6/09/2020

Memperbaiki Error Saat Memeriksa Update | Android

Ada beberapa cara memperbaiki error saat memeriksa update, khususnya di playstore. Ya, gimana, kan aku pakenya android bukan ipun. Otomatis toko buat unduh dan pasang berbagai aplikasi yang kuinginkan baik itu gratis ataupun berbayarnya ya di situ kan. 

Eh kecuali hapenya udah diroot sih, biasanya kalau mau pembaruan aplikasi harus unduh file apk. Sebelum kamu kecewa lebih lanjut, aku beritahukan lagi, ini pembahasan masalah error saat update buat android, bukan ipun apalagi komputer. Yha jadi inget laptop tiba-tiba mati lagi dicharger belum dibawa ke dokter.

Memperbaiki Error Saat Memeriksa Update Android tidaklah sulit

Oke, kenapa tiba-tiba aku mau bahas masalah ini. Tak lain dan tak bukan, soalnya bulan lalu kumengalami masalah ini. Iya, seumur-umur pakai hape bersistem operasi robot ijo, ini kali pertamanya aku bermasalah sama google playstore. Sementara itu, koneksi internet pun lagi lancar-lancar aja. Kan aku jadi bingung sekaligus kzl, ada app penting yang harus diperbaharui.

Cara Memperbaiki Terjadi Error Saat Memeriksa Update


Aku yang kadang kalanya suka kudet alias kurang update pun mulanya kebingungan untuk mengatasi ini. Iya, kan aku anaknya suka coba-coba dulu. Udah hampir putus asa eh maksudnya enggak ketemu solusinya sendiri, baru deh nyari tahu. Padahal jadi buang-buang waktu sama tenaga. Emosi pula.

1. Cek Sisa Memori Ponsel

Cara ini adalah cara pertama yang bisa dicoba, khususnya untuk kamu yang memori ponsel terbatas seperti aku. Coba cek dulu ruang kosong di hatimu  di ponselmu. Siapa tahu terlalu penuh. Jadi google playstorenya pundung.

2. Cek pembaruan ponsel

Memori cukup tapi tetap muncul peringatan yang sama. Baiklah, coba cek pembaruan ponsel. Siapa tahu udah ada notifikasi sistem operasinya bisa diupgrade tapi kamu enggak sadar. 


3. Coba restart ulang ponsel

Ponsel sudah pada versi pembaruan sistem terbaru dan hasilnya masih sama. Yha baiklah, coba dimulai ulang dulu hapenya. Siapa tahu dianya lelah. Butuh ngarenghap heula.

Terjadi Error Saat Memeriksa Update di Google Play Store

4. Hapus cache dan hapus data

Setelah hidup kembali peringatannya masih sama. Oke, saatnya kamu cek pengaturan - aplikasi - cari menu hapus data. 

Pertama-tama coba hapus cachenya aja dulu. Kalau enggak mempan baru hapus data.

5. Copot pembaruan google playstore

Dia masih tetap diam tak bergerak eh maksudnya belum mau tampil seperti dahulu kala sebelum notifikasi itu menyerang. Maka saatnya kamu cobain copot pembaruan playstorenya. Baru deh instal atau pasang lagi.

Uninstall Play Store Untuk Mengatasi Error Update yang biasa terjadi

6. Cek akun google yang terhubung ke playstore

Dari 1-5 enggak membuahkan hasil apa-apa. Tenang, cobain nih cara ke enam. Coba cek, ada berapa akun google yang dalam keadaan login di ponsel. 


Kamu bisa melihatnya di pengaturan - akun dan sinkronisasi - google. Ada berapa banyak tuh. Ternyata punyaku ada lebih dari 10 yang login di ponsel. Mulai dari akun kedua, sampai akun buat blogku yang satu lagi dan juga mau bikin IG buat foto-foto kucing.

Setelah kumenyisakan 6 akun, eh playstore pun normal kembali. Udah menampilkan deretan aplikasi yang bisa diupdate.

Tapi, kalau di kamu cuma ada 1 sampai 2 akun, coba dilogout dulu aja, lalu ulangi proses masuknya atau loginnya.

Cara Memperbaiki Error Update Play Store dengan cepat dan tuntas

Nah, itulah runutan caraku mengatasi error saat memeriksa update di playstore. Semoga bisa membantu kamu yang mengalami hal sama dan enggak sengaja terdampar di sini. 

Jika 6 cara di atas enggak ada yang berhasil. Maka, cobalah untuk reset ke pengaturan pabrik. Siapa tahu ada something wrong di hapenya. Jangan lupa untuk back up dulu datanya ke komputer.

Kalau tetap enggak bisa. Coba tanya ke yang ahli, macem tukang konter atau tukang servis hape. Kalau enggak ketemu juga solusinya, di lem biru aja. Lempar, ganti yang baru. Yang lama lemparnya ke sini aja aku ikhlas ehehe.

Harusnya sih sampai langkah 6 juga udah kembali normal kalau merujuk ke beberapa artikel yang kutemukan dan kubaca di mesin pencari.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)