7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Memasuki musim penghujan, biasanya muncul beragam penyakit yang tak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Dari mulai demam, flu, batuk, pilek, demam berdarah, serta hidung tersumbat.

Hidung tersumbat adalah kondisi di mana saluran hidung mengalami penyumbatan karena membran pelapis saluran hidung bengkak atau iritasi. Hal ini tentu saja membuat sistem pernapasan jadi terganggu dan membuat penderitanya merasa tak nyaman. Apalagi kalau anak-anak yang mengalaminya.

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Anak yang mengalami hidung mampet biasanya jadi lebih rewel, susah tidur, dan enggan untuk menyusu jika terjadi pada bayi. Sedih ya bund kalau anak sakit tuh. Rasanya jadi ikutan sakit. Tapi tenang bund, jangan panik, kali ini aku akan berbagi tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada anak.

Penyebab Hidung Tersumbat

Sebelum masuk ke intinya, aku mau bahas sedikit tentang penyebabnya terlebih dahulu ya bund. Biar apa? Biar kita lebih aware terhadap kesehatan si kecil maupun keluarga dan diri sendiri. Apalagi di musim penghujan kali ini, masih ada virus corona di sekitar kita.

Saat hidung tersumbat, umumnya sering dikaitkan dengan flu, karena terjadinya penumpukan lendir di hidung. Padahal bund, hidung mampet bisa disebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti :

1. Alergi

Seperti yang kita ketahui, dan mungkin sering mengalaminya. Alergi ternyata tak hanya menimbulkan efek bersin-bersin, namun juga bisa menjadi penyebab hidung tersumbat pada orang dewasa serta anak-anak.

Mengapa begitu? Sebab, saat kita ataupun si kecil menderita alergi terhadap debu, serbuk sari, maupun zat lainnya, tentu tubuh akan bereaksi. Nah, saat mengalami alergi ini, sistem pernapasan akan mengalami gangguan, yang mana membuat produksi lendir pun meningkat. Lalu, munculah reaksi bersin-bersin atau pilek, yang kemudian bisa menyebabkan hidung tersumbat.

2. Batuk dan Pilek

Batuk dan Pilek hampir mirip dengan flu. Penyebabnya karena ada benda asing yang masuk ke dalam hidung, seperti kotoran, infeksi, ataupun peradangan pada saluran pernafasan bagian atas. Namun, tak hanya menyebabkan hidung mampet saja. Batuk disertai pilek bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Tentu saja hal ini bisa membuat si kecil makin enggak nyaman ya bund.

3. Polip

Polip merupakan peradangan yang terjadi di membran mukosa atau lapisan kulit di dalam lubang hidung bund. Hal tersebut mengakibatkan ukuran selnya jadi membesar. Nah, ketika ukurannya semakin membesar atau bengkak. Maka, polip ini bisa menyumbat saluran hidung, sehingga bisa menyebabkan susah bernapas, indera penciuman serta indera perasa terganggu, dan hidung berair.

Cara mengatasi Hidung Tersumbat

4. Sinusitis Akut

Sinusitis akut ini terjadi karena adanya pembengkakan dalam dinding sinus. Sinus merupakan rongga kosong di dalam tulang tengkorak yang saling terhubung melalui udara. Nah, ketika sinus dipenuhi oleh lendir, dia akan menyebabkan pembengkakan. Hal inilah yang memicu hidung si kecil tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Mampet untuk Anak-anak

Tentunya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak ya bund. Dari mulai yang bisa dilakukan sendiri di rumah, sampai pada akhirnya harus menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berikut ini akan dibahas yang bisa dilakukan di rumah ya bund!

1. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengoleskan minyak kayu putih. Baik itu di badan anak agar terasa hangat, maupun dioleskan sedikit di sekitar hidung ya bund. Aroma dan kandungan minyak putih bisa membantu melegakan hidung tersumbat. Tapi jangan terlalu banyak juga ya mengoleskannya!

2. Kompress dengan Air Hangat

Selain itu, sembari anak tidur, bisa juga kompress bagian wajah menggunakan handuk yang sudah diperas dan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam air hangat. Letakkan handuk di wajah anak selama beberapa menit ya bund. Di wajah ya bund, kalau di dahi kan untuk anak yang demam. Maka usahakan handuknya jangan yang tebal, serta jangan terlalu lama ... supaya tak membuat anak semakin sulit bernapas.

Cara ini akan membantu melegakan hidung yang tersumbat secara alami. Ulangi langkah tersebut saat handuk sudah terasa dingin.

3. Mandi Air Hangat

Jangan lupa juga untuk memandikan anak menggunakan air hangat juga ya bund. Basuh badan hingga kepala menggunakan air hangat. Biarkan anak berendam selama beberapa menit. Uap air hangat bisa membantu melunakkan atau mencairkan lendir yang mengeras penyebab hidung tersumbat secara perlahan-lahan. Jadi enggak akan terasa sakit untuk si kecil.

Hidung Tersumbat


4. Berjemur di Pagi Hari

Ajak anak atau bayi berjemur di pagi hari pun bisa membantu mencairkan lendir yang mengeras dan menyumbat hidung bund. Berjemurlah sekitar kurang lebih 10 menit ya bund. Selain bisa turut melegakan hidung tersumbat, berjemur pun tentunya punya banyak khasiat lain untuk kesehatan. Salah satunya membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

5. Perbanyak Asupan Cairan

Tak hanya pengobatan dari luar saja ya bund, anak yang mengalami hidung tersumbat pun harus tercukupi asupan cairan serta makanannya. Bisa dengan memberikan air putih hangat, susu formula sesuai usianya, atau ASI untuk bayi. Selain itu bisa juga teh jahe, teh madu, dan minuman lainnya yang bisa menghangatkan tubuh juga bund.

6. Menyemprotkan Obat Saline

Selain cara alami yang dibahas sebelumnya, tahapan berikutnya, bunda bisa menyemprotkan obat saline. Obat semprot hidung ini aman digunakan untuk anak-anak bund. Fungsinya adalah untuk mengurangi produksi lendir yang menyumbat hidung anak.

Cara penggunaannya mudah bund, baringkan anak, lalu semprotkan pada kedua lubang hidung anak. Nanti, lendir yang menyumbat akan keluar bersamaan dengan batuk ataupun bersin. By the way, ada yang tetesnya juga bund.

7. Gunakan Bulb Sringe

Jikalau obat salinenya belum bereaksi bund, bunda bisa juga menggunakan alat bernama Bulb Sringe. Bentuknya itu seperti bola karet yang diremas tapi ada pipetnya yang bisa masuk ke lubang hidung anak bund. Saat diremas, nanti lendirnya akan ikut terbawa pada pipet. 

Nah itulah beberapa cara mengatasi hidung mampet yang dialami si kecil bund, jika bunda memiliki cara lainnya, boleh lho di-share di kolom komentar seputar pengalamannya. Pasti akan bermanfaat untuk bunda-bunda lain yang tak sengaja terdampar di sini.

No comments:

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)

Powered by Blogger.