6/19/2020

Pengalaman Menerapkan Ide Buka Usaha Kue Rumahan dan Berhasil

Sambil bersantai di rumah banyak yang senang ngemil kue, karena ini memang sebuah kenikmatan tersendiri. Tak hanya bagi anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa. Kecenderungan semacam ini sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk mencoba berbisnis.

Menerapkan Ide Buka Usaha Kue Rumahan yang mudah dan berhasil

Di antaranya adalah dengan menggeluti usaha kue. Bisnis kue memang sering kali diidentikkan dengan usaha saat Ramadhan sampai dengan jelang lebaran. Padahal, sebenarnya tidak begitu. Ia bisa digeluti kapan saja. Hanya saja, memang puncak penjualan akan sangat tinggi pada saat menjelang hari lebaran, karena sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia. Tradisi menyediakan kue di rumah.

 
Usaha yang satu ini sangatlah cocok untuk dicoba. Apalagi bagi kamu. Iya, kamu,dd para ibu rumah tangga yang tengah mencari penghasilan tambahan. Karena memang jika dilihat dari peluangnya sendiri terbilang cukup menggiurkan. Hanya saja memang realisasinya sendiri terbilang tidak mudah, berikut ini di antara tahapan yang hendaknya kamu lalui agar usaha tersebut berjalan lancar, yaitu :
 
1. Buat rencana bisnisnya terlebih dahulu, rencanakan secara matang, meskipun usaha yang nantinya akan Anda geluti tersebut hanya tergolong sebagai usaha rumahan yang kecil. Bagaimanapun harus tetap direncanakan secara matang untuk meminimalisir resiko yang mungkin saja terjadi.

2. Persiapan modal, modalnya sendiri juga harus ada untuk membeli perlengkapan penunjang bisnis tersebut. Akan jauh lebih ringan jika seandainya Anda sudah memiliki berbagai macam perlengkapan penunjang pembuatan kue tersebut, sehingga nantinya hanya butuh melengkapinya dengan bahan baku dari toko bahan kue saja.

3. Menentukan jenis kue apa yang nantinya akan dijual, karena hal ini sangat berhubungan dengan pemasarannya juga. Misalnya jika kue yang ingin Anda jual tersebut adalah kue kering, ia bisa dipasarkan secara lebih luas, bahkan juga dijual secara online karena tidak mudah rusak. Bisa aneka sajian kue kering coklat, kue putri salju, nastar dan sejenisnya.


4. Tentukan harga jualnya, dalam penentuan harga Anda juga harus melihat pesaing, sehingga nantinya bisa lebih kompetitif di pasar penjualan produk kue tersebut, karena jika harganya lebih mahal otomatis calon konsumen juga akan lebih memilih membeli kue dari kompetitor bukan.
 
Belanja bahan bakunya mudah, bahkan untuk produk-produk layaknya mentega Wisman dan bahan lainnya dari berbagai merk dan beberapa bahan lain, temukan langsung di TokoWahab.

15 comments

  1. Bagus nih jadi usaha saat pandemi karena bisa dilakukan di rumah saja...Setuju jika perlu membuat rencana bisnisnya terlebih dahulu dengan matang,sehingga ke depan akan berjalan sesuai rencana yang diharapkan

    ReplyDelete
  2. Betul. Hobi membuat kue bisa jadi usaha utama kalau dijalani dengan serius ya. Tidak hanya saat jelang lebaran saja. Apalagi sekarang bahan kue bisa didapatkan secara online jadi lebih mudah dong...

    ReplyDelete
  3. Saya pengen bikin usaha makanan rumahan, Mbak. Tapi masih maju mundur saja. Tidak yakin saya mampu atau tidak. Tidak yakin siapa yang mau beli. Huhuhu. Harus kuatkan tekad dan perbaiki perencanaan ya

    ReplyDelete
  4. Dulu, aku pernah bercita-cita jadi pedagang kue, karena senang ngeliat ibu-ibu bakul kue yang sering mampir nawarin dagangannya ke rumahku saat masih kecil.
    Kata ibu, usaha yang paling enak dijalani itu ya kuliner, termasuk jualan kue buatan sendiri.

    ReplyDelete
  5. Sama kek temanku saat covid ini jadi ingat makanan kesukaannya dan langsung jadi ide bisnisnya

    ReplyDelete
  6. Dicoba saja kak, semoga bisa menerapkan usaha kuliner dan disarankan untuk usaha mandiri, apalagi usaha kue banyak diminati orang

    ReplyDelete
  7. rencananya klo sy sdh tdk bekerja di kntr saya ingin buka usaha rumahan. Makasih buat ide dan tipsnya mbak...

    ReplyDelete
  8. Saya pengen juga buka usaha kue dirumah. Sukak bikin kue tapi belum ngerti gmn caranya. Terimakasih ide dan tipsnya mba..mau coba aku terapkan . Semoga bisa beneran buka usaha rumahan nih

    ReplyDelete
  9. Usaha kuliner online di masa pandemi ini juga saya perhatikan jadi peluang yang cukup bagus. Banyak yang menjajal kuliner dan semakin berkembang. Jadi solusi buat yang #dirumah aja buat menikmati variasi menu makanan tanpa harus bepergian.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah berhasil usaha kue rumahannya yaa Mbak Gemaulani..btw saya pas lebaran kemaren juga pake mentega wisman lohh pas bikin Chocochips Cookies bareng anak2 saya

    ReplyDelete
  11. Usaha kuliner memang yang biasanya salah satu paling menjanjikan ya mbak.
    Apalagi kalau punya hobi memasak dan baking.

    ReplyDelete
  12. Peluangnya besar ya usaha kue ini. Meskipun sudah banyak yang melakukannya, insya Allah tetep bae laku.

    ReplyDelete
  13. Toko Wahab? EMnag ada ya toko Wahab?

    Nah aku setuju banget dengan adanya ibu ibu kreatif yang bekerja dan berjualan dari rumah, apalagi jualannya kue! Laaffff banget deh!

    ReplyDelete
  14. Bisnis di tengah pandemi ini emang perlu kita berinovasi ya dan tetap semangat ya.

    ReplyDelete
  15. Iya ya, sebagai penikmat segala macam kue, usaha bidang ini peluangnya bagus dan bisa jangka panjang. Tapi hal pertama yang harus saya lakukan adalah belajar bikin kuenya dulu. huehehe...

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)