10/15/2020

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah

Apa kabar semua, kali ini aku mau bahas soal cara membuat manisan pepaya basah. Ya kan ada yang kering juga. Resep manisan pepayanya ini aku simak dan perhatikan dari cara mama membuatnya. Jadi, bukan aku yang bikin sendiri. Kan aku mah tukang ngabisin makanan aja di rumah.

Untuk membuat manisan pepaya ini enggak repot dan tergolong mudah kok. Iyalah kan kamu cuma ngeliatin doang galing. Enggak ih serius memang enggak seribet yang dibayangkan. Bahan-bahannya aja sederhana. 
 
 
Cara Membuat Manisan Pepaya Basah Mudah dan Murah


Bahan-bahan yang diperlukan

1. Pepaya muda ataupun pepaya setengah matang ukuran sedang 2 buah
2. Gula pasir 1/2 kg
3. Sitrun (pengatur keasaman)
4. Pewarna makanan (warna bebas, kami pakai hijau dan jingga)
5. Kapur sirih bubuk 1 sdm
6. Air secukupnya untuk merendam dan merebus.

Cara membuat

1. Kupas pepaya hingga terpisah dari kulit serta bijinya. Setelah itu, cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Baru kemudian potong kecil-kecil menggunakan pisau pemotong kentang. 

Pakai pisau biasanya juga enggak pa-pa sih, cuma pakai pisau kentang memang lebih enak dipandang karena ada undakannya. Jangan terlalu tipis dan terlalu tebal saat memotongnya.

2. Rendam pepaya yang sudah dipotong tersebut ke dalam kapur sirih selama semalaman, lalu bilas kembali hingga bersih.


3. Rebus pepayanya dalam wadah besar. Tambahkan gula, sitrun dan juga pewarnanya.

4. Aduk rata dan tutup tempat merebusnya hingga airnya berkurang banyak. Jangan sampai kering karena berpotensi gosong. Selain itu, yang namanya manisan pepaya basah memang lebih enak ada airnya dong.

5. Matikan api lalu diamkan hingga dingin.

6. Kemas ke dalam plastik makanan ataupun wadah yang mempunyai tutup.

7. Masukkan ke dalam kulkas. 

Selesai deh. Nah kan enggak ribet. 

Walaupun pepaya basah identik ada airnya, tapi ternyata kalau dibekukkan juga enak lho gengs. Apalagi jika dinikmati di siang hari dengan cuaca yang panas tak tertahankan.


Oke, jadi begitulah cara membuat manisan pepaya basah versi mamaku. Mama sering membuatnya sejak pandemi COVID-19 di negeri ini semakin merebak. Jadilah ini camilan favoritku. Lumayan kan bisa menikmati pepaya dalam versi lain. 

Walaupun ku tahu pepaya itu punya banyak manfaat terutama melancarkan pencernaan. Hahaha iya aku tergolong manusia yang susah buang air besar dong. Bisa sampai tiga hari baru BAB. Tapi aku ogah-ogahan makan pepaya. Karena aku bosan cuma langsung makan pepaya matang atau pepaya setengah matang yang dibuat rujak.

Manfaat Buah Pepaya

Selain bisa mengatasi masalah pencernaan, pepaya juga punya manfaat lain yang tak kalah pentingnya dan bagus untuk tubuh lho. Soalnya pepaya mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium, kalsium, magnesium, dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

16 comments

  1. Boleh nih di coba, apalagi saat anak susah makan buah, dengan di buat manisan yang basah gini pastinya pebih menarik, tinggal atur bahan bahan yang tetap sehat di konsumsi

    ReplyDelete
  2. Woaaa manisannya bikin ngiler euuhh... Mau lah yaa saya cobain resepnya bikin di rumah. Pas banget ntar siang panas-panas ngemutnya manisan pepaya dingin.

    ReplyDelete
  3. Wah ini cara kreatif biar anak mau makan pepaya, Kak. Boleh nih dicoba, kandungan pepaya ternyata banyak ya, ada kalium juga. Kayaknya seru juga kalau pakai pewarna alami kayak bunga telang, kebetulan kami punya. Makasih ya resepnya :)

    ReplyDelete
  4. aku pernah beli nih manisan pepaya basah kaya gini,m tapi kebanaykan terlalu manis karena gulanya. Nah kalau bikin sendiri jadi bisa diatur kadar manisnya ya

    ReplyDelete
  5. Kalau ibuku biasanya buat manisan pepaya yang versi kering kak. Jadi setelah diolah, dijemur dulu. Baru dikemas atau langsung masukuin stoples.

    Bahan dan langkah-langkah nya hampir sama sih.

    ReplyDelete
  6. Kalau ibuku biasanya buat manisan pepaya yang versi kering kak. Jadi setelah diolah, dijemur dulu. Baru dikemas atau langsung masukuin stoples.

    Bahan dan langkah-langkah nya hampir sama sih.

    ReplyDelete
  7. Pepaya ini buah yg aku suka. Mulai dari pepaya matang yg tinggal dipotong & disantap, hingga pepaya yg diolah jadi makanan seperti manisan ini. Enak tentunya

    ReplyDelete
  8. Pas banget, depan rumah ada pohon pepaya nih. Belum pernah nih dibikin manisan. Biasanya tunggu aja smp mateng. Hehe...Makasih idenya...

    ReplyDelete
  9. Saya suka sekali dengan manisan pepaya, tapi belum pernah bikin sendiri. Nanti dicobain ah..

    ReplyDelete
  10. Ternyata cukup simple juga bikin manisan dari buah pepaya. Dan menurutku, point pentingnya, jangan sampai itu gosong lah ya. Karena kalau air sudah menyusut terus kitanya (aku maksudnya) lupa, bakalan gosong deh. Hihihi

    ReplyDelete
  11. Kalau manisan pepaya basah gini tahan berapa lama?
    Gilang: Nggak tahan lama, Teh. Soalnya langsung abis dimakan.

    Baiklah :D

    ReplyDelete
  12. Belakang rumahku lumayan banyak pohon pepaya, kalau sudah berbuah sampe bingung mau diapain. Nah ini dapat pengetahuan baru cara bikin manisan. Jadi pengen cobain donggg

    ReplyDelete
  13. Caranya simple juga ya Kak. Pantasan nih Mamanya suka buat, apalagi laris manis ya di rumah.
    Jadi pengen buat juga dong ini.

    ReplyDelete
  14. Kalau manisan pepaya aku juga suka beli jadi hahaha ternyata mudah membuatnya

    ReplyDelete
  15. Mbak gilang, aku tuh suka banget makan manisan pepaya basah kaya gini, biasa kalau dipantai ada tuh yg jualan, aku pasti beli, bikinnya nggak susah ya sebenernya cuma malesnya yg luar biasa ini mbak, duh gimana dong

    ReplyDelete
  16. Ternyata cukup mudah ya bikin manisan pepaya. Lihat fotonya langsung pengen akunya, secara aku suka banget manisan. Mau coba bikin sendiri ah kapan2

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)