6/17/2020

Resep Kue Ulat Sagu | Dapur Embul

Mumpung lagi bingung mau nulis apa, ya udah aku mau nulis resep kue ulat sagu yang kucontek resepnya dari channel youtube Dapur Embul. Ini tuh bahan sama cara pembuatannya sederhana. Udah gitu no oven, no mixer bisa dong. Kan aku anaknya enggak punya kedua alat tersebut.

Resep Kue Ulat Sagu Dapur Embul Enak Banget

Oke, kali ini aku bakal share resep asli versi Dapur Embul dan resep takaran sama tapi bahan utamanya diganti. Yuk, tanpa berlama-lama lagi. Mari kita mulai menyiapkan bahan-bahannya.

Persiapan Membuat Kue Ulat Sagu


Kue ulat sagu ini sempat jadi bahan perbincangan hangat ya kan di media sosial. Nah, saat idul fitri kemarin aku membuat ini untuk mengisi toples kosong. Dan ulat-ulat ijo di dalam toples pun laku keras. Ada yang bilang imut, ada yang bilang ngeri. Yang pasti takaran rasanya enak, enggak bohong!

Bahan-bahan :


1. 200 gr tepung maizena, aku pakai maizenaku.
2. 125 gr margarin
3. 2 sachet kental manis putih
4. Chococips secukupnya
5. Pewarna makanan hijau secukupnya.

Nah kan, apa kubilang, bahannya super sederhana. Enggak makan budget gede lha pokoknya. Jadi, yuk mari kita lanjutkan ke cara pembuatannya.


Cara Membuat Kue Ulat Sagu


1. Campurkan margarin dan kental manis, lalu aduk beberapa saat hingga menyatu halus dan warnanya agak pucat.

2. Masukkan tepung maizena dan aduk-aduk hingga tercampur.

3. Tambahkan pewarnanya, lalu uleni adonan menggunakan tangan. Kalau enggak pakai sarung tangan plastik,  pastikan tangannya cuci bersih dulu ya gengs.

4. Uleni hingga kalis atau udah enggak lengket di tangan. Jadi kalaupun agak lembek enggak papa gengs. Tekstur adonannya emang begitu.

5. Biar ukurannya sama semua, ambil adonan dan bulat-bulat sebesar kelereng terlebih dahulu.

6. Setelah itu, buatlah menyerupai bentuk ulat memanjang dengan kepala agak besar. Lalu dicetak garis-garisnya menggunakan sisir yang bersih (beli baru juga silakan).

7. Beri chococips pada bagian yang lebih lebar (kepala) dan bengkokan sedikit ujung bawahnya. Ulangi hingga adonannya habis.

Cara Membuat Kue Ulat Sagu Sederhana dan Mudah

8. Tempatkan di atas teplon dan beri jarak. Lalu tutup teplonnya. 


9. Masak dengan menggunakan api yang sangat kecil sekitar 15 menit atau bisa dilihat pada bagian bawah kuenya yang udah kecokelatan.

10. Walaupun bagian atas terasa agak lembek, jangan dibiarkan dipanggang terlalu lama karena bisa gosong. Dan bagian yang lembek itu normalnya setelah diangkat dan dingin jadinya enggak lembek kok. Suer.

Kue ulat sagu pun siap dihidangkan. Gimana. Mudah kan cara membuatnya. Selain mudah, takaran resepnya pun pas banget lho. Enggak kemanisan. Jadi buat kamu yang enggak pencinta manis pun aman. Teksturnya pun renyah.

Eh ya, seperti yang kubilang di atas. Aku pun membuat dua versi dengan bahan utama yang berbeda. Yang kedua, aku pakai 200 gram tepung tapioka dengan takaran bahan lainnya yang sama. Cara membuatnya pun sama.

Kue Ulat Sagu Tepung Tapioka Tak Kalah Enaknya

Menangis haru aku itu karena hasilnya pun tetap enak lho gengs. Siapa tahu kamu mau membuatnya buat camilan di rumah.

Cuma, dari yang aku rasakan, perbedaan antara pakai maizena dan pakai tepung tapioka itu. Yang pake tepung tapioka, kuenya lebih keras saat dipegang tapi renyah dan lembut saat dikunyah. Sementara maizena baik dipegang maupun dikunyah, teksturnya tetap lembut. Dan yang pakai maizena aromanya lebih keluar alias lebih harum.

Untuk bagian kepalanya pun kumenggunakannya adonan sebelum diberikan pewarna, yang ditambahkan cokelat bubuk. Enggak ada chococips pokoknya aku akalin supaya agak mirip warnanya.

Selain resep yang ini, aku juga mau posting resep hasil recook kue goodtime ala dapur embul yang juga mantul hasilnya di blogpost selanjutnya.

Jadi sekian dulu bahas resep kue atau makanan kali ini. Kalau ada yang mau bisikkin aku resep kue lain yang tanpa oven dan mixer, juga enggak ribet. Coba bisikkin di kolom komentar, tapi jangan link hidup ya.

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)