6/05/2020

Resep Kue Garpu Asin - Sederhana

Resep kue garpu asin ini aku dapatkan dari berseluncur di mesin pencari. Yang membawaku ke situs cookpad. Tapi di sini aku enggak langsung mengambil satu resep lalu dipraktekkan. Aku lebih memilih tuk mencampurkan beberapa resep yang sekiranya dirasa cukup klop dan bahannya ada di rumah, atau di warung dekat rumah.

Ya gimana, aku anaknya suka males kalau bahannya harus beli di toko kue. Lumayan jauh dari rumah. Lagipula kalau dengan bahan sederhana dan enggak banyak rempahnya tapi udah enak, ya aku enggak mau ribet pake tambahan bahan ini-itu lagi.

Resep Kue Garpu Asin ini sangat mudah dan anti gagal lho

Singkatnya aku yang baru suka mainan adonan ingin belajar yang mudah-mudah dulu saja. Mohon maaf ya, aku kalau nulis di sini pembukaannya suka curhat enggak penting Ehehe.

Yuk mari kita mulai persiapkan bahan-bahannya. Eh ya, yang perlu digaris bawahi adalah, bikin kue garpu asin ini harus ekstra sabar. Terutama kalau dikerjakan sendirian. Soalnya yang bikin lama itu saat proses membentuknya pakai garpu. Walau enggak selama nunggu balasan dari orang yang kamu harapkan sih.


Bahan Untuk Membuat Kue Garpu Sederhana


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ringan dengan rasa gurih ini enggak banyak. Biayanya pun kalau ditotalkan enggak sampai 15 ribu rupiah. Ini di luar penyediaan minyak goreng ya gengs.

1. Tepung Terigu 25 sdm (250 gr atau 1/4 kg)
2. Tepung Tapioka 4 sdm atau kalau ada timbangan kue, tepung tapiokanya itu 50 gr.
3. Margarin 4 sdm, sama kayak tapioka. Kalau ditimbang bisa di angka 50 gr.
4. Telur ayam 1 butir.
5. Kaldu bubuk/penyedap rasa 1,5 sdt, terserah mau rasa sapi atau rasa ayam. Mau masako, mau royco atau merek lainnya. 
6. Garam 1/2 sdt.
7. Merica bubuk seujung sendok teh. Ini opsional sih.
8. Bawang daun cincang secukupnya (karena aku kurang suka daun seledri)
9. Air matang secukupnya, aku pakai sekitar 50-70 ml.
10. Minyak untuk menggoreng secukupnya.

Bahan Membuat Kue Garpu Sederhana yang mudah ditemukan di warung

Cara Membuat Kue Garpu Renyah


Pertama, masukkan telur pada wadah yang cukup besar. Kemudian kocok lepas hingga berbusa.

Kedua, Masukkan semua bahannya dari mulai tepung terigu, tepung tapioka, margarin, daun bawang, kaldu bubuk, merica bubuk, garam. Kecuali air dan minyak goreng. Lebih bagus kalau tepung terigu dan tapiokanya diayak dulu supaya tiada yang menggumpal.

Empat, aduk-aduk menggunakan sendok hingga semua bahan tercampur rata.

Lima, tambahkan air secukupnya. Jadi kalaupun kamu udah menakar airnya, tetap aja jangan langsung dimasukkan sekaligus. Sedikit demi sedikit aja. 

Enam, Uleni adonan menggunakan tangan hingga kalis atau udah tidak lengket di telapak tangan dan udah bisa dibentuk.


Tujuh, Ambil sedikit adonan, bulat-bulat terlebih dahulu. Kemudian ratakan pada permukaan garpu, khususnya bagian yang berjarak.

Delapan, gulung adonan dari bawah ke atas, hingga hasil akhirnya jadi mirip rumah siput. Tapi kurasa lebih mirip molen versi super mini.

Sembilan, ulangi langkah ke tujuh dan ke delapan hingga semua adonan habis.

Cara Membuat Kue Garpu Renyah ini tidaklah sulit untuk dilakukan
Sepuluh, Panaskan minyak, lalu masukkan kue garpunya. Goreng dengan api mendekati kecil supaya matangnya merata.

Sebelas, Tunggu hingga warnanya kecokelatan dan mengeluarkan aroma wangi. Lalu angkat dan tiriskan.

Selesai, kue garpu pun siap untuk dinikmati. Dengan takaran seperti ini, bisa menghasilkan satu toples bening. Itu lho toples yang biasa digunakan penjual kue di toko-toko. Isinya pun penuh sampai batas toples.

Untuk tekstur yang dihasilkannya renyah selama enggak kekurangan air dan menguleninya sampai kalis. Eits enggak cuma itu, menggorengnya pun jangan sampai bablas karena bisa bikin keras juga.

Aku udah bikin pake resep ini dua kali dengan margarin yang berbeda. Jujur aja, dibandingkan yang kedua, aku lebih suka margarin yang pertama dari Filma. Yang kemasan terbarunya. Beneran ini bukan lagi promosi, tapi emang pake filma lebih harum gitu dan lebih yummy aja. 

Membuat camilan asin yang satu ini bahannya emang sederhana dan mudah didapatkan. Aku aja belinya di warung enggak jauh dari rumah. Pun peralatannya. Cuma butuh wadah, sendok, penggorengan termasuk sutilnya dan kompor. Karena ku emang seneng nyari resep kue yang no mixer no oven buat direcook. Ngomong-ngomong kalau kamu maunya resep kue garpu manis, tinggal ganti aja kaldu, garam, mericanya sama gula halus.

Tapi, ya itu tadi, seperti yang kubilang di paragraf kedua. Harus sabar kalau dikerjakan sendirian karena ngebentuknya lumayan makan waktu dan pegal-pegal. Paling bener kalau ngajakin pasukan eh anggota keluarga di rumah buat bantuin biar cepet beres.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)