10/09/2020

Kursus Bahasa Inggris Untuk Karyawan Perusahaan

Kursus Bahasa Inggris Untuk Karyawan Perusahaan: Mengapa itu Perlu?

Saat ini salah satu produk pelatihan kursus bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh banyak lembaga kursus adalah pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan. Entah pelatihan tersebut diambil oleh karyawan tersebut secara individu ataupun diselenggarakan secara resmi oleh HRD sebuah perusahaan.

Lantas mengapakah pelatihan ini perlu dilakukan? Padahal saat ini, umumnya, salah satu persyaratan masuk menjadi karyawan sebuah perusahaan adalah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. 

Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan Perusahaan di Lister 

Artikel tentang Lister.co.id sebagai Lembaga Kursus Bahasa ini tidak hanya akan membahas mengapa kamu selaku bagian dari tim sumber daya manusia dari sebuah perusahaan perlu untuk melatih kemampuan bahasa Inggris karyawan kamu, tetapi juga alasan mengapa kamu sebagai seorang karyawan perlu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, bahkan untuk diri kamu sendiri. 

Baca Juga : Perusahaan Asing Maunya Karyawan Seperti Ini!

Alasan alasan mengapa English Corprate Training itu perlu

Setidaknya terdapat 5 alasan mengapa perusahaan milikmu ataupun tempatmu bekerja perlu menyelenggarakan English Corprate Training untuk karyawan. Lima alasan tersebut antara lain :

1. English Corprate Training 

Ini menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba untuk membuat karyawan perusahaan kamu mengingat kembali pelajaran bahasa Inggris yang pernah mereka ambil semasa sekolah atau kuliah.

Baca Juga : Manfaat Kartu Prakerja untuk Pelatihan Bahasa Asing

Perlu diingat bahwasanya meskipun perusahaan kamu telah menetapkan standar kemampuan bahasa Inggris yang tinggi untuk orang orang yang ingin menjadi karyawan di perusahaan, namun bahasa percakapan sehari-hari di perusahaanmu tetaplah bahasa Indonesia. Jadi, penting bagi kamu untuk menyelenggarakan English Corprate Training agar karyawan bisa mengingat-ingat kembali pelajaran bahasa Inggris yang pernah mereka pelajari atau bahkan bisa jadi malah mendapatkan pelajaran baru. 

Baca Juga : Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

2. Bahasa Inggris adalah Bahasa Bisnis Internasional

Sebagai seorang pemilik perusahaan tentunya kamu tidak ingin perusahaanmu hanya bergerak di pasar nasional saja, melainkan juga pasar Interansional. Nah, bahasa Inggris adalah Lingua Franca masyarakat dunia. Jadi kamu perlu memastikan karyawan kamu memiliki kemampuan yang diperlukan untuk ekspansi tersebut. 

Hal ini semakin berlaku dan penting jika kamu adalah seorang manajer HRD, yang kemungkinan TOP Management di perusahaan tempatmu bekerja adalah warga negara asing (WNA). Bahasa Inggris tidak hanya menjadi kemampuan yang diperlukan lagi melainkan mejadi bahasa yang dibutuhkan demi kelancaran operasional perusahaan kamu. 

Baca Juga : Generasi Muda yang Kreatif - Indonesia Maju

3. Menghemat Biaya

Menggunakan jasa interpreter atau translator bisa jadi efektif ketika perusahaan tempatmu bekerja hanya sekali dua kali bersentuhan dengan pasar internasional. Akan tetapi menggunakan jasa penerjemah tidak lagi menjadi tindakan yang efektif jika nyaris setiap hari perusahaanmu perlu berinteraksi dengan pasar Internasional atau kolega asing.

Baca Juga : Inilah Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik

Interaksi tersebut tak hanya sebatas percakapan saat meeting, namun juga termasuk menerjemahkan dokumen-dokumen bisnis yang seharusnya tidak bisa diakses oleh orang luar perusahaan dan menghubungi customer atau vendor dari luar negeri. Interaksi-interaksi seperti ini tentunya tidak hanya terjadi satu bulan sekali bukan? Nah, jika kamu menguasai bahasa internasional ini, tentunya akan lebih menghemat biaya. Pun jika meminta karyawan untuk mengikuti kursus, biayanya jauh lebih hemat.

4. Semakin Bagus Kemampuan Bahasa Inggris Karyawan Perusahaan, Maka Semakin Besar Pula Produktivitas Perusahaan

Karyawan adalah motor penggerak sebuah perusahaan. Oleh sebab itu jika kamu memberikan pelumas berupa pelatihan bahasa Inggris kepada karyawanmu, maka karyawan tersebut tentu dapat bergerak lebih cepat. Sebab, mereka dapat dengan mudah mengakses informasi yang lebih luas tanpa bantuan mesin translate otomatis yang terkadang kurang tepat artinya. Nah, dari informasi yang mereka akses ini kemudian dapat mereka aplikasikan ke dalam internal perusahaan untuk menambah produktivitas perusahaan milikmu.

5. Dengan Memberikan English Corprate Training, Perusahaanmu Akan Mendapatkan Nilai Plus Di mata Calon Karyawan Dibanding Perusahaan Kompetitor dari Sektor Sejenis.

Jika kamu memiliki program English Corprate Training di dalam perusahaan, calon karyawan yang memiliki potensi yang baik akan melihat perusahaan kamu sebagai sebuah perusahaan yang memberikan ruang untuk karyawannya berkembang.  Sebab, pada umumnya calon karyawan yang baik akan melihat sebuah perusahaan secara keseluruhan, termasuk bagaimana perusahaan tersebut dapat menjadi tempat dia tumbuh dan berkembang baik secara karir maupun secara akademis. 

1 comment

  1. Dulu banget pas baru masuk ke dunia kerja aku pengen bgt les bhs.inggris tuh mbak, saking ga ngertinya bhs.inggris, udah survey2 juga, tp akhirnya ga jadi dan belajar otodidak aja hahahaa

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)