Review Jujur Aplikasi blu By BCA Digital

Review jujur aplikasi Blu adalah review mengenai aplikasi blu by BCA Digital yang memudahkan kamu dalam menabung dan transaksi digital


Saya senang sekali begitu menemukan review jujur aplikasi blu dari teman. Yang mana dengan memiliki rekening bluAccount di aplikasi blu by BCA Digital dan menggunakan fitur bluSavingnya, saya bisa mempunyai 10 tabungan dalam satu rekening dan bebas biaya admin untuk melakukan transfer antar bank. Hah? kok bisa? Bisa dong, maka dari itu simak review aplikasi blu dari saya sampai habis ya.

Menjadi seorang pekerja freelance sungguh susah-susah gampang. Mengapa? Karena penghasilannya tidak tentu. Kadang banyak, seringnya banyak sekali. Iya, saya bersyukur karena uang jajan yang dihasilkan cukup untuk apa-apa yang dibutuhkan selama satu bulan. Hanya saja saya merasa masih ada yang kurang. Apakah itu? Ya, saya masih bolong-bolong dalam hal belajar menabung.

Lha kok bisa? Iya, nyatanya walaupun sudah belajar tentang financial planning, dan mencoba memisahkan rekening, saya tetap saja suka membobol tabungan untuk hal yang tidak terlalu urgen. Mungkin ya, ini efek karena walaupun rekeningnya terpisah dari rekening BCA tempat saya mengumpulkan uang jajan, tapi pos-pos tabungannya tetap tergabung jadi saldo total ketika sudah masuk rekening.

Review Aplikasi blu dari BCA Digital untuk lebih dekat dengan impian kamu

Apa Itu Aplikasi blu By BCA Digital?

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Kalau sudah kenal siapa tahu jadi sayang. Seperti saya yang akhirnya sayang dengan aplikasi blu by BCA digital. blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain serta dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi kamu, terutama generasi milenial dan generasi Z di era society saat ini. 
 
Ya, blu diciptakan agar bisa memberikan manfaat dalam melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan lebih ringkas, hanya melalui smartphone kamu.
 
Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya, apa perbedaan blu dengan BCA Digital dan perbedaan BCA Digital dengan BCA? blu ini berbeda dengan BCA mobile lho ya. blu adalah aplikasi mobile banking milik BCA Digital. Yang mana BCA Digital ini merupakan anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group.
 
BCA Digital fokus melayani anak-anak muda genersi milenial untuk memenuhi kebutuhan perbankan para digital savvy. Seperti 24/7 tidak perlu antri daftar ke cabang, admin rendah, bunga tinggil. BCA Digital hadir sebagai salah satu branchless banking untuk memenuhi kebutuhan.

Misi BCA Digital adalah menyajikan layanan perbankan yang menjadi jawaban kebutuhan digital savvy melalui one stop smart solution banking.

blu bukanlah sebuah singkatan, namun fitur unggulan pada blu dibuat berdasarkan 3 klasifikasi digital savvy saat ini.  Mulai dari yang sudah financial mature di mana sudah memulai tentang investasi dan dana masa depan. Kemudian digital savvy financially independent yang sudah cukup pintar dalam mengatur keuangan dan the youngest, financially dependent.

Tiga klasifikasi tersebut akhirnya menjadi icon Benni (Berani Investasi), Lea (Lebih Kaya), Utta (Utamakan Tabungan). Kalau disatukan jadi blu juga ya ketiganya ini.

Kelebihan Aplikasi blu dari BCA Digital


Sebelum saya melakukan ulasan jujur pengalaman menggunakan aplikasi blu, saya akan bahas terlebih dulu kelebihan aplikasi blu by BCA Digital ini. Mulai dari jam operasional hingga fitur-fitur di dalamnya.
 

1. Aplikasi blu by BCA Digital Ada Di Play Store dan App Store

Ya, blu sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Jadi, kamu bisa unduh dan daftar langsung melalui smartphone dengan 2 sistem operasi tersebut. Eh ya, tapi perhatikan OS minimalnya ya. untuk Android 5.0 ke atas, lalu iOS 12.4 ke atas. Yuk cobain.

2. Akses Tanpa Batas

Aplikasi blu bisa diakses selama 24 jam setiap harinya, selama satu minggu. Jadi, 365 hari non-stop kamu bisa menggunakan aplikasinya.
 

3. Tidak Perlu Menjadi Nasabah BCA Terlebih Dulu Jika Ingin Mendaftar Di blu

Ya, Namun, jika kamu memiliki akun BCA, maka pengisian data domisili dan pekerjaan menjadi otomatis gengs. Proses pendaftarannya pun maksimal 15 menit aja lho sampai video call dengan customer service atau tim haloblu untuk aktivasi. Dengan catatan koneksi internetmu lancar ya gengs.

 

4. Menu dan Fitur yang Sudah Cukup Lengkap

Pada aplikasi blu by BCA Digital ini terdapat banyak fitur yang dibutuhkan untuk transaksi digital atau cashless dan cardless atau tak perlu menggunakan kartu. Seperti menu tracker untuk memantau pemasukan dan pengeluaran. Cash flow keuangan kamu bisa dilihat dengan detail dan rapi, bahkan bisa download laporan keuangan sampai 2 tahun ke belakang.
 
Kemudian home yang menampilkan nomor rekening dan saldo yang bisa disembunyikan nominalnya. Ini menguntungkan untuk saya yang kalau saldonya cukup lumayan suka ingin beli ini itu banyak sekali.

Pada fitur home pun terdapat tombol untuk bertransaksi seperti transfer, top up OVO, GoPay, membayar sesuatu menggunakan fitur QRIS. Kemudian pembelian pulsa dan paket data. Bayar tagihan pasca bayar serta TV kabel/internet. Selain itu, kamu juga bisa tarik tunai di seluruh jaringan ATM dari BCA. Tarik tunai tanpa kartu tentunya.
 
Fitur transaksi di aplikasi blu ini bisa dibilang masih minim karena baru rilis, tapi kecepatan dalam proses transaksi tanpa kendalanya bagi saya sudah jempolan. Karena kebetulan kemarin saya mencoba untuk transaksi transfer antar bank.

5. Tidak Ada Minimal Setoran Awal, Bebas Biaya Bulanan dan *Gratis Transfer Antar Bank Juga Top Up Uang Elektronik*

Jika untuk pembukaan rekening bank biasa, tentu ada saldo setoran awal yang harus di top up. Nah, hal ini tidak ada ketika kamu membuat rekening di aplikasi blu. Selain itu, jika melakukan top up saldo melalui aplikasi BCA mobile, tidak akan dikenakan biaya admin lho. 
 

Ulasan Lengkap Pengalaman Menggunakan Aplikasi blu Tabungan Online dari BCA Digital

 
Kali ini saya mau review aplikasi blu tentunya berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna blu sejak beberapa hari lalu. Namun sebelum itu, izinkan saya mengutarakan alasan kenapa saya menginstall aplikasi blu? Tentu saja karena saya penasaran dengan bisa membuat 10 tabungan dalam satu rekening pada fitur bluSaving. Saya ingin menabung untuk membeli perangkat elektronik impian saya.
 
Selain itu, bebas biaya transfer ke bank lain menggunakan blurewards sebanyak 20 kali dalam waktu 2 bulan setelah aktivasi. Ditambah lagi bisa bebas biaya admin transfer ke bank lain nantinya akan berlanjut jika saldo bulanan minimal 1 juta di bluAccount.

Fitur simpanan di aplikasi blu by BCA Digital yang memudahkan kamu dalam membuat anggaran tabungan


Ini menguntungkan bagi saya yang sering melakukan transfer antar bank. Nah, saldo yang biasanya terkuras untuk admin antar bank, kini bisa ditabung di bluAccount. Lumayan kan 6500 dikalikan 20. 
 
Wah tidak terasa selama ini bisa buang uang sebanyak 130 ribu lho kalau melakukan transfer antar bank sebanyak 20 kali. Sedikit demi sedikit lama-lama rugi juga ya. Syukurlah sekarang sudah ada mobile banking blu dari BCA Digital ini.

Cara Buka Tabungan Online di Aplikasi blu by BCA Digital dengan Mudah

  • Install aplikasi blu dari BCA Digital ini sesuai dengan sistem operasi smartphone yang kamu miliki.
  • Siapkan data diri seperti KTP dan NPWP (tidak wajib).
  • Pastikan koneksi internet stabil agar proses pengisian data berjalan lancar.
  • Isi semua data dengan lengkap hingga akhir. Pilih daftar sebagai nasabah BCA jika memiliki tabungan di BCA untuk memudahkan pengisian data pekerjaan secara otomatis.
  • Lakukan video call dengan tim haloblu untuk verifikasi data dan aktivasi akun. Siapkan KTP elektronikmu dan pastikan koneksi internetmu stabil ya gengs.
  • Setelahnya tunggu maksimal 1 x 24 jam untuk mengaktifkan akunmu. Ah tapi kemarin punya saya 10 menit setelah video call langsung aktif kok dan bisa bertransaksi.
 

Review Jujur Aplikasi blu Fitur Simpanan untuk Mulai Langkahmu Wujudkan Impian

 
Untuk ulasan aplikasi blu pada fitur simpanan ini, saya akan mengulas sedikit tentang bluAccount, bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.

1. bluAccount

Apa itu bluAccount. bluAccount adalah halaman berisi informasi akun yang sebenarnya mirip dengan yang ada di beranda depan atau home. Perbedaannya terletak pada nama pemilik rekening yang lebih lengkap.

2. bluSaving

Inilah fitur yang bisa membuat kamu memiliki 10 jenis tabungan atau pos anggaran tabungan. Yang mana bisa disusun berdasarkan kebutuhan. Dengan begini, financial goals atau keinginan kamu akan lebih mudah terwujud. 
 
Fitur bluSaving ini bisa menjadi cara mudah menabung secara rutin dan otomatis berpindah dari bluAccount ke pos tabungan kamu sesuai nominal dan tanggal yang dipilih. Selain itu, kamu juga bisa menentukan kapan goals tersebut akan terwujud (secara otomatis sistem menghitung berapa lama lagi kamu semakin dekat dengan mimpimu tersebut), disesuaikan dengan besaran yang rutin kamu tabung.
 
Fitur bluaccount dan blusaving untuk anggaran menabung

3. bluGether

Suka arisan? Suka patungan buat beli kado nikahan teman atau jadi bendahara? Kini kamu tak perlu lagi repot mencatat dan menagih uang patungan karena bisa memanfaatkan fitur bluGether. Jadi semacam rekening bersama yang bisa dipantau dan diisi oleh member lainnya yang telah diundang. Maksimal 24 temen untuk diinvite di blugether. Bunga dari bluGether ini sebanyak 3%.

4. bluDeposit

Berisi produk tabungan deposito yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan uang dalam jumlah yang banyak. Minimal deposito adalah 10 juta rupiah, dengan bunga yang lebih tinggi yaitu 4%. Nah, kapan lagi coba bisa menyimpan uang deposito untuk masa depan yang lebih baik tanpa harus datang ke bank.
 

Review Aplikasi blu untuk Pengalaman Top Up dan Transaksi Antar Bank

 
Sesaat setelah akun saya dinyatakan aktif. Saya langsung mencoba top up dari BCA mobile saya, dan tidak dikenakan biaya. Cara top up nya seperti kamu akan melakukan proses transfer antar bank. Kemudian memilih BCA Digital sebagai bank tujuan. Ketika berhasil, saldo akan masuk dan muncul notifikasi pop up (tergantung pengaturan aplikasi di smartphone kamu).

Saya pun kemudian mencoba untuk transaksi transfer antar bank. Dan prosesnya tidak lama, dan tanpa admin transfer karena walaupun total saldo di bluAccount saya di bawah 1 juta, namun blurewards sebanyak 20 kali gratis transfer setelah membuat akun di aplikasi blu by BCA Digital membantu saya untuk transfer tanpa admin fee.

Selain melakukan transfer antar bank, saya juga mencoba untuk menabung menggunakan fitur bluSaving agar lebih dekat dengan impian saya memiliki kamera mirrorless. Saya bisa menentukan sendiri kapan goals tabungan tersebut akan tercapai berdasarkan nominal anggaran tabungan yang saya tentukan.

Sementara untuk tarik tunai tanpa kartu, ternyata aplikasi tabungan baru bernama blu ini sudah oke lho. Jika tidak dilakukan proses tarik tunai di jaringan ATM BCA yang masuk ke dalam ekosistem bank digital blu, nantinya akan terjadi proses pengembalian dana ke bluAccount kamu secara otomatis.

 

Kendala Saat Melakukan Aktivasi bluAccount dan Kekurangan dari Aplikasi blu

 
Tak lengkap rasanya ketika kamu melakukan review jujur aplikasi blu by BCA Digital tapi hanya menyebutkan kelebihannya. Jadi, saya mau bahas juga kekurangan dari app mobile banking dari Bank Digital BCA ini. Biar apa coba? Biar kamu tahu, meskipun tergolong aplikasi perbankan digital atau aplikasi tabungan online baru rilis, fiturnya sudah cukup lengkap, responsive, dan mudah digunakan.

Jadi, berdasarkan pengalaman menggunakan aplikasi blu, dari mulai melakukan proses instalasi aplikasi blu, mendaftar akun, hingga aktivasi melalui video call bersama, kebetulan saya tidak mengalami kendala apa pun.

Hanya saja, ketika akun sudah aktif, ternyata ada notifikasi untuk verifikasi email. Sayangnya ketika ditekan yang keluar malah notifikasi verifikasi melalui pesan singkat. Namun, keesokan harinya, kendala ini sudah solved. Gercep banget tim blu.
 
Ya, aplikasi blu akan selalu berinovasi, mengingat blu adalah produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

Selain itu, kekurangan dari aplikasi blu by BCA Digital ini adalah ketika akan login diwajibkan untuk mengaktifkan layanan lokasi setiap kali login. Kemudian sistem bluRewards untuk bebas admin transfer antar banknya itu dipotong terlebih dahulu dari saldo, baru dipotong bluRewards. Yang mana ini mengakibatkan saldo biaya adminnya mengendap. Mungkin sistem rewardsnya bisa diperbaiki untuk kedepannya supaya lebih oke lagi.

Pengalaman Transaksi Antar Bank di blu bebas biaya dengan blurewards


It's blu day, Di Mana #blubuatbaik Melalui Ekosistem Digital blu

 
Pada hari kamis, 22 Juli 2021, Bank BCA Digital resmi melakukan press conference grand launching aplikasi blu ini secara virtual. Berdasarkan informasi dari CEO BCA Digital - Ibu Lanny Budiati, BCA menyadari kebutuhan generasi milenial yang digital native terkait layanan maupun produk yang disesuaikan dengan para digital savvy, sehingga BCA Digital lahir dan dirilis pada 2 Juli 2021 sebagai anak bungsu dari BCA.

blu by BCA Digital ingin memiliki hubungan yang kuat, baik, dan jangka panjang dengan nasabah melalui kepedulian dan kepercayaan. blu ingin mendampingi generasi muda untuk menggapai mimpi melalui gerakan #YangPentingLakuin.
 
Fitur dan produk blu disesuaikan dengan kebiasaan penggunanya. UI dan UX sangat diperhatikan dan terus dikembangkan. blu akan memperluas touch point menjadi omni channel agar penggunanya mudah untuk terhubung dengan tim blu.

"blu ada karena kamu, jadi semuanya ya tentang kamu."

Selain contact center, email, twitter, whatsapp untuk quick response, chatbot dalam waktu dekat.
untuk fase pengembangan lanjutan, BCA Digital akan menyiapkan debit card, produk lending, dan produk investasi.


"Inovasi perbankan digital tidak bisa berhenti dan hanya terbatas pada kebutuhan finansial saja"

blu adalah next generation bank yang menyediakan perangkat bagi setiap penggunanya untuk bisa mengontrol keuangan dengan lebih baik, bebas, dan memiliki akuntabilitas untuk meraih goalsnya. Jadi, platform mobile banking blu pun berusaha memenuhi kebutuhan non-finansial nasabah melalui ekosistem digital blu yang saling terhubung atau menciptakan seamless banking experience.

Press conference Grand launcing aplikasi blu by BCA Digital

Ekositem Digital blu


Ekosistem digital blu ini terdiri atas payment, telecommunication, entertainment, retail, e-commerce, social media. Misalnya saja terhubung dengan sekuruh jaringan ATM BCA, kemudian sudah tersedian fitur pembayaran dengab sistem QRIS dan lainnya. Ekosistem digital blu dibangun dengan teknologi yang inovatif menggunakan pondasi infrastruktur yang agile dan robust. 
 
Kemudian membentuk kerja sama dengan non-banking provider digital partner yang berpengalaman di bidang industrinya. Hal ini bisa terjadi karena BCA Digital menyadari bahwa saat ini bukan lagi zamannya kompetisi, tapi era terbaik untuk setiap platform digital saling bersinergi, kolaborasi.

Baca Juga : Menabung untuk Beribadah ke Tanah Suci

Blibli Menjadi Bagian dari Ekosistem Digital blu


Pada acara grand launching aplikasi blu by BCA Digital ini turut diinformasikan bahwa Blibli menjadi exclusive partner pertama dari blu. Kenapa blibli?

  • Blibli x blu sama-sama selalu memprioritaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan.
  • Memiliki target konsumen yang serupa, digital savvy.
  • blu dan blibli tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik

Berdasarkan informasi dari CEO sekaligus co-founder blibi - Kusumo Martanto. Dengan membuka akun blu di Blibli sebesar Rp. 500.000 akan mendapatkan cashback 100%. Blibli juga memberikan promosi khusus kepada pelanggan terutama dalam menyambut ulang tahun blibli yang ke 10. Yang mana semua pelanggan baru yang bertransaksi di blibli bisa mendapatkan diskon 50%.

blibli menjadi bagian dari ekosistem digital blu dalam bidang non-banking transaksional

Salah satu Realisasi blu dengan Misi Impact Oriented Technology


Sejak hari pertama, blu berkomitmen untuk memastikan kehadirannya memberikan dampak positif yang menjamin keberlanjutan bumi sebagai rumah kita. Komitmen blu dituangkan dalam program jangka panjang yang disebut corporate sustainability imitiative yang dimulai saat blu dirilis. Yang dinamakan #blubuatbaik.

Apa itu #blubuatbaik? Kegiatan berupa ajakan dari blu untuk seluruh nasabahnya agar ikut turun tangan menjaga lingkungan dari ancaman sampah plastik. Dalam menjaga ekosistem alam Indonesia, blu berkolaborasi dengan Kitabisa.com dan Greeneration Foundation melalui langkah kecil inisiatif program Ecoranger di Banyuwangi. #blubuatbaik juga merupakan komitmen blu untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk mencapai target pengurangan sampah.

#blubuatbaik sebagai misi Misi Impact Oriented Technology dari blu

Tak hanya itu, blu pun memberikan edukasi tentang waste management dan implementasinya dalam kehidupan agar bisa meningkatkan presentase sampah organik, anorganik, dan mengurangi residu sehingga bisa mengurangi pemanasan global. Ini ditujukkan untuk mengurangi emisi karbon hingga 303.000 metric kg CO2.

Nah, untuk kamu yang membuka rekening blu tahun ini, secara otomatis kamu sudah join dengan inisiatif #blubuatbaik ini. Kok bisa? Karena setiap rekening yang dibuka tahun ini = menyumbang Rp. 1000 untuk mendukung inisatif ini. Jika ingin menambah sumbangan untuk inisiatif #blubuatbaik ini bisa melalui link : kitabisa.com/blubuatbaik

Baca Juga : Pinjaman Modal Usaha Tambahan

blu berkolaborasi dengan Yura Yunita untuk Mulai Langkahmu

 
Lagu Mulai Langkahmu dari Yura Yunita tercipta dari kaum rebahan. Mulai Langkahmu mengajak generasi muda, generasi milenial dan gen Z untuk memulai langkah hati ini mewujudkan rencana dan mimpi menjadi nyata.

Sebagian liriknya: mimpi-mimpi kita, mimpi kita yang muda, angan-angan kita ada di kepala, rencana-rencana hanya jadi wacana
jika diam saja, betulkan betul betul.
Habis waktumu banyak takut ini itu.

Yura Yunita berkolaborasi dengan blu untuk menggelar konser musikal mulai langkahmu

Yura Yunita berkolaborasi dengan blu karena lagu dari Yura Yunita dirasa satu visi misi dengan tim blu dan menarik. seperti memulai hal-hal kecil untuk menuju ke hal besar. Yura Yunita akan menggelar pertunjukan musikal bersama blu pada 17 Agustus 2021.

Nah, itulah sedikit cerita atau review aplikasi blu by BCA Digital yang bisa kuceritakan. Next kalau ada update kece lainnya akan kuberitahukan juga di sini.

12 comments

  1. Oh jadi kalo sudah jadi nasabah BCA tuh tetap bisa daftar blu gitu yaa mba? JUjur aku kepo bin penasaran sih, krn sebagai nasabah BCA tuh kan sudah sangat puas ya sama layanan BCA selama ini, jadi ini ada bLU by BCA Digital tuh ak penasaran pol

    ReplyDelete
  2. Saya kalau dengar bisa bebas biaya admin untuk melakukan transfer antar bank, sudah pasti tertarik, kakak. Ditambah tidak hanya yang menjadi nasabah saja yang bisa daftar itu keren. Boleh dicoba ini

    ReplyDelete
  3. Waduh pas banget nemu tulisan ini, pas mau buka blu dari BCA nih wkwk. Kebetulan mau pindahan dari tabungan digital sebelah soalnya agak parno soal keamanannya. Terus banyak yang review positif blu, jadi pengen cobain juga hihi

    Penasaran sama fitur savingnya. terus biaya adminnya juga masih gratis ya, aman lah

    ReplyDelete
  4. Tidak perlu repot lagi ngantri berjam-jam ke bank ya, Mbak...paling males juga kalau ngantri berlama-lama tuh.

    Blu by BCA memudahkan untuk urusan perbankan nih, gak perlu repot antri. Bye antriiiii

    ReplyDelete
  5. Wah thanks mba review jujurnya. Jadi tertarik nih sama Blu Bca. Tapi jadi tetap ada bunga bank apa nggak ya?

    ReplyDelete
  6. Keren ya mbak aplikasi Blu ini bisa untuk mengatur keuangan secara digital jadi pengen download juga

    ReplyDelete
  7. Oalahhh, kirain Blu BCA ini ya BCA, ternyata beda.
    Lucu lagi ya ama BliBli, untung bukan BluBlu hahahah
    Btw keren ya, bahkan memenuhi kebutuhan non-finansial nasabah juga ya.
    Salut banget ama inovasi-inovasi tanpa batas yang terus berkembang sekarang :)

    ReplyDelete
  8. sering baca tentang blu tapi baru tahu singkatannya: Benni (Berani Investasi), Lea (Lebih Kaya), Utta (Utamakan Tabungan).

    Kayanya bagus nih ya kalau mau ngasih kado ke keponakan, jadi mereka bisa belajar nabung, yang mau ngasih (ortu, nenek atau kerabat lain) bisa kirim via e-wallet

    ReplyDelete
  9. Jadi makin termudahkan dengan aplikasi BLU ya. Apalagi fiturnya lengkap banget. Duh, jadi pengen nyoba install deh

    ReplyDelete
  10. Tabungan digital blu bagus ya mba, fitur bluSaving-nya itu membantu banget dalam menentukan pos-pos dana yg mau ditabung sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  11. lumayan ya, hemat 130ribu... bisa buat beli skincare soalnya, hoho
    aku juga pake blu buat nyimpan uang tabungan yang khusus untuk tujuan tertentu

    ReplyDelete
  12. Tertarik banget dengan fitur blusaving-nya, ga perlu buka banyak rekening lagi berarti ya. Cukup punya account blu ini. Keren ih, donlot ah.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon