Storytel : Aplikasi Audiobook Untuk Menyelami Isi Buku dengan Lebih Fleksibel

Mendengarkan buku di Aplikasi Audiobook Storytel
 
Saat tak sengaja menemukan review aplikasi audiobook Storytel, saya benar-benar tertarik. Soalnya unik aja gitu, bisa menyelami isi buku tanpa harus dibaca sendiri. Ya, walaupun saya senang membaca sedari SD, terutama buku fiksi. Dua tahun terakhir saya akui, intensitas membaca buku saya tak serajin dulu. Entahlah, waktu 24 jam rasanya sangat kurang, apalagi setelah kehilangan mama.

Ketika saya mengunduh dan mendaftar sebagai user di Storytel, saya pun langsung terpesona. Kenapa? Karena banyak novel fiksi dan buku best seller kesukaan saya, seperti Dilan dari Pidi Baiq. Iya plis, saya kalau baca buku kadang suka diulang-ulang kok kalau bukunya sangat membekas di hati dan pikiran.

Sebenarnya, kegiatan mendengarkan buku sudah ada sejak lama. Hanya saja, tren mendengarkan buku semakin populer di tahun 2022 ini. Ya gimana, kalau aplikasi audiobook kan kita jadi bisa menyelami isi bukunya lebih fleksibel. Yup, bisa sambil melakukan aktivitas lainnya. Pencinta buku jadi enggak perlu repot-repot mencuri-curi waktu dan nyari tempat yang nyaman.

Kenalan Yuk Sama Aplikasi Storytel Audiobook!

Storytel adalah platform audiobook yang sudah beroperasi di 20 negara lho gengs. Kantor pusatnya ada di Stockholm, Swedia. Jadi, pengguna aplikasi audiobook ini tentunya udah punya banyak pengguna yang tersebar di berbagai negara.
 
Apakah cuma bisa streaming book audio saja melalui Storytel? Oh enggak dong, untuk judul-judul tertentu, yang ada simbol kacamata di samping simbol audio (earphone). Kamu juga menikmati buku dalam versi e-book. Lanjut yuk ke fitur-fitur yang ada di Storytel. Yup, bisa baca buku online juga jadinya.
 
Pada aplikasi Storytel ini juga terdapat 500.000 judul buku dalam skala global yang bisa kamu dengarkan. Beberapa judul bukunya seperti yang saya bilang di paragraf kedua. Iya, banyak buku best seller kesayangan pencinta buku. Mulai dari Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, dan Harry Potter Audiobook. Kemudian rekomendasi buku Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, dan Negeri Lima Menara.

Fitur-fitur di Audiobook Storytel Indonesia

Eits, sebelum mencoba fitur yang tersedia di platform Storytel, kamu tentunya harus download aplikasinya dulu di smartphone. Ada Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android. Yuk download dan install dulu.

Udah? Aha kalau begitu lanjut buka aplikasinya dong. Lalu:
  • Ketuk jelajahi aplikasi
  • Pilih bahasa buku. Kalau saya pilih Inggris dan Indonesia
  • Memilih 3 atau lebih kategori bacaan favorit kamu
  • Buat akun
  • Mulai berlangganan Audiobook Indonesia dengan harga promo 39 ribu perbulan. Terjangkau banget kan. Kemudian kamu dapat akses gratis 7 hari pertama.
  • Selesai, kamu bisa mulai mendengarkan buku best seller atau buku kesayangan semua umat manusia, seperti Harry Potter Audiobook.
Audibook Indonesia dengan rekomendasi buku terbaik

Filter Judul Buku Melalui Search dan Kategori

Untuk memudahkan kamu dalam mencari buku yang diinginkan, misal Game of Thrones tersedia fitur search atau cari. Menunya ada di samping tab beranda. Pada menu cari ini terdapat banyak kategori pilihan. Mulai dari romance, fiksi, personal development, buku best seller, buku Indonesia dan series populer. Kemudian young adult
 
Kamu bisa cari juga di kolom search yang tersedia berdasarkan judul buku, penulis, narator, dan lainnya.

Fitur Rak Buku yang Isinya Berasal dari Save Book

Sudah berhasil mendapatkan buku yang diinginkan? Kamu bisa langsung play audionya. Lalu, klik tombol simpan kalau kamu ingin menyimpannya untuk didengarkan kembali lain waktu. Fitur save book ini nantinya masuk ke rak buku. Rak buku ini semacam playlist buku yang akan kamu baca atau dengarkan.

Eh ya, di rak buku ini ada fitur sortir buku. Bisa sortir dari yang baru dibaca. Kemudian judul a-z, penulis a-z, tanggal rilis, hingga tanggal diubah. Bisa juga di filter berdasarkan daftar buku, termasuk settingan menampilkan buku anak.

Fitur Listening Goal

Siapa yang suka punya target baca buku perminggu, bulan, tahun? Aha mendengarkan buku juga bisa lho untuk menentukan target listening goal. Yup, ada fitur listening goal yang memudahkan kamu untuk mengatur jumlah buku yang akan didengarkan. Tentu saja disertai durasi harinya. Ada pilihan 1 bulan atau 30 hari, 90 hari, 180 hari, dan setahun atau 365 hari.

Buku best seller harry potter audiobook di Storytel

Fitur Kids Mode

Mendengarkan buku tak hanya menyenangkan bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Bener, kan? Nah, di aplikasi audiobook ini ada fitur kids mode. Secara otomatis aplikasi akan menampilkan buku khusus anak-anak, kayak buku dongeng. Bisa diaktifkan di menu pengaturan pada tab profil. Aman banget karena ada passcodenya juga sebelum masuk mode anak.

Fitur Lainnya

Jadi, saat kamu memilih salah satu judul buku untuk didengarkan atau dibaca, ada beberapa fitur lain yang unik. Mulai dari download offline. Yup, selain streaming audiobook, bisa juga dengerin tanpa koneksi internet. Asyik banget nih bisa didengarkan secara offline. Jadinya I will survive enggak akan kesepian pas enggak ada koneksi internet. Apalagi kalau bacanya buku motivasi, nambah deh ilmunya.
 
Kamu juga bisa set waktu kapan naratornya selesai cerita. Ini aman kalau ketiduran auto mati gitu ceritanya. Contoh, lagi dengerin Sapiens tapi enggak mau ada yang terlewat karena ketiduran. Nah, bisa diset sesuai keinginan.
 
Eh ya, bisa juga mempercepat naratornya berbicara. Tapi aku lebih suka normal sih di 1x aja. Pengen nikmatin ceritanya. Apalagi kayak buku Hunger Games.
 
Ada juga fitur bookmark untuk menandai kamu udah dengerin sampai mana. Persis kayak baca buku beneran ya, kan? Ada juga fitur share ke teman. Kamu juga bisa melihat detail dan sinopsis buku di halaman depan, termasuk nama naratornya.

Pengalaman Mendengarkan Dilan 1990 Melalui Audiobook Indonesia di Storytel

 
Saya tentunya udah pernah baca buku online Dilan 1990 ini, tapi tetep aja pengen denger versi audionya. Novel fiksi karangan Pidi Baiq ini naratornya Sissy Prescillia. Kalau di film suaranya sisi ada di awal aja, kali ini di aplikasi audiobook Storytel Indonesia saya bisa mendengarnya full dari bab awal sampai akhir.
 
Novel Dilan ini menceritakan tentang kisah cinta antara Milea yang baru saja pindah sekolah ke Bandung, dengan Dilan yang dijuluki panglima tempur. Kisah pedekate mereka yang bagi saya menggelitik dan asyik untuk turut mengenang kisah mereka.
 
Novel fiksi Dilan
 
Saya suka novel ini karena gaya bahasa dan tingkahnya Dilan yang unik. Dilan mengajak Milea berkenalan di jalan menuju sekolah. Di atas motornya Dilan bertanya: Kamu Milea, ya? Aku ramal kita akan bertemu di kantin.

Seru banget lho dengerin Sissy Prescillia bercerita soal Dilan. Imajinasiku soal sosok Dilan dan Milea jadi lebih seru lagi. Bikin senyum mesem-mesem sendiri. Novel Dilan ini ada sequelnya, Dilan 1991, Milea, Chika. Ah enggak sabar berharap banget ada semua audiobook di Storytel. 
 
Dilan juga jadi salah satu rekomendasi buku di Storytel Indonesia lho. Selain Dilan, ada Selamat Tinggal dari Tere Liye, Mariposa, Divortiare, dan Negeri Lima Menara yang direkomendasikan.
 

Keunggulan Mendengarkan Buku Melalui Platform Storytel

Saya seneng banget pakai aplikasi Storytel ini. Soalnya udah beberapa hari bikin tidur nyenyak dan ketawa-tawa di sela-sela beraktivitas jadi ibu-ibu rumah tangga walau belum berumah tangga. Ya, berikut saya rangkum keunggulan Storytel berdasarkan pengalaman saya.

Menyelami Isi Buku Lebih Fleksibel

Iya dong, streaming audiobook ini membuat saya bisa mendengarkan buku kapan saja, termasuk kalau lagi mati listrik dan susah sinyal. Buku yang mau didengarkan bisa diunduh dulu.

Rekomendasi buku negeri lima menara


Tidak Tambah Sakit Mata

Bener, kadang saya ingin baca buku online cuma mata udah enggak kuat perih. Secara memang seharian kerja di depan layar. Nah, kalau mendengarkan buku, saya jadi enggak perlu lihat layarnya. Saya bisa berpetualang dengan banyak judul buku tanpa was-was mata makin sering mengabur pandangannya.

Menambah Wawasan dengan Lebih Menyenangkan

Hehe iya, saya suka agak lama kalau baca buku berisi ilmu pengetahuan atau non fiksi kayak, personal development gitu. Tapi dengan cara streaming audiobook kemarin anteng-anteng aja dengerin bukunya dan dapet pengetahuan baru.
 
Nah, itulah review singkat tentang aplikasi audiobook Storytel. Kamu udah nyobain belum? Kalau belum buruan cobain dan bagi ceritanya di kolom komentar ya!

17 comments

  1. Wahhh menarik....
    Tapi storytel ini bisa diakses gratis atau berbayar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbayar mba, tapi premium perbulannya terjangkau karena akses full termasuk ke mode anak :)

      Delete
  2. Aku senaaanggg ada aplikasi Storytel jadi tambah mudah kalau mau 'baca' buku nggak nunggu waktu bisa duduk dulu. Bisa sambil cuci piring dan sambil ngojek, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuls mba, bisa sambil ngelakuin aktivitas lain jadinya ya :)

      Delete
  3. keren aplikasinya, bantu bgt biar tetap produktif sambil ngerjain hal lainnya. nice review ka!

    ReplyDelete
  4. Bagus nih aplikasinya. Saya pernah melihat beberapa novel favorit di aplikasi ini. Top bangeett.

    ReplyDelete
  5. Bisa banget ya kak pakai Storytel ini kalau lagi rebahan menjelang mau bobok. Aku biasanya kalau baca buku cetak tuh kendala meganginnya sih. Soalnya kalau dalam keadaan ngantuk jadi susah. Nah, kalau ada storytel jadi bisa dengerin sambil rebahan donks hehehe

    ReplyDelete
  6. Bisa baca buku dimana pun Dan kapan pun ya.. apalg Kalao sambil denger kayak story telling gini...banyak lagi varian2 cerita yg menarik

    ReplyDelete
  7. Aku malah kepingin punya buku dan buku itu dijadiin salah satu buku yg bisa dibeli di aplikasi ini. Caranya gimana, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau ini saya belum tahu informasinya kak. Bisa dicoba mungkin tanya-tanya ke media sosialnya Storytel :)

      Delete
  8. ayto fokus dengan storytel. Udah tinggal denger aja karena ada yang bacain sih ya. Sudah pasti penuturnya menyampaikan dengan nyaman. Jadi bisa didengar kapan saja dan dimana saja dong

    ReplyDelete
  9. Aplikasinya menarik
    Bahkan anakku sampai rebutan headphone demi mendengarkan buku yang disukainya

    ReplyDelete
  10. Aku sudah unduh, coba gratis dan langganan Storytel. Hari ini aku lagi di RS nunggu suami yang dirawat. Kalau lagi bisa aku dengar aja buku kalau enggak tinggal baca. Lumayan menghilangkan kegabutan saat menunggu dan akhirnya terbaca deh buku.

    ReplyDelete
  11. Memang enak sih, pas santai leyeh-leyeh sambil dengerin cerita dari audiobook ini. Atau saat sedang harus bersih-bersih rumah juga.

    ReplyDelete
  12. Wah applikasi terbaru untuk mendengarkan novel ya kak. Keren bgt, jadi bisa dilakukan dengan aktivitas lain nih.

    ReplyDelete
  13. Aku nyobain sekali langsung ketagihan banget, nyaman banget bisa diselingin sama aktivitas lain hhi

    ReplyDelete
  14. Udah cobain, Kak Ge. Seruuuu bangeeeet huhu tau aplikasi ini pas udah banyak juga rekomendasinya, jadi seneng. Bisa deh perlahan mencicil tumpukan buku yang ada lewat Storytel ini, naratornya juga enak-enak, jadi antusias dengerinnya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon