, dan berkesinambungan, nanti Domain authority akan naik. Pada akhirnya kembali ke bloggernya masing-masing. Tapi kalau mau naik cepat tanpa berlelah-lelah, pakai jasa menaikkan DA aja. Lewat mas Pewe juga bisa.

Berada di Kelas 30 Hari DA Naik Gratis ini nano-nano


Yang kurasakan selama berada di kelas 30 Hari DA Naik dan kelasnya gratis ini ya nano-nano. Apalagi kelasnya di bulan ramadan. Sering ketinggalan kelas karena ketiduran. Ya gimana, habis buka puasa, lanjut taraweh, terus rasa kantuk pun datang karena kekenyangan. Aku mah suka gitu kalau bulan puasa. Mohon maafkan aku. Jadi akhirnya aku nyimak aja yang udah dibahas dan pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman lain. Untung ada yang ngasih saran setiap materi baru diberikan hastag biar mudah dicari buat yang ketinggalan kayak aku.

Di kelas ini ku enggak takut buat nanya-nanya kalau masih ada yang belum dipahami. Karena duo coach yang suka saling tuduh siapa yang lebih suhu ini selalu menjawab pertanyaan yang diajukan dengan bahasa yang mudah dipahami dan enggak kaku. Kalaupun enggak dijawab secara langsung, tetap aja dikasih kata kunci jawabannya atau malah link untuk menjawab pertanyaan itu. Belum lagi ada teman-teman lainnya yang udah paham atau bertemu masalah yang sama terus bantu menjawab. Seneng banget deh.

Iya, seneng banget, udah dapat banyak ilmu cara menaikkan domain authority cepat, ditambah diberikan fasilitas yang harganya membuat aku melirik isi dompet yang kosong dan dapat teman baru juga. Terus jadi belajar buat nyari tahu banyak hal buat blogspot aku, salah satunya redirect. Pokoknya mau berterima kasih banyak sama Mas Irwin dan Mas Pewe atas semua ilmunya di kelas ini. Semoga menjadi amalan yang enggak putus-putus. Aku enggak punya saran, aku bingung mau ngasih saran apa karena udah ada yang mewakili.

31 comments

  1. Mau berterima kasih juga sama Mbak Gilang yang sudah berkenan direpotin. Hahaha

    Aku belum kelar kerjain PR juga ini mbak. Hehehe... Semangat

    ReplyDelete
  2. Wah akhirnya dapet bocoran setelah sekian purnama nunggu-nunggu. Makasi ya kakk ����

    ReplyDelete
  3. senangnya yang bisa ikutan kelas gratis kayak gini.. semoga amal jariyah bersama guru2nya dan kalian yang sudah ikhlas berbagi... semangat!!

    ReplyDelete
  4. Keren nih informasinya, aku sendiri menulis mengalir begitu saja, ternyata kita harus memahami apa masalah utama blog kita agar performanya baik

    ReplyDelete
  5. Pengen bgt ikutan 30 hari menaikkan DA. Tapi blm bisa otak atik blog kalau di kampung gini. Ah nyimak dulu kali bisa praktek otodidak. Meskipun pastinya praktek langsung sama master nya lebih mantep ya

    ReplyDelete
  6. Yang penting prkatek ya... Nanti coba ku prkatekin ah, soalnya kemaren gak keangkut hahhaa... Tapi sudah ada temen-temen yang share :D

    ReplyDelete
  7. Ya ampn, ilmunya daging banget. Aku harus ikut kelasnya yang batch dua nih. Blogku luar biasa berantakannya.

    ReplyDelete
  8. Waaa terima kasih ilmunya kak.. Beruntung banget ya bisa ikutan kelas yang bermanfaat seperti itu dengan gratis :D

    ReplyDelete
  9. Makasih udah berbagi ilmunya ya dari kelas menaikan DA. Aku coba pahami & praktikkan deh dari tulisan ini. Jadi sekarang siap2 naik lagi DAnya dong ya? :)

    ReplyDelete
  10. Soal internal link kok beda-beda ya, padahal gurunya sama :D. Tadi di blog sebelah ada yang bilang minimal 2, ada yang maksimal 2. Di sini minimal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini minimal 3 *angka 3-nya ketinggalan :D

      Delete
  11. widih keren emang mas pewe dan mas irwin itu suka berbagi ilmu dan ingin meningkatkan blogger indonesia supaya bisa dapat job terus aamiin

    ReplyDelete
  12. Makasih bocoran ilmu menaikkan DA-nya dengan berbagi melalui tulisan ini, mba.
    Aku ikutan pengen praktek, tapi daleman blognya ga bisa diotak-atik krn baru domain berbayar aja belum self hosted.
    Semoga setelah ilmunya dipraktekkan, DA blognya naik ya, mba.

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget pembahasannya dan mudah dipahami. Saya harus mengunyahnya pelan-pelan biar bisa nancep di kepala. Makasih ya, mba. Ini mau saya terapkan biar DA ku juga melonjak.

    ReplyDelete
  14. Wah jadi pengen ikutan kelasnya aku.
    Naiknya banyak g mbak

    ReplyDelete
  15. Jadi tau sekarang masalahnya dimana, di settingan template baru saya banyak yang masih mengarah ke # artinya nggak kemana-kemana bakal jelek terus. Harus mulai berbenah pelan-pelan. Btw aku juga mulai mengikuti Neil Patel dan Alhamdulillah materinya mudah dicerna.

    ReplyDelete
  16. Ternyata nggak mudah ya, buat naikin DA. Aku baca tulisan mba aja langsung tersadar kalai banyak sekali yang harus aku terapkan di blogku. Hiks.

    ReplyDelete
  17. oke, akan dicoba mumpung lowong dan ada blog yang belum dioptimasi

    ReplyDelete
  18. Waah ilmunya bergizi banget nih, pengen juga ikutan kelasnya naikin DA, tapi kemarin belum keangkut, mudah-mudahan batch 2 keangkut biar DA naik nih

    ReplyDelete
  19. Wah aku pengen banget belajar naikin DA, masih ada kelas nya g ya?

    ReplyDelete
  20. Sedikit curcol kak,
    DA sy skrng malah turun gara" jarang update..
    Tapi setelah baca ini, jadi tambah semangat lagi nulis,,

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya, jadi 14 sekarang. Ikut senang dengarnya. Ayo terus semangat. Bisa pastilah ya selama mau berusaha akan ada terus jalannya. Suka juga baca tulisannya Kakak di gemaulani ini. Tulisannya mengalir banget, tau-tau udah selesai.

    ReplyDelete
  22. Aku bookmark nih mbak artikelnya. Bermanfaat banget buat aku Yang masih piyik di dunia SEO blog huhuhu.Stuck di bawah 5 terus. beberapa hal sudah kulakukan. tinggal SEOnya Yang mesti dilatih

    ReplyDelete
  23. wuih, mntap banget hanya dengan 36 hari DA bisa naik langsung 4 point. berarti perbaikanya sudah optimal kala itu. Sayangnya, saya tidak bisa join kelasnya om pw sama ms irwin, tk merasakan moz pro, hi . pengen cobain sebenarnya

    ReplyDelete
  24. yeay Alhamdulillah, aku juga belajar sama duo coach cerdas namun somplak itu. Rencananya mau ganti theme blog dulu baru benahin printilan blog wkwkwk

    ReplyDelete
  25. Keren kak infonya, kalo image yg terlanjur file nya itu belum diganti sesuai kw, dibenerin apa biarin aja, berlalu biarlah berlalu kak? Artikel aku udah 300-an btw haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin blognya sehat dan artikelnya mudah ditemukan di mesin pencari ya diganti juga nama filenya kak.

      Delete
  26. Jadi semangat nulis lagi biar DA naik😁

    ReplyDelete
  27. Kak info untuk pendaftaran kelasnya di mana? Pengen banget ikutan huhuu

    ReplyDelete
  28. Aku dong deg degan kepilih apa tidak ikut kelas gelombang kedua, secara aku juga NOL pengetahuannya tentang DA , SEO dan keluarganya...

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)