5/11/2020

Manfaat Kuaci Biji Labu Untuk Kesehatan

Seminggu yang lalu aku membuat kuaci biji labu. Yang mana ternyata isi buah waluh ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi. Menyesal aku sebelum ini sering membuangnya begitu saja. Mana bisa dibuat jadi camilan favorit yang enggak mengenyangkan, malah bikin pegel kalau dipikir-pikir. Tapi ya tetep aja aku suka sama makanan favoritnya hamster ini. Walau ya hamster mah makannya yang dari bunga matahari.

kuaci biji labu sehat
Kandungan nutrisi isi buah waluh : Karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin K, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, seng, tembaga, potasium, vitamin B2, antioksidan, vitamin E dan folat

Wuih banyak banget kan kandungan nutrisinya. Nah, untuk membuat isi buah dari waluh ini menjadi biji kering, caranya gampang banget lho. Enggak pakai ribet, cuma sedikit lama aja kalau dikeringkannya dengan cara dijemur. Tapi percayalah, setelah jadi, kamu akan merasa bahagia. Bahagia banget bisa punya camilan murah meriah selain donat labu tanpa telur. Tapi ya, sebelum aku membagikan cara membuat kuacinya, aku ingin memberitahukanmu manfaat isi buahnya ini terlebih dahulu.

Manfaat Biji Labu Kuning Untuk Kesehatan


1. Melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga menurunkan berat badan.
Yuhu, tingginya serat dalam isi buah waluh ini membuatnya mampu membantu melancarkan BAB dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sehingga bisa menurunkan resiko terkena penyakit wasir, masalah kandung kemih dan penyakit di usus besar. Kandungan seratnya sendiri mencapai 5,2 gram dalam 28 gram kuaci ini. Cocok buat diet dalam rangka menurunkan berat badan gengs. Diet yang enak ya, masih bisa ngemil.


2. Menurunkan kadar gula dalam darah
Kandungan serat yang ada dalam isi buah waluh ini mampu menurukan kadar gula dalam darah sehingga bisa mencegah diabites tipe 2.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung
Bagus juga untuk mengurangi resiko penyakit jantung karena kandungan antioksidan, lemak, magnesium dan seng.

jemur biji kering

4. Meningkatkan kualitas tidur
Siapa yang suka kurang atau susah tidur, bisa deh cobain makan biji labu ini. Soalnya, dia juga mengandung triptofan. Sejenis asam amino yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

5. Meningkatkan kualitas sperma
Kandungan seng yang tinggi dalam isi buah yang satu ini pun membuatnya bisa meningkatkan kualitas sperma lho.

Tuh kan banyak banget manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Makanya mulai hari ini kalau mengolah labu kuning, jangan lupa bijinya diolah juga. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita membuat kuacinya dengan mempersiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan.

Bahan Membuat Kuaci

1. Isi buah waluh yang sudah dibersihkan dan dicuci sekitar 100-150 gram (aku nakarnya di kira-kira pake perasaan, enggak punya timbangannya)
2. 1 sdm garam
3. Air 2 gelas belimbing

labu kuning kuaci

Cara Membuat

1. Masukan biji labu, garam dan air ke dalam panci, aduk sebentar.
2. Nyalakan kompor dengan api sedang supaya tidak mudal (ini mudal bahasa Indonesianya apa ya). Pokoknya biar airnya enggak mudah naik dan keluar dari panci.
3. Aduk sesekali dan biarkan airnya menyusut.
4. Angkat dan tiriskan biji yang sudah dimasak tersebut.
5. Tempatkan ke dalam wadah yang cukup lebar, jangan biarkan ada yang menumpuk banyak.
6. Jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 4 hari atau sampai benar-benar kering.
7. Jika sudah kering warnanya akan jadi krem nyaris putih (kalau dijemurnya lebih lama lagi atau kering banget pasti jadi putih banget sih) dan bisa dibuka dengan mudah.
8. Kuaci pun siap dinikmati.

Mudah banget kan dan sederhana bahan juga alatnya. Tapi kalau ingin cepat kering, sekarang kan masih musih hujan, eh lebih tepatnya cuaca tak menentu. Kadang panas, langsung tiba-tiba mendung dan turun hujan. Kadang juga hujan panas. Maka, untuk cara kilatnya, kamu bisa menyangrainya atau bisa juga memanggangnya di oven. Caranya ada kok aku lihat di cookpad.

Eh ya, gara-gara ngemil biji kering dari waluh ini setiap hari. Efeknya merasa tidur lebih nyenyak lho. Bukan nyenyak lagi sih tapi ngebo. Sampai tahu-tahu udah waktunya sahur aja. Udah gitu ya, aku juga merasakan pencernaan jadi lebih lancar. Bahagia banget pokoknya. Saking bahagianya jadi ingin cerita di sini. 

1 comment

  1. Waaaah baru tau loh bijinya bisa dibikin kuaci gini mba :D.selama ini kalo pgn makan kuaci ya tinggal beli. Ga pernah kepikir bikin sendiri :D. Tp enak juga kali yaaa kalo bikin gini... Apalagi biji labu lumayan banyak :D.

    Ntr ah, kebetulan ada plan mau bikinin anak2 donat labu. Ntr bijinya ga bakal aku buang

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)