Review BMW E36, Sedan Idaman Penuh Nuansa Nostalgia

BMW E36 pernah menjadi salah satu mobil idaman pada masanya. Namun demikian, pesonanya seakan tak lekang oleh waktu sebab kini pun masih banyak orang ingin yang memiliki BMW E36, salah satunya dengan alasan nostalgia. Terlihat dari beberapa tahun terakhir, BMW E36 ramai kembali di pasaran otomotif. Sedan ini memang punya desain yang menggoda apalagi buat para pecinta BMW

Sebelum meyakinkan diri untuk membawa pulang BMW 3-Series yang satu ini, pastikan Anda sudah mengetahui seluk beluknya. Yuk, kenal lebih dalam dengan menyimak review mobil BMW E36 di bawah ini!

Review BMW E36 Sedan Idaman Penuh Nuansa Nostalgia
BMW - Sumber gambar : Pixabay

BMW E36 hadir dengan 3 varian, yakni tersedia pilihan 3 mesin yang berbeda yang setiap mesinnya punya karakter tersendiri. Ada BMW 318i yang mesinnya berkode M40 berkapasitas 1.800 cc. Namun, mesin ini cenderung punya performa yang kurang memuaskan bahkan lambat, sehingga sering dibilang kurang cocok dengan karakter BMW E36 yang sporty.

Pilihan mesin kedua adalah BMW 320i, dengan kode mesin M50B20 dan kapasitas 2.000 cc 6 silinder. Karena suaranya yang berisik, mesin mobil ini kerapkali disebut sebagai “mesin jahit”. Terakhir, ada BMW E36 323i yang mesinnya berkode M52B25 dengan kapasitas mesin 2.500 cc, 6 silinder. Meski terkenal sebagai salah satu mesin yang paling boros, tetapi soal tenaga E36 323i adalah yang paling fun to drive. 

Interior BMW


Review mobil BMW E36 selanjutnya bisa dimulai dari membahas interiornya. Kabin E36 ini terasa cukup sempit ketika dimasuki, walau tidak terlalu sempit juga. Selain itu interior E36 ini agaknya cenderung cepat rusak karena panasnya iklim di Indonesia sehingga membuat dashboard dan trim dapat terkupas.

Berbicara soal modelnya, BMW E36 ini karena termasuk salah satu model lama tampilannya tak seperti sedan baru dari BMW lainnya. Namun, gaya retro dan klasik inilah yang diburu para penggemar BMW. Bagian depan dan belakang E36 punya karakter khas dan dapat dikenali dengan mudah bahkan orang yang tidak terlalu familiar dengan otomotif sekalipun.

Tentu saja tampilan BMW E36 dapat diubah lagi sesuai dengan selera para pengendaranya. Sudah bukan hal yang asing untuk para pecinta BMW, walau mengetahui harga aksesoris dari BMW yang mahal sekalipun.

Ya, aksesoris dan spare parts BMW termasuk BMW E36 ini tergolong mahal bahkan yang berukuran kecil sampai tentunya yang beukuran besar, harganya dibanderol cukup lumayan juga. Memang tak semahal mobil baru BMW lainnya, namun jika membeli dengan jumlah yang banyak tetap saja jatuhnya mahal.

Selain berbagai hal tersebut, mobil BMW E36 juga memiliki banyak hal positif. Bahkan, E36 ini termasuk salah satu mobil BMW yang terbilang nyaman untuk dikendarai. Feeling berkendara yang akan didapatkan para pengemudinya cukup asyik dengan berbekalkan mesin N/A yang ditancapkan. Handling mobil ini pun sangat mantap, apalagi begitu lincah untuk bermanuver dan mudah berbelok. Untuk urusan kesenyapan kabin, BMW E36 ini pun tergolong baik.

Harga BMW E36 Bekas


Berapa sih harga BMW E36? Harga BMW E36 sendiri kini dijual di pasaran mobil bekas dengan kisaran harga yang variatif, mulai dari Rp 30 - 100 jutaan dan bahkan ada juga yang menjual mobil BMW E36 dengan total harga lebih dari Rp 100 juta. Varian harga BMW E36 ini tentunya dipengaruhi oleh kepada kondisi mobil itu sendiri.

Apabila membeli mobilnya dengan harga yang murah, bisa jadi banyak parts yang rusak sehingga harus lebih siap dalam mengeluarkan uang lebih untuk mengganti berbagai parts tersebut. Namun demikian, semua kembali lagi tergantung pada harga dan kondisi mobil. Jika beruntung, bisa saja dengan harga murah sudah bisa mendapatkan mobil yang kondisinya sangat baik. 

Nah, itulah tadi review mobil BMW E36 mobil sedan idaman pada masanya yang begitu kental dengan nuansa nostalgia. Kini pun, yang memburu mobil ini kebanyakan pria muda atau yang sudah mapan karena BMW E36 ini sempat jadi cita – cita mereka ketika kecil. Bagaimana dengan Anda sendiri, tertarik miliki BMW E36?

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.